Augusto B. Leguía

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Augusto B. Leguía
Leguía di sebuah acara balap kuda. (1924)
Presiden Peru ke-65
Masa jabatan
24 September 1908 – 24 September 1912
Didahului oleh José Pardo
Digantikan oleh Guillermo Billinghurst
Presiden Peru ke-69
Masa jabatan
4 Juli 1919 – 25 Agustus 1930
Didahului oleh José Pardo
Digantikan oleh Manuel Ponce
Informasi pribadi
Lahir 19 Februari 1863
Lambayeque, Peru
Meninggal 7 Februari 1932 (umur 68)
Callao, Peru
Partai politik Partai Sipil,
Partai Reformis Demokrat
Suami/istri Julia Swayne Mariátegui
María Isabel Olivera Mayo
Anak Augusto Leguía Swayne
José Leguía Swayne
Juan Leguía Swayne
Lola Virginia Leguía Swayne
Carmen R. Leguía Swayne
María Isabel Leguía Swayne
Ricardo Leguía Olivera
Enriqueta Leguía Olivera
Carmen Leguía Larriviere
Joaquín Leguía Gálvez
Profesi Pebisnis dan Pengusaha

Augusto Bernardino Leguía y Salcedo (lahir 19 Februari 1863 – meninggal 6 Februari 1932 pada umur 68 tahun) adalah seorang politikus Peru yang dua kali menduduki jabatan sebagai Presiden Peru, yaitu pada tahun 1908 hingga 1912 dan 1919 hingga 1930.

Tahun awal[sunting | sunting sumber]

Augusto Leguía lahir di Lambayeque tahun 1863 dari salah satu keluarga paling terkemuka dari oligarki Peru. Dididik di Valparaíso, Chili, ia bertugas di tentara Peru selama Perang Pasifik (1879-1881).

Setelah perang, ia pindah ke Amerika Serikat dan menjadi eksekutif asuransi di Perusahaan Asuransi Jiwa New York. Pada 1900-an, Leguía telah menjadi sangat kaya dan memutuskan untuk kembali ke Peru. Dia memasuki dunia politik pada tahun 1903 atas desakan Manuel Candamo (pemimpin Partai Civilista) dan juga dari José Pardo, yang saat itu sebagai Perdana Menteri. Leguía mengambil posisi Menteri Keuangan sampai tahun 1904, ketika mantan Perdana Menteri José Pardo menjadi presiden. Pardo menawarkan posisi Perdana Menteri kepada Leguía, yang diterima dan tetap demikian sampai 1907. Ia mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun berikutnya.

Masa kepresidenan pertama[sunting | sunting sumber]

Gambar Leguía pada sampul majalah TIME (1930)

Pada 1908 ia menggantikan José Pardo (peristiwa pergantian yang akan terjadi lagi pada tahun 1919) setelah terpilih sebagai presiden untuk pertama kalinya oleh aliansi partai-partai Sipil dan Konstitusi. Beberapa tindakan pertama Leguía adalah untuk melembagakan reformasi sosial dan ekonomi dalam upaya untuk industrialisasi Peru dan mengubahnya menjadi masyarakat kapitalis modern.

Pada 29 Mei 1909, sekelompok warga (pendukung Partai Demokrat Piérola) berhasil memaksa mereka masuk ke Palacio de Gobierno menuntut pengunduran diri Leguía. Di antara kelompok itu adalah saudara dan anak-anak Piérola: Carlos de Piérola, Isaias de Piérola dan Amadeo de Piérola. Karena Leguía tidak mundur seperti yang direncanakan, mereka menculiknya dan membawanya ke depan Monumen Bolivar (terletak di Plaza Inquisicion di Lima). Sesampai di sana, Leguía tidak menyetujui tuntutan mereka, dan polisi akhirnya menyelamatkan presiden di tengah-tengah perkelahian yang menyebabkan setidaknya 100 kematian.

Selama periode ini negara juga menghadapi sengketa perbatasan dengan lima negara tetangga. Leguía berhasil mencapai kesepakatan dengan dua dari mereka, Bolivia dan Brasil.

Ketika masa kepresidenan Leguía berakhir pada tahun 1912, ia digantikan oleh Guillermo Billinghurst, seorang pengusaha jutawan yang pernah menjadi wali kota Lima. Selama tahun-tahun berikutnya, Leguía bepergian ke Inggris dan Amerika Serikat, di mana dia belajar metode perbankan dan keuangan yang kemudian akan diterapkan di Peru. Selama waktu ini, Leguia sudah bertentangan dengan Partai Civilista dan meninggalkan organisasi itu.

Masa kepresidenan kedua[sunting | sunting sumber]

Digulingkan[sunting | sunting sumber]

Sebuah kudeta, pada 22 Agustus 1930, yang dipimpin oleh Luis Miguel Sánchez Cerro di Arequipa berhasil melengserkan Leguía dari kekuasaannya. Leguía ditangkap dan didakwa dengan tuduhan menggelapkan dana pemerintah. Dia tetap dalam kurungan di Panóptico, Lima, dan meninggal di sebuah rumah sakit angkatan laut pada tanggal 6 Februari 1932.

Jabatan politik
Didahului oleh:
Pablo Sarria
Menteri Keuangan
8 September 1903 – 15 Mei 1904
Diteruskan oleh:
Juan José Reynoso
Didahului oleh:
Juan José Reynoso
Menteri Keuangan
24 September 1904 – 2 Agustus 1907
Diteruskan oleh:
Germán Schereiber
Didahului oleh:
Alberto Fernández de Cordoba
Perdana Menteri Peru
24 September 1904 – 2 Agustus 1907
Diteruskan oleh:
Agustín Tovar
Didahului oleh:
José Pardo
Presiden Peru
September 1908 – September 1912
Diteruskan oleh:
Guillermo Billinghurst
Didahului oleh:
José Pardo
Presiden Peru
Juli 1919 – Agustus 1930
Diteruskan oleh:
Luis Miguel Sánchez Cerro