Federasi Sepak Bola Yunani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Federasi Sepak Bola Yunani
UEFA
Didirikan14 November 1926; 97 tahun lalu (1926-11-14)
Kantor pusatAthena
Bergabung dengan FIFA1927
Bergabung dengan UEFA1954
PresidenTakis Baltakos
Websitewww.epo.gr

Federasi Sepak Bola Hellenic (HFF), juga dikenal sebagai Federasi Sepak Bola Yunani (Yunani: Ελληνική Ποδοσφαιρική Ομοσπονδία; ΕΠΟ, translit. Ellinikí Podosferikí Omospondía; EPO) adalah badan pengendali sepak bola di Yunani.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Federasi Sepak Bola Hellenic (HFF) didirikan pada 14 November 1926 berdasarkan keputusan tiga Persatuan utama negara: Athena, Piraeus dan Thessaloniki. Landasannya menandai organisasi sepak bola Yunani yang memenuhi standar internasional. Sejak itu, HFF telah berkembang menjadi federasi olahraga terbesar di Yunani, karena sepak bola di negara tersebut dianggap sebagai "raja olahraga"[1] karena menjadi yang pertama dalam preferensi penggemar olahraga.

HFF dianggap sebagai badan hukum swasta dan organisasi nirlaba dengan kantor terdaftar di Athena. Ini adalah satu-satunya badan yang memenuhi syarat secara eksklusif[1] di Yunani untuk mewakili kepentingan sepak bola Yunani dan melarang diskriminasi politik, agama, atau ras.

Pada tahun 1927, HFF menjadi anggota FIFA[1] dan pada tahun 1954 menjadi salah satu anggota pertama UEFA. Di antara kewajibannya sebagai anggota badan olahraga internasional, HFF menerima undang-undang, peraturan, arahan dan keputusan yang dikeluarkan oleh FIFA dan UEFA. HFF juga harus memastikan bahwa mereka diterima oleh semua individu dan klub di sepak bola Yunani.

Pada tanggal 3 Juli 2006, FIFA memutuskan HFF gagal mematuhi prinsip undang-undang FIFA mengenai independensi politik FIFA. Oleh karena itu, HFF ditangguhkan tanpa batas waktu dari sepak bola internasional. Sebagai tanggapan, pejabat Yunani mengusulkan perubahan undang-undang FIFA. Namun, FIFA memutuskan bahwa hal itu juga merupakan campur tangan pemerintah dalam hal-hal yang seharusnya berada di bawah yurisdiksi federasi sepak bola. Dengan demikian, FIFA menyimpulkan Yunani tidak akan mampu memenuhi batas waktu 15 Juli 2006 dan karena itu harus ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut. Penangguhan ini berarti klub-klub Yunani tidak diperbolehkan berpartisipasi dalam kompetisi internasional, dan Tim nasional Yunani tidak dapat berpartisipasi dalam pertandingan internasional.[2][3] Ada juga keraguan mengenai apakah Final Liga Champions 2007 akan tetap dimainkan di Stadion Olimpiade Athena sesuai jadwal sebelumnya.[4]

Pada bulan April 2013, HFF mengumumkan kemitraan barunya dengan Nike, yang juga menjadi pemasok resmi pakaian dan perlengkapan untuk tim nasional Yunani. Menjelang pengumuman, Giorgos Sarris memuji kemitraan baru ini[5], dan berharap bahwa "ini akan berkontribusi pada kemajuan sepak bola domestik secara keseluruhan".

Tonggak sejarah[sunting | sunting sumber]

  • 1926: Yayasan Federasi Sepak Bola Hellenic
  • 1927: Federasi Sepak Bola Hellenic menjadi anggota FIFA
  • 1954: Federasi Sepak Bola Hellenic menjadi salah satu anggota pendiri UEFA
  • 2004: Timnas Yunani juara UEFA Euro 2004

Peristiwa sejarah[sunting | sunting sumber]

HFF telah menyelenggarakan acara sepak bola besar dengan sukses. "Momen" terpenting bagi klub yang berpartisipasi adalah:

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Timnas Putra[sunting | sunting sumber]

U-21 Putra[sunting | sunting sumber]

U-19 Putra[sunting | sunting sumber]

Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Badan ini menyelenggarakan beberapa kompetisi di Yunani, yakni:

Tim nasional[sunting | sunting sumber]

Badan ini juga merupakan badan pengendali dari 5 tim nasional di Yunani, yakni:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "History of Greek Football". Diakses tanggal 31 October 2014. 
  2. ^ "FIFA.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 July 2006. 
  3. ^ "Sky Sports - Fifa suspend Greece". Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 March 2007. Diakses tanggal 26 December 2020. 
  4. ^ "MasterCard – Global Leading Company in Payment Solutions Offering Credit, Debit, Prepaid Cards & More". Diakses tanggal 27 February 2016. 
  5. ^ "Nike and Hellenic Football Federation announce partnership". 10 April 2013. Diakses tanggal 31 October 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]