Asosiasi Pengarah Berita Radio dan Televisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Asosiasi Pengarah Berita Radio-Televisi (Radio-Television News Directors Association, disingkat RTNDA) adalah nama untuk dua organisasi profesi di Kanada dan Amerika Serikat. Kedua organisasi ini beranggotakan pendidik, eksekutif, produser, dan pengarah berita radio, televisi, dan media daring. Perbedaan antara RTNDA di Kanada dan di Amerika Serikat adalah pada fungsinya. Di Kanada, RTNDA dapat meminta tanggung jawab jurnalis penyiaran atas perbuatan yang mereka lakukan. Sebaliknya, fungsi utama RTNDA di Amerika Serikat adalah untuk mengamankan hak kebebasan berbicara bagi jurnalis penyiaran.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

RTNDA didirikan tahun 1946 sebagai organisasi profesi yang menetapkan standar bagi bidang jurnalisme penyiaran, membela Amandemen Pertama ketika media penyiaran sedang terancam. Organisasi ini memiliki lebih dari tiga ribu anggota.

Setiap tahunnya sejak 1971, RTNDA memberikan Penghargaan Edward R. Murrow yang merupakan pengakuan atas keunggulan di bidang jurnalisme elektronik. Murrow dikenal dengan pidato sambutan di acara RTNDA yang diadakan untuk menghormatinya. Ia mengecam jaringan televisi pada masa itu yang menurutnya hanya menekankan pada hiburan yang populer, dan bukan acara penerangan atau berita. Pidato Murrow dijadikan tema film produksi tahun 2005, Good Night, and Good Luck..

Kanada[sunting | sunting sumber]

RTNDA didirikan tahun 1962 sebagai organisasi industri yang menetapkan standar bagi bidang jurnalisme penyiaran yang sedang berkembang di Kanada. Kode etik RTNDA ditetapkan oleh CBSC yang membuat keputusan berdasarkan pengaduan yang diterima sehubungan penyiaran radio dan televisi.

Sejumlah 400 stasiun televisi menjadi anggota RTNDA.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]