B'T X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
B'T X
B't X vol01.jpg
Genre Robot
Manga
Pengarang  Masami Kurumada
Penerbit  Bendera Jepang Kadokawa Shoten
Penerbit lainnya Bendera Brasil Editora JBC
Bendera Jerman Planet Manga
Bendera Meksiko Grupo Editorial Vid
Bendera Spanyol Otakuland
Anime
Sutradara  Mamoru Hamatsu
Studio TMS
Original video animation
Studio TMS
Rilis 21 Agustus 1997
Portal Anime dan Manga

B'T X (ビート・エックス?), dibaca "beat X", adalah sebuah manga fiksi ilmiah yang dikarang Masami Kurumada, pengarang Saint Seiya. Manganya terbit dalam 16 jilid. Versi animenya terdiri dari 25 episode dan diakhiri OVA sepanjang 14 episode (disebut B'T X Neo).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Manga ini bercerita tentang Mecha (istilah yang lebih modern untuk robot) yang disebut sebagai B'T. Sebuah B't (dibaca "beat") adalah sejenis mechanoid dengan kecerdasan buatan yang didesain untuk bertarung —B pada B't adalah singkatan dari Blood (darah), Brain (otak), dan Bravery (keberanian). Ditambah satu lagi yaitu Battler (petarung). Mereka dibuat dalam berbagai macam bentuk dan tingkat kekuatan, yang biasanya diilhami dari bentuk makhluk-makhluk legenda. Sumber tenaga B't berasal dari sebuah perangkat bernama BreakHeart, yang harus diisi oleh darah manusia. B't dan orang yang mendonorkan darahnya ke dalam BreakHeart akan terikat satu sama lain, seumur hidupnya. Namun terjadi keanehan ketika B'T ini tidak lagi hanya dikendalikan oleh manusia semata, tetapi juga oleh kehendaknya sendiri.

Tokoh utama cerita ini adalah Teppei ("Tepp") Takamiya, seorang petani yang berasal dari Kepulauan Kamui, di bagian Utara Jepang. Beberapa tahun sebelumnya, Tepp berpisah dengan kakaknya, Kotaru Takamiya, yang pergi untuk mempelajari ilmu robot di Jerman dan menjadi salah satu ilmuwan paling brilian di dunia.

Lima tahun kemudian, kedua kakak beradik ini bertemu kembali dalam sebuah konvensi robot di kota Mechatopia, Cina, di mana Kotaru mengumumkan tentang terobosan barunya dalam hal kecerdasan buatan (artificial intelligence). Konvensi itu terganggu dengan kehadiran pasukan Machine Empire yang menculik Kotaru dan membawanya ke sebuah tempat bernama "The Area", sebuah tempat tersembunyi di Gurun Gobi.

Dengan bantuan senjata miliknya yang bernama Messiah Fist, Teppei mengejar para penculik. Dalam perjalanannya, ia diserang oleh Metalface, salah satu tentara kekaisaran. Teppei kalah, ia terluka dan dibuang ke tempat pembuangan sampah. Di tempat penampungan itu, darahnya mengalir membasahi BreakHeart X —sebuah B't yang pernah diakui sebagai B't terkuat di kekaisaran— yang kemudian membangkitkannya. X yang bangkit kembali berhasil menyelamatkan Teppei dengan membawanya terbang dari tempat itu.

Sementar itu, di dalam Arena, Kotaru menemukan bahwa ia "dipanggil" oleh Mayor Aramis, seorang pasukan Empire, untuk mencari cara untuk menghentikan Raffaello (ラファエロ), sebuah B't berbahaya yang berkembang tanpa terkontrol.

Seiring dengan perkembangan cerita, X dan Teppei menjalin persahabatan yang erat meskipun pada awalnya keduanya sulit menyatu, karena Teppei bukanlah donor asli bagi X.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]