BBM Money

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo BBM Money

BBM Money adalah satu-satunya aplikasi Mobile Payment di dunia yang berbasis BBM BlackBerry® Messenger yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan tanpa harus menjadi nasabah Bank manapun.[1] BBM Money adalah cara pembayaran baru, yang pada mulanya terfokus di Indonesia, sebagai landasan pengujian, yang memungkinkan pengguna mentransfer dana kepada dan dari kontak BBM mereka.[2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Institusi perbankan Indonesia PT Bank Permata Tbk (PermataBank)bersama BlackBerry® beserta Mobile Money leader, Monitise Plc mengumumkan peluncuran komersial awal dari BBM Money pada hari Selasa, 26 Februari 2013.

Pada awalnya ide BBM Money ini dikembangkan oleh PT AGIT Monitise Indonesia AGIT Monitise Indonesia, sebuah joint venture bersama Astra International Group, yang kemudian dikeluarkan dan dikelola oleh Permata Bank, BBM Money membuat debut komersial awalnya di Indonesia, di mana nasabah dapat secara mudah memasukkan uang tunai dari rekening bank di Indonesia. Permata Bank akan mengeluarkan akun mobile money BBM Money dan memproses transaksi finansial. Layanan tersebut diproteksi oleh keamanan standar bank, termasuk passcode, enkripsi, monitoriong, dan pagu / limit yang disyaratkan oleh Bank Permata di bawah regulasi Bank Indonesia selaku Bank Sentral.

Dengan BBM Money, pengguna ponsel Blackberry dapat menikmati transaksi uang mobile yang mudah, nyaman, dan aman kapanpun dan dimanapun. Melalui proses registrasi yang sederhana di dalam aplikasi tersebut, pengguna ponsel BlackBerry melalui fitur BlackBerry Messenger dapat menciptakan akun BBM Money dengan Permata Bank dan kemudian mulai memasukkan uang tunai ke dalam rekening manapun dari 70.000 ATM yang ada di Indonesia.

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Dengan BBM Money, nasabah memiliki kemampuan untuk membuat dan mengakses akun mobile money dari smartphone Blackberry pengguna dan melakukan transaksi secarareal-time kepada dan dari kontak BBM mereka, ditambah lagi dapat mengaksessign up layanan perbankan yang disediakan. Pengguna juga dapat membeli kredit pulsa handphone dan mentransfer uang ke rekening bank. aplikasi ini merupakan kombinasi dari e-money dengan internet-Banking. Aplikasi yang serupa dengan pelayanan perbankan melalui internet-Banking ini bertujuan mempermudah seluruh pengguna smartphone Blackberry dalam mengakses rekening mobile dan melakukan transaksi langsung real-time kepada dan dari kontak BBM Blackberry Messanger hanya dengan melalui aplikasi BBM Money ini.

Spesifikasi kebutuhan[sunting | sunting sumber]

  1. BBM Money dapat digunakan pada di seluruh jenis ponsel BlackBerry, kecuali semua jenis BlackBerry CDMA, BlackBerry® TorchTM 9860, BlackBerry® PearlTM 9100, dan BlackBerry® StyleTM 8670.
  2. BBM Money hanya bisa bekerja untuk BlackBerry yang menggunakan OS 5, 6, & 7
  3. BlackBerry Messenger versi 6 ke atas
  4. BBM Money hanya dapat diakses menggunakan jaringan GPRS/3G, tidak dapat dilakukan melalui WIFI
  5. Untuk mendownload diperlukan BlackBerry ID[3]
  6. Semua transaksi melalui BBM Money hanya dapat menggunakan mata uang rupiah

Fitur layanan[sunting | sunting sumber]

  1. Transfer antar kontak BBM Money
  2. Isi ulang pembelian pulsa semua operator
  3. Transfer Online KE Bank manapun di Indonesia
  4. Transfer Online DARI Bank manapun di Indonesia

Cara pengaktifan[sunting | sunting sumber]

Berikut cara mengaktifkan layanan BBM Money.

  1. Download aplikasi BBM Money Basic di BlackBerry World, lalu masukkan BlackBerry ID password dan tekan sign in.
  2. Mencari dan pilih BBM Money, lalu tekan Download, dan tunggu proses download.
  3. Setelah proses download selesai, tekan Run untuk melanjutkan.
  4. Selanjutnya tekan Connect untuk terhubung ke kontak BBM Anda, bila proses penghubungan ke kontak BBM selesai, tekan Ok untuk registrasi BBM Money.
  5. Klik icon BBM Money di BlackBerry Anda, masukkan nomor ponsel, lalu tekan Terms and Condition, kemudian tekan Accept untuk melanjutkan.
  6. Setelah itu, ada tampilan syarat dan ketentuan di smartphone Anda. Tampilan kode aktivasi akan dikirim melalui SMS
  7. Isi nama lengkap sesuai kartu identitas. setelah itu tekan continue untuk melanjutkan. Kemudian, Anda diharuskan membuat enam digit passcode, tekan continue untuk melanjutkan.
  8. Pilih pertanyaan keamanan pertama, lalu tekan continue untuk melanjutkan. Setelah itu pilih pertanyaan kedua, tekan continue untuk melanjutkan.
  9. Registrasi selesai, tekan continue untuk masuk ke aplikasi BBM Money.

Pagu/Limit[sunting | sunting sumber]

Limit saldo minimum untuk BBM Money ini adalah Rp1 juta, dengan total keseluruhan transaksi bisa mencapai Rp20 juta.

Biaya[sunting | sunting sumber]

Adapun biayayang dikenakan pada setiap transaksinya adalah gratis bagi nasabah Bank Permata,Bank BRI, Bank BCA sementara untuk nasabah bank lainnya akan dikenakan biaya Rp5.000/transaksi.

Referensi[sunting | sunting sumber]