Asi kumis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Asi Kumis)
Asi Kumis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
M. magnirostre
Nama binomial
Malacopteron magnirostre
(Moore, 1854)

Asi kumis (Malacopteron magnirostre) adalah spesies burung dari keluarga Pellorneidae.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Burung ini berukuran sekitar 16 cm, berwarna cokelat dengan ekor merah karat, mahkota cokelat buram, dan kumis abu-abu gelap lebar (terlihat hitam di lapangan), kontras dengan tenggorokannya yang putih. Ras Kalimantan mempunyai kepala yang berwarna jelaga. Kekang dan sisi kepala abu-abu, tubuh bagian bawah putih keabu-abuan dengan burik abu-abu kecokelatan pada dada. Burung remaja kumisnya kurang jelas. Iris cokelat gelap, paruh abu-abu krem, kaki kebiruan.

Tempat hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Burung ini termasuk tipe penetap yang cukup dikenal di hutan dataran rendah sampai ketinggian 800 mdpl di Sumatra dan 1220 m di Kalimantan. Mengembangkan bulu di mahkota dan tenggorokan bila gembira. Hidup di tajuk tengah dan bawah hutan rawa, pingir hutan, dan daerah bersemak terutama di hutan tropis berdaun lebar yang alami sampai hutan tebangan. Memakan serangga, mencari makan di dedaunan tajuk tengah hutan. Biasanya terlihat dalam kelompok kecil, kadang bergabung dengan jenis lain. Musim berbiak Oktober-Januari di Kalimantan, dan Februari-Agustus di Asia daratan dan Sumatra. Sarang berbentuk mengkuk kecil yang terbuka, pada pohon kecil dengan ketinggian sarang 1 m

Penyebaran dan ras[sunting | sunting sumber]

Penyebaran Asi Kumis mencakup Semenanjung Malaysia, Sumatra (termasuk Kep. Lingga), dan Kalimantan (termasuk Anambas). Terdiri dari dua sub-spesies:

  • magnirostre (F. Moore, 1854) – Ujung selatan Myanmar, Thailand barat & selatan, Semenanjung Malaysia (termasuk P. Tioman), Kep. Anambas, Singapura dan Sumatra.
  • cinereocapilla (Salvadori, 1868) – Kalimantan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Malacopteron magnirostre". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  • Collar, N. J. & Robson, C. 2007. Family Timaliidae (Babblers) pp. 70 – 291 in; del Hoyo, J., Elliott, A. & Christie, D.A. eds. Handbook of the Birds of the World, Vol. 12. Picathartes to Tits and Chickadees. Lynx Edicions, Barcelona.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]