August Hermann Francke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
August Hermann Francke

August Hermann Francke (1663 -1727) adalah teolog Jerman dan guru besar Universitas Halle selama 30 tahun.[1] Selama Francke di sana, universitas ini menjadi pusat dan lumbung Pietisme.[1][2] Ribuan pendeta dan penginjil dengan semangat pietisme (memfokuskan diri pada karya-karya sosial seperti panti asuhan, perawatan orang miskin, pendidikan sekolah-sekolah umum maupun keagamaan) merupakan lulusan universitas ini.[1] Francke adalah murid dari Philip Jacob Spener, sang pencetus gerakan pietisme.[1][3]

Karya-karya sosial milik Francke banyak menjadi acuan John Wesley dan kalangan Metodis dalam mengembangkan kekristenan.[1] Dari Halle, Pietisme menyebar ke seluruh dunia termasuk ke Amerika, sehingga secara langsung juga mempunyai banyak andil dalam Gerakan Kebangunan Rohani.[1]

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

August Hermann Francke lahir di Lubeck, dekat kota Hamburg pada tanggal 22 Maret 1663.[4] Pada usia 16 tahun, ia masuk Universitas Erfurt dan memusatkan diri pada studi logika dan metafisika.[4] Akan tetapi, karena tidak menyukai setuasi di kota Erfurt, Francke pun pindah ke Universitas Kiel dan di sana ia belajar teologi, fisika, filsafat, dan sejarah.[4] Ia juga sempat belajar bahasa Ibrani dan Yunani di Hamburg sebelum akhirnya pada tahun 1684 masuk Universitas Leipzig.[4] Francke adalah seorang mahasiswa teologi yang gemilang, pada umur 24 tahun ia sudah menjadi guru besar di Universitas Leipzig.[5] Pada 1687 Francke bertobat.[1] Menurut Francke, kehidupannya yang tampak berhasil itu sebenarnya tidak berarti, sebab ia belum memiliki iman yang hidup.[5] Penganut Pietisme dan Revival kemudian memandang peristiwa pertobatan itu adalah sesuatu yang harus dialami oleh seorang Kristen.[5] Sejak pertobatannya itu, Francke kemudian berkecimpung dalam lingkungan Spener, tokoh Pietisme yang banyak memberikan pengaruh besar bagi Francke.[4] Pada tanggal 7 Januari 1692, Francke tiba di Halle dan menjadi guru besar di Universitas Halle.[4] Halle kemudian menjadi salah satu pusat pietisme hingga Francke meninggal dunia pada tahun 1727.[6]

Karya-karya[sunting | sunting sumber]

Francke mendirikan panti asuhan dan sekolah-sekolah bagi anak yatim piatu dan yang miskin yang operasionalnya didanai oleh donatur.[5] Ada empat macam sekolah yang didirikan Francke. Pertama, The Paedagogium, yaitu sekolah khusus bagi anak-anak bangsawan. Kedua, sekolah Latin, sekolah yang menyiapkan anak-anak untuk masuk universitas menjadi pengacara, dokter, teolog dan pedagang. Ketiga, sekolah Jerman, di mana anak-anak dari rakyat biasa belajar di sini. Keempat, sekolah bagi mereka yang miskin dengan biaya gratis.[7] Bagi Francke sendiri, lembaga-lembaga yang didirikannya itu hanya sekadar alat saja, karena tujuan utamanya adalah agar anak-anak tersebut dipersiapkan untuk menjadi penginjil.[5] Selama abad ke 18, sebanyak 60 orang murid Francke menjadi pekabar-pekabar Injil di Asia dan Amerika.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g Jan S. Aritonang. Berbagai Aliran di dalam dan di sekitar Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1995. Hlm. 39-40.
  2. ^ Tony Lane. Runtut Pijar: Sejarah Pemikiran Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005. Hlm. 142-143.
  3. ^ H. Berkhof. Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1995. Hlm. 246-248.
  4. ^ a b c d e f F.D Wellem.Riwayat Hidup Singkat Tokoh-tokoh dalam Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003. Hal. 79.
  5. ^ a b c d e f Thomas Van Den End.Harta Dalam Bejana: Sejarah Gereja Ringkas. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009. Hal. 234-235.
  6. ^ (Inggris) Williston Walker. A History of the Christian Church. New York: Charles Scribner's Sons, 1918. Pg. 498.
  7. ^ (Inggris)F.Ernest Stoeffler. 1973. German Pietism During The Eighteen Century. Leiden:E.J Brill. 25-26.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Francke, August Hermann (1704): August Hermann Franckes Schrift über eine Reform des Erziehungs- und Bildungswesens als Ausgangspunkt einer geistlichen und sozialen Neuordnung der Evangelischen Kirche des 18. Jahrhunderts: der Grosse Aufsatz. Mit einer quellenkundlichen Einführung. Hrsg. v. Otto Podczeck. Berlin. Akademie 1962.
  • Lueker, Erwin L. Christian Cyclopedia: Article on August Hermann Francke. St. Louis. 2000.
  • Sattler, Gary R. (1982). God's Glory, Neighbor's Good: A brief introduction to the life and writings of August Hermann Francke. Chicago: Covenant Press. ISBN 0-910452-50-4.

Kepustakaan Umum[sunting | sunting sumber]

  • Reinhard Breymayer: Zum Schicksal der Privatbibliothek August Hermann Franckes. Über den wiedergefundenen Auktionskatalog der Privatbibliothek seines Sohnes Gotthilf August Francke. 3., verbesserte Auflage. Tübingen: Noûs-Verlag Thomas Leon Heck 2002. – 32 S. – ISBN 3-924249-42-3.