Atenulf II dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Atenulf II (juga Atenolf, Atenolfo, Atinolfo, Adenolfo, Atenulfo, atau Adenulfo) (wafat tahun 940) merupakan adik laki-laki Pangeran Landulf I dari Benevento, yang mengasosiasikannya dengan pemerintah pada bulan Juni 910 atau 911 (karena ayah mereka sendiri, Atenulf I, telah mengasosiasikan Landulf satu dekade lebih awal).

Pada tahun 909, Landulf pergi ke Konstantinopel untuk menerima gelar-gelar anthypatos dan patrikios dan Atenulf tinggal namun menerima layaknya suatu penobatan. Atenulf ambil bagian di dalam Perang Garigliano pada tahun 915 dan kampanye melawan Bizantium pada tahun 921 di Apulia, sampai sejauh Ascoli. Ia terus berperang dengan Bizantium, bahkan memanggil para pedagang bangsa Hongaria di bawah kepala suku yang bernama Szovard (yang di Italikan sebagai Salardo). Pada tahun 929, dengan Landulf, Guaimar II dari Salerno, dan Theobald dari Spoleto, ia menyerang Apulia dan Calabria sekali lagi. Kali ini, semuanya tidak berhasil dan aliansi lama menjadi hancur.

Ia meninggal pada tahun 940. Ia meninggalkan seorang istri dan 2 orang putra: Landulf, yang merebut Salerno pada tahun 973, dan Atenulf, gastald dari Aquino.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: IV Arconati – Bacaredda. Rome, 1962.
Didahului oleh:
Landulf I
Pangeran Benevento dan Capua
911–940
Memimpin bersama dengan Landulf I
Diteruskan oleh:
Landulf I dan Landulf II