Ayunda Nisa Chaira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ayunda Nisa Chaira
Ayunda Nisa Chaira.jpg
Nama lahir Ayunda Nisa Chaira
Nama lain Yunda
Lahir 30 Oktober 1997 (umur 17)
Bendera Indonesia Jakarta
Pekerjaan penulis, pelajar, editor film
Tahun aktif 2008 - sekarang


Ayunda Nisa Chaira atau Yunda (lahir di Jakarta, Indonesia, 30 Oktober 1997; umur 17 tahun) adalah seorang penulis muda asal Indonesia. Kini, ia duduk di kelas 11 SMA Negeri 39 Jakarta. Ia mulai aktif menulis sejak tahun 2008 - sekarang, dan telah menulis 16 buah buku fiksi anak dan pra-remaja. Yunda pernah dianugerahi penghargaan sebagai 'Penulis Cilik Indonesia Terproduktif' pada tahun 2009 dan 2010. Salah satu karyanya, Rindu Purnama (Januari 2011), merupakan karya yang diadaptasi dari skenario film Rindu Purnama yang ditulis oleh Ifa Isfansyah dan disutradarai oleh Mathias Muchus menjadi salah satu novel anak terlaris di Indonesia. Yunda juga aktif berkunjung ke sekolah-sekolah dan mall di Jabodetabek dan Bandung untuk berbagi soal kepenulisan.

Selain menulis, sejak duduk di kelas 5 sekolah dasar, Yunda gemar dan mahir dalam pemanfaatan CSS dan HTML untuk mendesain blog dan web. Akhir-akhir ini, ia juga tertarik dalam pembuatan game online sederhana dan menguploadnya ke Tumblr-nya. Ia juga mahir menggunakan berbagai perangkat lunak komputer untuk pengolahan gambar, video, dan desain sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Karena itu, tak heran kalau Yunda justru lebih dahulu dikenal sebagai pembuat tema di Multiply[1] di dunia maya ketimbang sebagai penulis. Blognya masih cukup populer dengan jumlah pengunjung sebanyak 40 ribuan meskipun sejak beberapa tahun terakhir kelihatannya tak lagi dikelola bahkan dikunjungi Yunda.

Sebelumnya, Yunda juga pernah menjadi salah satu penyiar cilik di acara Kecil-Kecil Punya Karya Show dan Kids Club di 103,4 D FM Jakarta, pada akhir tahun 2009 hingga pertengahan tahun 2010. Kini, Yunda sedang aktif memproduksi film pendek bersama teman-temannya di KELUARGA SATU Production, sebagai editor. Selain itu, Yunda juga menjabat sebagai Ketua Alumni Social Justice Youth Camp, perkumpulan remaja yang bergerak dalam bidang lingkungan, tahun 2012.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Yunda memiliki kedua orangtua yang selalu men-support dan memfasilitasinya untuk terus menulis, Yusnirsyah Sirin dan Cun'ya; juga adiknya, Bunga Nisa Chaira.

Karya[sunting | sunting sumber]

KKPK: Space Fun Park (DAR! Mizan, 2008)

KKPK: The Hollow Cat (DAR! Mizan, 2009)

KKPK: My Sweet Dream (DAR! Mizan, 2009)

KKPK: Cyber Adventure (DAR! Mizan, 2009)

KKPK: Super Manda (DAR! Mizan, 2009)

KKPK: Aisha Goes to Space (DAR! Mizan, 2009)

PBC: Cybercrime Fighters (DAR! Mizan, 2010)

KKPK: Menari di Pelangi (DAR! Mizan, 2010)

PBC:Hypnolicious (DAR! Mizan, 2010)

Ketika Bang Rahmat Pergi (Departemen Agama RI, 2010)

KKPK:My Culinary Journey (DAR! Mizan, 2010)

KKPK:Rindu Purnama (DAR! Mizan, 2010)

PBC:Left Handed Girl (DAR! Mizan, 2011)

My Best Story:Best Friend Forever (DAR! Mizan, 2013)

PBC:True Pal (DAR! Mizan, 2013)

Irreplaceable (DAR! Mizan, 2013)


Iklan[sunting | sunting sumber]

Kecil-Kecil Punya Cerita (Televisi: MNC TV)

Kecil-Kecil Punya Karya Show (Radio: 103,4 FM)

Refrensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]