Atenolfo I dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Atenulf I dari Capua)
Langsung ke: navigasi, cari

Atenulf I (wafat tahun 910), disebut yang Agung (Latin magnus), merupakan seorang Pangeran Capua dari tanggal 7 Januari 887 dan Benevento dari tahun 899, ketika ia menguasai kerajaan tersebut. Ia juga menggunakan gelar princeps gentis Langobardorum: "pangeran bangsa Lombardia," sebuah gema dari gelar yang digunakan oleh pangeran Benevento sebelumnya setelah runtuhnya kohesi Lombardia pada tahun 774.

Ia adalah putra Landenulf, (Gastald atau pangeran) dari Teano, Atenulf, melalui pengaruh dan penaklukannya, berhasil membenarkan pretensi keluarga Lombardia ke status pangeran, seperti Benevento dan Salerno. Dari tahun 879, Capua telah diperebutkan di antara beberapa kandidat, namun pada tahun 887, Atenulf menyingkirkan saudara-saudara dan sepupu-sepupunya dari persaingan tersebut dan menjadi pangeran tunggal dengan bantuan hypatus Athanasius dari Napoli. Pada tahun berikutnya (888), ia berperang dengan Athanasius atas "Liburnia." Mereka bertempur dengan sengitnya di S. Carzio, Clanio.

Atenulf kemudian membalikkan perhatiannya ke Benevento, yang baru-baru saja berada di bawah kekuasaan Bizantium dan kemudian dikendalikan oleh Spoleto. Ia menguasainya dari Pangeran yang pernah digulingkan, Radelchis II pada tahun 899 dan dilantik menjadi Pangeran di Santa Sofia, Benevento pada bulan Januari 900. Ia ditentang oleh orang yang pernah menjadi bupati di Benevento, yang bernama Uskup Peter, yang ia asingkan ke Salerno. Mempersatukan hampir seluruh Lombardia Mezzogiorno, ia mengarahkan agresinya ke Saracen, Garigliano.

Atenulf bersekutu dengan Amalfi dan Gregory IV dari Napoli, menyerang dan mengalahkan Saracen pada tahun 903. Ia menjadikan dirinya pengikut Bizantium dengan upaya untuk menerima bantuan militer, namun tidak mendapatkan apapun. Ia menghabiskan sisa hidupnya dengan mempersiapkan ekspedisi besar kedua. Ia terlanjur meninggal sebelum berhasil, meskipun hal tersebut menghasilkan Perang Garigliano yang terkenal dan berhasil pada tahun 915. Untuk kesuksesannya melawan para Muslim, Eugenio Vulgario membuat sebuah puisi untuk mengenangnya. Atenulf digantikan oleh putranya Landulf I, yang telah diasosiasikan di dalam status kepangeranan pada tahun 901. Atenulf mengumumkan dua kerajaan Capua dan Benevento yang tak terpisahkan dan menginstitusikan kerajaan kepemimpinan bersama di antara anak-anak dan saudara-saudara sampai divisinya pada tahun 981.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: IV Arconati – Bacaredda. Rome, 1962.


Didahului oleh:
Landenulf I
Pangeran Capua
887–910
Diteruskan oleh:
Landulf I
Didahului oleh:
Radelchis II
Pangeran Benevento
900–910