Avian Tumengkol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Avian Tumengkol
LahirIndonesia Jakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
PekerjaanWartawan, pengusaha media
Orang tuaLaksamana TNI (Purn) Eddy Tumengkol
Situs webwww.waspada.co.id

Avian E. Tumengkol (13 November 1971 – 22 Agustus 2014) adalah jurnalis Indonesia dan Pemimpin Redaksi Waspada Online. Ia merupakan wartawan senior yang dikenal kritis dan jurnalis Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan akses memasuki penjara militer Amerika Serikat di Teluk Guantanamo, Kuba pada tahun 2005[1] mewakili Harian Waspada ketika menjabat sebagai White House & Pentagon Correspondent berbasis di Washington DC, Amerika Serikat. Ia juga pernah meliput konflik Timur Tengah di Jalur Gaza ketika sedang terjadi pertempuran panas di antara Palestina dengan Israel.

Avian tercatat sebagai anggota Korps Pers Internasional Gedung Putih (White House Foreign Press Corps), Korps Pers Internasional Departemen Luar Negeri (U.S. State Department Foriegn Press Corps), dan Korps Pers Istana Kepresidenan RI.

Selain itu, Avian bekerja sebagai konsultan dan strategis media dan pernah bekerja di KBRI Washington DC sebagai Press Officer.

Sebelumnya, Avian berkarier di bidang perhotelan selama 9 tahun di Jakarta Hilton International Hotel, The Ascott Jakarta, The Ascott Singapore, Somerset Grand Cairnhill Singapore, Somerset Orchard Singapore, Somerset Citra Jakarta dan The Dharmawangsa Jakarta.

Jurnalis[sunting | sunting sumber]

Sepak bola[sunting | sunting sumber]

1. Karier Pemain

2. Karier Organisasi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tour to Guantanamo Bay". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-04. Diakses tanggal 2013-01-05.