Auvézère

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Auvézère
Ciri-ciri fisik
Muara sungaiIsle
Panjang112 km
Luas DASDAS: 900 km²

Auvézère (Dialek Occitan: Auvesera) adalah sebuah sungai yang berada di Prancis tepatnya di departemen Dordogne. Merupakan anak sungai Isle, sungai Isle sendiri adalah anak dari sungai Dordogne.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sungai bermula di ketinggian 480 m di atas permukaan laut di pegunungan Massif Central di departemen Haute-Vienne dan region Limousin. Bermuara di selaran komune Saint-Germain-les-Belles. Sungai ini membentang melintasi departemen Corrèze, di wilayah Périgord Vert. Di departemen Dordogne, sungai ini mengalir ke Isle di Bassillac. Dekat Cubjac, di Moulin de Soucis, bagian airnya masuk dalam Isle.

Jalur sungai[sunting | sunting sumber]

Sungai ini melewati sejumlah komune:

Anak sungai[sunting | sunting sumber]

Hidrologi[sunting | sunting sumber]

Auvézère adalah sungai melingkar, dengan bagian jalur airnya. Dipantau selama 28 tahun (antara 1976 dan 2007), wilayah ini terletak di depan Sungai Isle. Permukaannya memanjang hingga 884 km².

Aliran sungai tahunan di stasiun Le Change mencapai 8.52 m³/detik.

Auvézère adalah sungai dengan aliran musiman. Permukaan air tinggi terjadi selama musim dingin dan awal musim semi, dengan aliran median antara 12.2 dan 16.8 m³/detik, antara Desember dan April (dengan tinggi maksimum bulan Januari). Selama Mei, aliran menurun cepat hingga 4.62 m³/detik menjelang Juni. Permukaan air jatuh antara Juli dan September; aliran sungai 1.87 m³/detik pada Agustus.

VCN3 menghitung pada 0.2 m³/detik, dimana selama periode 50 tahun, 200 l/detik, dikelompokkan sebagai aliran menengah

QIX 2 dan QIX 3 menghitung luahan kosong selama dua tahun dan tepi 50 tahun, yaitu 110 dan 160 m³/detik. QIX 10 menghitung aliran selama sepuluh tahun pada 190 m³/detik dan QIX 20 pada 220 m³/detik. QIX 50 menghitung pada 260 m³/detik.

Debit maksimal di Change selama periode tertentu, per tahun dengan 182 m³/detik tanggal 7 Januari 1982, dimana aliran maksimum tercatat pada 158 m³/detik tanggal 11 Januari 1996. Ini dapat dibandingkan dengan aliran maksimum yang dicatat oleh QIX yang berbeda, menyatakan arus pada Januari 1982 berada dalam urutan sepuluh tahun. Air sungai secara statistik dihitung setiap 10 tahun.

Auvézère adalah sungai melingkar dalam, jalur air di daerah aliran Dordogne mengklaim lebih dari wilayah timur Massif Central. Aliran air tanpa daerah aliran adalah 300 mm per tahun, sungai lainnya yang 623 mm berada di Bergerac dengan Vézère (590 mm) di Montignax dan di ujung sungai. Arus sungai (atau Qsp) diukur pada 9.7 l/detik dan per km dilakukan di daerah aliran tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]