Atenuator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Atenuator adalah suatu jaringan resistor yang berfungsi menurunkan tegangan, arus atau daya dengan perbandingan yang tetap. Atenuator banyak dipakai dalam instrumen ukur, generator isyarat dan sistem komunikasi.

Jenis-jenis atenuator[sunting | sunting sumber]

Pembagi potensial[sunting | sunting sumber]

Pembagi potensial biasa merupakan contoh tentang atenuator sederhana. v_o=v_i\left(\frac{R_2}{R_1+R_2}\right) dan atenuasi \begin{align}N&=\frac{v_i}{v_o}\\ &=\frac{R_1+R_2}{R_2}\end{align}

Rangkaian demikian itu dapat dipakai untuk penjodohan isyarat dari sumber impedansi tinggi dangan beban impedansi rendah. Atau jika letak R1 dipindah ke keluaran, maka atenuator akan menjadi pembagi arus dan akan menjodohkan beban impedansi tinggi dengan sumber impedansi rendah. Tetapi biasanya atenuator dipersyaratkan agar tidak memengaruhi hubungan impedansi antar kalang, yaitu atenuator yang mempunyai impedansi karakteristik masukan dan keluaran yang sama.

Atenuator T[sunting | sunting sumber]

N=\frac{R_0+R_1}{R_0-R_1} R_1=R_0\left(\frac{N-1}{N+1}\right) R_2=R_0\left(\frac{2N}{N^2-1}\right) disini R0 adalah impedansi karakteristik yaitu R_0=\sqrt{\left(R_1^2+2R_1R_2\right)}.

Atenuator \Pi[sunting | sunting sumber]

N=\frac{R_2-R_0}{R_2+R_0} R_1=R_0\left(\frac{N^2-1}{2N}\right) R_2=R_0\left(\frac{N+1}{N-1}\right) R_0=\sqrt{\frac{R_1R_2^2}{R_1+2R_2}}

Atenuator terjembatani-T[sunting | sunting sumber]

Suatu atenuator simetris yang berguna dalam penyediaan atenuasi variabel. R_v1=R_0(N-1) R_v2=\frac{R_0}{N-1}
Untuk mencapai atenuasi variabel, Rv1 dan Rv2 harus dikumpulkan menjadi satu dan keduanya harus mempunyai hukum logaritma.