Anjungan tunai mandiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Atm)
Sebuah mesin ATM NCR, ATM multi-fungsi di Amerika Serikat

Anjungan tunai mandiri (disingkat ATM; Inggris: automated teller machine atau automatic teller machine[1][2]) adalah mesin otomatis yang dimiliki oleh bank untuk mengeluarkan uang tunai dengan teknik tertentu, yaitu seperti menekan tombol nomor tabungan, menekan nomor (kode) sesuai dengan petunjuk.

ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, stasiun kereta api, terminal bus, pasar swalayan, dan kantor-kantor bank itu sendiri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

ATM awal di Indonesia, dipajang di Museum Bank Mandiri, Jakarta. Digunakan oleh Bank Bumi Daya hingga tahun 1990-an.

Ide mengenai distribusi uang tunai di luar jam dikembangkan dari kebutuhan perbankan di Asia (Jepang), Eropa (Swedia dan Inggris) dan Amerika Utara (Amerika Serikat).[3][4][5] Sedikit yang diketahui tentang perangkat jenis ini di Jepang selain yang disebut "Mesin Komputer Pinjaman" yang memberikan uang tunai sebagai pinjaman tiga bulan sebesar 5%, setelah memasukkan kartu kredit. Perangkat tersebut beroperasi pada tahun 1966.[6][7]

Dalam rekaman paten Amerika Serikat, Luther George Simjian telah dikreditkan atas pengembangan "perangkat penemuan sebelumnya". Secara spesifik patennya yang ke-132 (US3079603), yang pertama kali diajukan pada 30 Juni 1960 (dan diberikan pada 26 Februari 1963). Perangkat tersebut, disebut Bankograph, tertunda beberapa tahun, akibat perusahaan Simjian Reflectone Electronics Inc. yang diakuisisi oleh Universal Match Corporation.[8] Sebuah eksperimen Bankograph dipasang di New York City pada tahun 1961 oleh City Bank of New York, namun dicopot setelah enam bulan karena kurangnya penerimaan pelanggan. Bankograph adalah mesin otomatis penyimpanan amplop (menerima koin, uang tunai dan cek) serta tidak memiliki fitur penarikan tunai.[9][10]

ATM yang dipercayai secara luas sebagai yang pertama, dipergunakan oleh Barclays Bank di kantor cabangnya di Enfield Town di utara London, Britania Raya, pada 27 Juni 1967.[11] Mesin ini diresmikan oleh aktor komedi Inggris Reg Varney.[12] Instansi penemuan ini dikreditkan kepada tim teknik yang dipimpin oleh John Shepherd-Barron dari perusahaan percetakan De La Rue,[13] yang dianugerahi OBE pada tahun 2005.[14][15] Transaksi tersebut diawali dengan menyisipkan cek kertas yang dikeluarkan oleh teller atau kasir, ditandai dengan karbon-14 untuk pembacaan mesin dan keamanan, yang dalam model terakhir dicocokkan dengan enam digit Nomor Identifikasi Pribadi (PIN).[13][16]

Ide penyimpanan PIN pada kartu dikembangkan oleh Insinyur Britania Raya yang bekerja pada MD2 bernama James Goodfellow pada tahun 1965 (paten GB1197183 diajukan pada 2 Mei 1966 dengan Anthony Davies). Inti dari sistem ini adalah bahwa hal tersebut memungkinkan verifikasi nasabah dengan rekening didebit tanpa campur tangan manusia. Paten ini juga merupakan Contohnya awal dari lengkap "sistem penyimpanan mata uang" dalam catatan paten. Paten ini diajukan pada tanggal 5 Maret 1968 di Amerika Serikat (US 3.543.904) dan dikabulkan pada tanggal 1 Desember 1970. Hal ini memiliki pengaruh besar pada industri secara keseluruhan. Tidak hanya pendatang di masa depan ke dalam pasar penyimpanan uang tunai seperti NCR Corporation dan IBM melisensi sistem PIN Goodfellow, namun sejumlah paten belakangan mereferensikan paten ini sebagai "perangkat penemuan sebelumnya".[17]

Perangkat keras[sunting | sunting sumber]

Diagram komponen dari mesin ATM

ATM biasanya terdiri dari perangkat berikut:

  • CPU (untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi)
  • Pembaca magnetik dan/atau chip kartu (untuk mengidentifikasi nasabah)
  • Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci bantalan sentuh atau kalkulator), sering diproduksi sebagai bagian rangka penyimpanan.
  • Pengaman Kriptoprosesor, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
  • Monitor (digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi)
  • Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh (digunakan untuk memilih berbagai aspek transaksi)
  • Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan nasabah dengan catatan transaksi mereka)
  • Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses terbatas)
  • Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan)

Karena tuntutan komputasi yang lebih berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM sudah beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler dan/atau aplikasi-spesifik sirkuit terpadu untuk mengadopsi arsitektur perangkat keras dari sebuah Personal Computer, seperti, koneksi USB untuk peripheral, Eternet dan komunikasi IP, dan menggunakan sistem operasi komputer pribadi. Meskipun tidak diragukan lagi lebih murah untuk menggunakan perangkat keras komersial "di luar cangkang", hal ini membuat ATM berpotensi rentan terhadap jenis masalah yang sama ditunjukkan oleh Personal Computer konvensional.

Perangkat lunak[sunting | sunting sumber]

Sebuah mesin ATM Wincor Nixdorf menjalankan Windows 2000.

Dengan migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem operasi standar komersial "di luar cangkang", dan lingkungan pemrograman dapat digunakan di dalam ATM. Platform Khas sebelumnya digunakan dalam pengembangan ATM termasuk RMX atau OS/2.

Saat ini ini sebagian besar ATM di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, terutama Windows XP Professional atau Windows XP Embedded.[18] Sejumlah kecil penyebaran dapat masih menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, Windows 2000 atau Windows 7.

Terdapat pula industri keamanan komputer yang berpandangan bahwa sistem operasi desktop masyarakat umum memiliki risiko yang lebih besar sebagai sistem operasi untuk mesin pengeluaran uang daripada jenis lain dari sistem operasi seperti (aman) Sistem operasi waktu nyata (RTOS).

Linux juga menemukan beberapa penerimaan di pasar ATM. Contoh dari hal ini adalah Banrisul, bank terbesar di selatan Brasil, yang mengganti sistem operasi MS-DOS di ATM nya dengan Linux. Banco do Brasil juga me-migrasikan ATM-nya ke Linux.

Dengan terjadinya sistem operasi Windows dan XFS di ATM, aplikasi perangkat lunak memiliki kemampuan untuk menjadi lebih cerdas. Hal ini telah menciptakan generasi baru aplikasi ATM yang umum disebut sebagai aplikasi dwiprogram. Jenis aplikasi ini memungkinkan sebuah host yang sama sekali baru teraplikasi di mana terminal ATM dapat melakukan lebih dari hanya sekadar berkomunikasi dengan switch ATM. Saat ini sedang diberdayakan untuk terhubung ke server konten lain dan sistem video perbankan.

Perangkat lunak ATM terkemuka yang beroperasi pada platform XFS di antaranya Triton PRISM, Diebold Agilis EmPower, NCR APTRA Edge, Absolute Systems AbsoluteINTERACT, KAL Kalignite, Phoenix Interactive VISTAatm, dan Wincor Nixdorf ProTopas.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Papan ketik mesin ATM di Jerman.

Pada ATM paling modern, nasabah diidentifikasi dengan memasukkan kartu ATM plastik dengan strip magnetik atau kartu pintar plastik dengan chip, yang berisi kartu yang bernomor unik dan beberapa informasi keamanan seperti tanggal kedaluwarsa atau Kode keamanan kartu (CVV). Autentikasi ini disediakan oleh nasabah saat memasukkan nomor identifikasi pribadi (PIN). ATM terbaru di Royal Bank of Scotland beroperasi tanpa kartu untuk menarik uang tunai hingga £100. Pelanggan awalnya harus mendaftarkan nomor ponsel mereka dan bank akan memberikan kode enam digit untuk masuk ke ATM untuk menarik uang tunai tersebut.[19]

Dengan menggunakan ATM, nasabah dapat mengakses rekening bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu debit, dan memeriksa saldo rekening mereka serta membeli kredit ponsel prabayar. Jika mata uang yang ditarik dari ATM berbeda dengan rekening bank dalam mata uang (misalnya: Penarikan Yen Jepang dari rekening bank berisi Dolar AS), uang tersebut akan diubah satuan mata uangnya sesuai nilai tukar saat itu. Dengan demikian, ATM dapat dimanfaatkan untuk transaksi pertukaran uang bagi wisatawan asing.[20]

Alternatif penggunaan[sunting | sunting sumber]

Mesin ATM dengan berbagai fungsi di Korea Selatan.
Mesin ATM emas di New York City.

Meskipun ATM awalnya dikembangkan hanya sebagai tempat mengambil uang tunai, alat ini telah berkembang untuk memasukkan banyak produk perbankan lainnya yang terkait seperti:

  • Menyetor uang tunai.
  • Mentransfer dana antarrekening terkait, baik di antara kedua bank yang sama maupun antara satu bank dengan bank yang lan.
  • Mengecek saldo rekening.
  • Mencetak rekening koran.
  • Memperbarui buku tabungan.
  • Membayar tagihan rutin:
  • Memperoleh pinjaman cepat.
  • Memproses cek.
  • Membayar (secara penuh/sebagian) saldo pada kartu kredit terkait dengan rekening tertentu.
  • Pengakuan deposito, penerimaan, dan peredaran uang.[21][22]

Di beberapa negara, khususnya yang memanfaatkan jaringan ATM lintas bank terintegrasi. ATM mencakup banyak fungsi yang tidak berkaitan langsung dengan pengelolaan rekening bank sendiri, seperti:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Merriam-Webster Dictionary. Springfield, MA: Merriam-Webster. Diakses tanggal 7 Januari 2017. 
  2. ^ Maintain Automatic Teller Machine (ATM) services (Release 1)
  3. ^ "A Brief History of the ATM". The Atlantic. 26 Maret 2015. Diakses tanggal 26 April 2015. 
  4. ^ "How the ATM Revolutionized the Banking Business". Bloomberg. 27 Maret 2013. 
  5. ^ "ATMIA 50th Anniversary Factsheet" (PDF). www.atmia.com. ATM Industry Association. Oktober 2015. Diakses tanggal 29 Juni 2016. 
  6. ^ 'Fast Machine With a Buck',"Pacific Star and Stripes", 7 Juli 1966
  7. ^ 'Instant Cash with a Credit Card', "ABA Banking Journal", Januari 1967
  8. ^ 'Universal Match Maps Acquisition’, The New York Times, 22 Maret 1961
  9. ^ ‘Machine Accepts Cash Deposits’, The New York Times, 12 April 1961
  10. ^ "From punchcard to prestaging: 50 years of ATM innovation". ATM Marketplace. 31 Juli 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-15. Diakses tanggal 27 September 2013. 
  11. ^ Batiz-Lazo, Bernardo; Reid, Robert J. K. (30 Juni 2008). "Evidence from the Patent Record on the Development of Cash Dispensing Technology" (PDF). Munich Personal RePEc Archive. hlm. 4. Diakses tanggal 27 April 2015. 
  12. ^ "Enfield's cash gift to the world". BBC London. 27 Juni 2007. 
  13. ^ a b Milligan, Brian (25 Juni 2007). "The man who invented the cash machine". BBC News. Diakses tanggal 26 April 2010. 
  14. ^ "ATM inventor honoured". BBC News. 31 Desember 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Juni 2010. Diakses tanggal 26 April 2010. 
  15. ^ Harper, Tom; Batiz-Lazo, Bernardo (2013). Cash Box: The Invention and Globalization of the ATM. Networld Media Group. ISBN 1-935497-62-6. 
  16. ^ "ATM inventor John Shepherd-Barron dies at age of 84 on 20th May 2010". Los Angeles Times. 19 Mei 2010. 
  17. ^ B. Batiz-Lazo and R. J. K. Reid. "Evidence from the patent record on the development of cash dispensing technology". History of Telecommunications Conference, 2008. Histelcon 2008. IEEE. 
  18. ^ http://inet.detik.com/read/2014/01/17/124612/2470047/323/waduh-95-atm-masih-pakai-windows-xp
  19. ^ "ATMs to operate without a card". BBC News. 12 Juni 2012. 
  20. ^ Schlichter, Sarah (5 Februari 2007). "Using ATM's abroad – Travel – Travel Tips – msnbc.com". MSNBC. Diakses tanggal 11 Februari 2011. 
  21. ^ "Rising interest rates, gas prices hit vault-cash providers". selfserviceworld.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-03-29. Diakses tanggal 2011-02-11. 
  22. ^ "NCR and Fujitsu Develop Cash Deposit and Bill Recycling Module for ATMs : Fujitsu Global". Fujitsu.com. Diakses tanggal 2011-02-11. 
  23. ^ Lynn, Matthew, "What will replace the dollar as global currency?: Gold? Renminbi? Maybe commodities?", MarketWatch, 7 Juli 2011. Diakses tanggal 7 Juli 2011.
  24. ^ "Business | Bank puts the 'fun' into 'funds'". BBC News. 20 Juli 2005. Diakses tanggal 11 Februari 2011. 
  25. ^ Harvey, Rachel (10 Januari 2006). "Asia-Pacific | Indonesians make ATM sacrifices". BBC News. Diakses tanggal 11 Februari 2011. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Brain, Marshall Marshall Brain's More How Stuff Works, John Wiley and Sons Ltd, New York, October 2002, ISBN 0-7645-6711-X
  • Donley, Richard Everything has its price, Fireside Books /Simon & Schuster, New Jersey, Maret 1995, ISBN 0-671-89559-1
  • Guile, Bruce R., Quinn, James Brian Managing Innovation Cases from the Services Industries, National Academy Press, Washington (D.C.), Januari 1988, ISBN 0-309-03926-6
  • Hillier, David Money Transmission and the Payments Market, Financial World Publishing, Kent UK, Januari 2002, ISBN 0-85297-643-7
  • IESNA Committee Lighting for Automatic Teller Machines, Illuminating Engineering Society of North America, January 1997, ISBN 0-87995-122-2
  • Ikenson, Ben Patents: Ingenious Inventions How They Work and How They Came to Be, Gina Black Dog & Leventhal Publishers, Inc., April 2004, ISBN 1-57912-367-8
  • Mcall, Susan Resolution of Banking Disputes, Sweet & Maxwell, Ltd., Desember 1990, ISBN 0-85121-644-7
  • Peterson, Kirk Automated Teller Machine as a National Bank under the Federal Law, William S. Hein & Co., Inc., Agustus 1987, ISBN 0-89941-587-3
  • Schneier, Bruce (Januari 2004). Secrets and Lies: Digital Security in a Networked World. John Wiley & Sons. ISBN 0-471-45380-3. 
  • Zotti, Ed Triumph of the Straight Dope, Random House, Februari 1999, ISBN 0-345-42008-X
  • The Fraudsters – How Con Artists Steal Your Money (ISBN 978-1-903582-82-4)by Eamon Dillon, published September 2008 by Merlin Publishing

Pranala luar[sunting | sunting sumber]