Astro Ria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Astro Ria
Jenis Televisi swasta
Negara Bendera Malaysia Malaysia, Bendera Brunei Brunei
Ketersediaan Kebangsaan
Tanggal peluncuran 1996
Pemilik Astro
Situs web resmi www.astro.com.my

Astro Ria adalah siaran TV berbahasa Melayu yang mengudara selama 24 jam bagi, dan merupakan siaran TV dari perusahaan Astro. Saluran yang ada sejak Astro diluncurkan ini berada di saluran 104 Astro di Malaysia (sebelumnya di saluran 2, kemudian saluran 4) . Astro Kristal adalah paket untuk wilayah Brunei. Saluran ini termasuk dalam paket Astro Keluarga bersama saluran Melayu lain seperti Astro Prima, Astro Oasis, dan Astro Aruna yang merupakan saluran dengan layanan bahasa Indonesia.

Astro Ria menawarkan berbagai acara seperti drama Melayu, film, acara realitas, olahraga, wawancara, kartun, konser, sitkom, acara dokumenter, acara masakan, kuis, dan lain-lain. Astro Ria juga menyiarkan berbagai acara tahunan tentang penghargaan dalam dunia hiburan seperti penyiaran Anugerah Era, Festival Film Malaysia, Anugerah Seri Angkasa, dan pernah menyiarkan Perhimpunan Agung UMNO secara langsung dari Pusat Dagangan Dunia Putra (PWTC).

Astro Ria telah sukses menghasilkan banyak pembawa acara, penyanyi, dan bintang film terkenal di Malaysia.

Akademi Fantasia telah menarik penonton Melayu di Malaysia dan Brunei untuk menonton Astro Ria. Saat ini, Akademi Fantasi telah memasuki musim ke-5. Menurut Nielsen Media Index pada 2006, saluran Astro Ria merupakan sebuah saluran Astro yang mempunyai jumlah penonton tertinggi pada saluran yang disediakan Astro selain Astro Wah Lai Toi.

Pada Mei 2002, Astro Ria telah mewujudkan Berita Bloomberg Ria yang merupakan berita Bloomberg versi bahasa Melayu. Pada 2004, Astro dan Bloomberg telah bekerjasama untuk membuat siaran Berita Astro.

Pada 15 April 2007, siaran berita Bernama TV mulai mengudara dari Wisma Bernama di Astro Ria setiap jam 8.30 malam. Pada 1 Oktober 2007, saluran Astro Ria diubah ke saluran 104.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]