Atamerica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Suasana di bagian dalam Atamerica

Atamerica atau juga lazim ditulis @america adalah pusat kebudayaan Amerika Serikat yang terletak di lantai 3 Pacific Place, SCBD, Jakarta. @america resmi didirikan pada Desember 2010 dengan tujuan mengenalkan Amerika Serikat melalui diskusi, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran.

Pusat kebudayaan ini adalah yang pertama kali di dunia yang dibangun dengan teknologi canggih. Pengunjung bisa mengakses informasi melalui layar sentuh berukuran lebar, penggunaan ipad dan jaringan wifi secara cuma-cuma, panggung pertunjukan dengan layar presentasi, layar live tweeting, dan mesin Google Earth ukuran raksasa yang disebut Liquid Galaxy yang memungkinkan pengunjung mengeksplorasi seisi bumi, antariksa, hingga kedalaman laut.

Mesin Google Earth raksasa di @america

Seluruh event di @america bebas pendaftaran dan tidak dipungut bayaran.

Partisipasi[sunting | sunting sumber]

Perhelatan budaya dan kesenian Indonesia di Atamerica

Walaupun merupakan pusat kebudayaan dari negara lain dan merupakan bagian dari program Kedutaan Besar Amerika Serikat, @america memberi kesempatan berbagai komunitas dan pembicara dari Indonesia untuk ikut tampil setiap harinya. Selain juga tentunya pertunjukan dan pembicara dari tokoh dan komunitas di Amerika Serikat, @america juga memberi informasi mengenai kehidupan para muslim di Amerika Serikat yang hidup dalam damai dan kerukunan, selain juga berbagai tokoh yang mewarnai perjalanan sejarah Amerika Serikat.

@america juga menerima kunjungan dari berbagai sekolah, madrasah, dan institusi pendidikan lainnya.

Pengunjung[sunting | sunting sumber]

Pada 14 Januari 2012, @america mencatat kunjungan lebih dari 100 ribu orang.[1].

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Pengunjung diperiksa melalui pintu tebal dalam barisan satu arah dan diperiksa dengan metal detektor sebanyak dua kali. Seluruh barang bawaan dan tas wajib dititipkan di loker tembus pandang sebelum memasuki ruang tunggu. Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman ke dalam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Artikel 100.000 Pengunjung Datang ke Pusat Kebudayaan Amerika Bisa diunduh dari situs ini

Pranala luar[sunting | sunting sumber]