Avril Lavigne (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Avril Lavigne
Album studio oleh Avril Lavigne
Dirilis 1 November 2013
Direkam 2011-13
Genre Rock, Pop rock, emo-pop
Durasi 46:06
Label Epic
Produser Martin Johnson, Avril Lavigne, Chad Koeger, David Hodges, Peter Svensson, L.A Reid, Matt Squire, Brandon Paddock, Kyle Moorman, Chris Baseford, Rickard B Göransson
Kronologi Avril Lavigne
Goodbye Lullaby
(2011)
Avril Lavigne
(2013)
Singel dari album Avril Lavigne
  1. "Here's To Never Growing Up"
    Dirilis: 9 April 2013
  2. "Rock N Roll"
    Dirilis: 27 Agustus 2013
  3. "Let me Go"
    Dirilis: 15 Oktober 2013
  4. "Hello Kitty"
    Dirilis: 23 Mei 2014

Avril Lavigne adalah album kelima dari penyanyi sekaligus penulis lagu asal Kanada Avril Lavigne. Album ini dirilis pada 1 November 2013 di Amerika Utara oleh Sony Music Entertainment. Avril Lavigne adalah album studionya yang kelima setelah Goodbye Lullaby (2011) yang digarap setelah Goodbye Lullaby dirilis.

Dalam pengerjaan album ini Lavigne bekerja sama dengan beberapa produser termasuk Martin Johnson dari Grup Band Boys Like Girls, Peter Svensson, David Hodges, Matt Squire dan Chad Kroeger (dari Nickelback ). Avril Lavigne adalah sebuah Pop rock album, Avril Lavigne juga menggabungkan beberapa genre lain seperti Musik Elektronik, Industrial, dan Punk Rock. Di album ini Lavigne berkolaborasi bersama dua penyanyi lainnya yakni Chad Kroeger, dan Marilyn Manson.

Album ini secara umum menerima review sebagai favorite dari pengkritisi musik, yang memuji album ini atas kebebasan, dan perasaan senang, sementara pengkritisi yang lain menyebut Avril Lavigne adalah salah satu album terbaiknya. Beberapa pengkritisi mengkritik beberapa sikap "Pemberontakan" dibeberapa lagu yang dinilai dipaksakan dan tidak natural. Avril Lavigne memulai debutnya di posisi nomor lima di ''Billboard 200'', terjual sebanyak 44,000 keping album diminggu pertama penjualannya. Album ini menjadi album kelima-nya secara berturut-turut berada di posisi lima teratas di chart tersebut, dan juga menjadi album dengan penjualan terendah diminggu pertama-nya disepanjang karir musik Avril Lavigne. Di Jepang, album ini terjual sebanyak 47,873 keping album, mencapai posisi ke dua di chart album dinegara tersebut. Diseluruh dunia, album menujukkan grafik yang baik dipenjualannya, mampu mencapai posisi sepuluh besar di lebih dari dua belas negara, dan mencapai posisi puncak di China dan Taiwan.

Tiga single internasional telah dirilis untuk mendukung album ini, Here's to Never Growing Up yang dirilis sebagai single utama dari album, menerima kesuksesan secara umum mampu mencapai posisi 20 teratas di Australia, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat. Single ke dua Rock N Roll kurang sukses secara umum, dan Let Me Go yang agak lebih baik di Canadian Hot 100. Lavigne juga merilis single promosi untuk Jepang yang kontroversional Hello Kitty. Untuk promosi lebih lanjut, Avril Lavigne memulai tur kelimanya Avril Lavigne on Tour.

Latar belakang dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Sesi rekaman dimulai pada November 2011, dan berlangsung selama 2 tahun. Single utamanya "Here's to Never Growing Up" dirilis pada tanggal 9 April 2013; dan telah menduduki posisi 20 besar tangga lagu di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Inggris, serta posisi 10 besar di Irlandia dan Jepang. Avril pertama kali menyanyikan single keduanya yang berjudul "Rock N Roll" pada tanggal 18 Juli 2013, sedangkan lagunya sendiri dirilis pada 27 Agustus, dengan perilisan video klip perdana seminggu sebelumnya yaitu pada tanggal 20 Agustus.

Tiga bulan setelah dirilisnya Goodbye Lullaby, Avril mengumumkan bahwa pengerjaan album studio kelimanya sudah dimulai, dengan 8 lagu yang telah ia tulis. Avril menyatakan bahwa album ini secara musikal akan berlawanan dengan Goodbye Lullaby. Avril menjelaskan, "Goodbye Lullaby terasa lebih mellow tapi album yang selanjutnya akan lebih pop dan lebih menyenangkan. Saya telah memiliki sebuah lagu yang nantinya akan menjadi sebuah single, saya hanya perlu merekamnya!" Pada akhir 2011, Avril mengumumkan bahwa dia telah beralih ke Epic Records, yang sekarang telah dikepalai oleh L.A. Reid. Avril mengumumkan pada bulan Juli 2013 kalau album kelimanya akan dirilis pada tanggal 24 September 2013, tapi kemudian diumumkan lagi kalau tanggal perilisannya adalah pada tanggal 1 November 2013.

Pada sebuah wawancara di stasiun radio 99.5 The River, Avril mengonfirmasi bahwa album barunya akan tersedia pada 24 September 2013 dan akan dirilis kemudian pada tanggal 5 November. Daftar lagu-lagu resmi pada album ini akan diumumkan pada tanggal 5 September.

Perekaman[sunting | sunting sumber]

Avril Lavigne saat menyanyikan lagu "17" di Viper Room di LA.

Pada November 2011, Lavigne mengatakan kalau ia memasuki studio untuk mulai merekam lagu baru untuk albumnya. Pada bulan April 2012, Avril mengonfirmasi bahwa ia telah selesai mengerjakan album kelimanya dan akan rehat sebentar sebelum merilisnya. Pada 17 Agustus 2012, Avril mulai menyelesaikan albumnya dengan mulai melakukan proses mixing dan backing vocal, sebelum benar-benar mengakhiri produksinya 2 hari kemudian yaitu 19 Agustus 2013.

Avril mengonfirmasi pada Oktober 2012 kalau dia akan ikut berpartisipasi pada 2 lagu cover untuk sebuah film Jepang yaitu One Piece Film: Z; "How You Remind Me" oleh Nickelback dan "Bad Reputation" oleh Joan Jett. Single pertamanya "Here's to Never Growing Up", dirilis pada 9 April 2013. Video klipnya dirilis di Youtube pada 9 May 2013 dan juga diumumkan di website resmi Avril, setelah video liriknya yang dirilis pada April 2013. Lagu ini dibuat oleh Martin Johnson dari band Boys Like Girls.

Ketigabelas lagu pada albumnya ini telah dikonfirmasi, termasuk single "Here's to Never Growing Up" yang ditulisnya bersama Chad Kroeger; sebuah lagu duetnya bersama Kroeger berjudul "Let Me Go"; sebuah lagu duet bersama Marilyn Manson berjudul "Bad Girl"; lagu "17" yang dinyayikannya saat tampil di The Viper Room di Los Angeles; lagu "Hello Kitty, sebuah lagu "agresif" tentang karakter fiksi Jepang yang Lavigne gambarkan sebagai "kind of glitchy, electornic"; lagu "Hush Hush" dan "Give You What You Like", yang katanya merupakan lagu favoritnya pada albumnya ini; lagu "Fly, sebuah lagu tentang komunitas amalnya "The Avril Lavigne Foundation", dan single keduanya yang berjudul "Rock N Roll".

Pada April 2013, album ini masih diproduksi. Pada saat wawancara dengan Ryan Seacrest, Avril mengatakan "Saya sebenarnya masih di studio, saya masih merekam lagu-lagu saya. Saya masih memiliki satu lagu lagi yang akan saya kerjakan sendiri, karena saya senang melakukannya, ini penting bagi saya." Karena dia sudah menulis banyak lagu untuk album kelimanya, Avril mempertimbangkan untuk merilis 2 album back-to-back, tapi bagaimanapun, ketigabelas lagu sudah dikonfirmasi, dan hanya satu album yang akan dirilis.

Komposisi dan Tema[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara untuk Nylon , Lavigne menyatakan bahwa album ini "lebih artistik" dari album sebelumnya, ia menjelaskan, "Kali ini tidak hanya lagu-lagu tentang hubungan dan pria. Saya hanya ingin menulis lagu dan membuat sesuatu yang sedikit lebih artistik. Saya ingin pergi ke jalan, saya tidak mencoba untuk menulis sebuah rekaman besar untuk radio. " Ketika mendiskusikan gaya album untuk Entertainmentwise , Lavigne berpendapat, "Album ini benar-benar menyeluruh. Ada lagu piano yang hanya piano dan vokal, beberapa potongan emosional yang sangat mentah. Ada beberapa lagu musim panas , itu sebuah nostalgia". Mengenai arti lirik album secara menyeluruh, ia berkomentar, "Secara lirik saya mendorong dirikuu untuk berbicara mengenai beberapa materi berbeda yang saya tidak bicarakan sebelumnya. Aku tidak ingin menjadi begitu sederhana. Saya mencoba untuk benar-benar mengekspresikan diri dan masuk lebih dalam". [...] "Ada banyak lagu musim panas dan beberapa lagu untuk pasangan yang cukup untuk bernostalgia, tentang melihat kembali bagaimana kita di usia '17'. Saya kira saya tidak bermaksud untuk mengubah lirik dalam album ini seperti itu, tapi ini baik".

Ketika mendiskusikan lagu-lagu di album, Lavigne mengungkapkan, "Saya sangat bersemangat tentang lagu 'Hello Kitty' yang saya tulis untuk album ini, karena aku terobsesi dengan Hello Kitty dan itu benar-benar menyenangkan dan itu terdengar berbeda" tuturnya. "Kedengarannya seperti tidak pernah saya lakukan dialbum-album sebelumnya, dan saya bahkan melemparkan sedikit Jepang di dalamnya." Dia juga menggambarkan lagu yang berjudul "Rock n Roll" sebagai "LOUD, mengesankan dan begitu banyak lainnya hal daripada hanya musik - benar-benar apa yang saya inginkan -. dan itu adalah lagu yang aku hanya memberikan sentuhan akhir untuk saat ini ". Dia juga menyebutkan duetnya dengan Marilyn Manson sebagai sesuatu yang "berat" dan sangat "rock". Sementara menanggapi apa lagu favoritnya di album ia menyebutkan lagu kesukaannya adalah, "Give You What You Like", "Hush Hush", dan "Bad Girl".

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Pencipta Producer(s) Durasi
1. "Rock N Roll"   Lavigne, David Hodges, Chad Kroeger, Jacob Kasher, Peter Svensson, Richard Goransson Peter Svensson, Martin Johnson 3:26
2. "Here's to Never Growing Up"   Lavigne, Hodges, Kroeger, Kasher, Johnson Martin Johnson 3:34
3. "17"   Lavigne, Kasher, Johnson Martin Johnson 3:22
4. "Bitchin' Summer"   Lavigne, Hodges, Kroeger, Kasher, Matt Squire Matt Squire  
5. "Let Me Go" (duet with Chad Kroeger) Lavigne, Hodges, Kroeger    
6. "Give You What You Like"   Lavigne, Hodges, Kroeger    
7. "Bad Girl" (featuring Marilyn Manson) Lavigne, Hodges, Kroeger    
8. "Hello Kitty"   Lavigne, Hodges, Kroeger, Johnson Martin Johnson  
9. "You Ain't Seen Nothin' Yet"        
10. "Sippin' on Sunshine"   Lavigne, Hodges, Kroeger, Kasher, Johnson Martin Johnson  
11. "Hello Heartache"   Lavigne, Hodges    
12. "Falling Fast"        
13. "Hush Hush"   Lavigne, Hodges    

Pranala luar[sunting | sunting sumber]