BETA UFO

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Berkas:Benda Terbang Yang Aneh - KOMPAS.jpg
Logo BETA-UFO

BETA-UFO (singkatan dari Benda Terbang Aneh - Unidentified Flying Object) adalah komunitas kelompok pengamat BETA di Indonesia yang berdiri sejak tanggal 26 Oktober 1997. Kelompok ini berusaha mendata penampakan benda terbang aneh, khususnya di Indonesia.

Kegiatan BETA-UFO di antaranya pernah menerbitkan Majalah Info-UFO (hingga edisi ke-13) yang lalu berubah nama menjadi Majalah BETA-UFO (pada edisi ke-14) selain aktif melakukan berbagai investigasi ke tempat kejadian di mana dilaporkan ada penampakan piring terbang, melakukan diskusi, seminar, serta mengikuti pameran.

UFO[sunting | sunting sumber]

UFO adalah akronim dari Undentifed Flying Object. Pengertian inimerujuk kepada seluruh fenomena benda terbang di udara yang tidaklazim dan tidak dapat di jelaskan. Dalam Bahasa Indonesia seorangpeneliti fenomenaUFO di indonesia yang bernama Laksamada Muda(Purn.) J. Salatunyangmemperkenalkan istilah BETA yang merupakanakronim dari benda terbang aneh.Fenomena UFO ataupun Alien bukanlah merupakan fenomena yangbaru. Ia telah terdeteksi sejak abad ke 19 lalu meningkat pesat setelah eraPerang Dunia II. Berbagai laporan mengenai penampakan UFO munculdi berbagai penjuru dunia, bahkan di Indonesia. Belum banyak catatan atau laporan mengenai hal tersebut, sebabpemerintah belum membuka pos pengaduan UFO atau badan khusus yangmengurusi laporan tersebut. Namun sejak 1997, beberapa peminat UFOdan Alien di Indonesia telah mendirikan sebuah organisasi pengkaji UFObernama BETA-UFO Indonesia. Berkat merekalah berbagai penampakanUFO di Indonesia berhasil di data dan dikaji.Banyak laporan menyatakan bahwa penampakan UFO juga disertaidengan penampakan mahluk yang mengemudikannya. Mahluk tersebutdiasosiasikan berasal dari luar angkasa ataupun dimensi lain. Masyarakatkemudian banyak menyebutnya sebagai Alien atau Extra Terestria

Referensi[sunting | sunting sumber]