Aruh Madihin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aruh Madihin adalah suatu upacara ritual oleh Pamadihinan yaitu pelaku kesenian Madihin salah satu kesenian tradisional suku Banjar yang dilakukan dengan maksud untuk memperbarui tuah magis dari 'pulung' yang ada pada diri sang Pamadihinan.

Konon, Pulung harus diperbarui setiap tahun sekali, jika tidak, tuah magisnya akan hilang tak berbekas. Proses pembaruan Pulung dilakukan dalam sebuah ritus adat yang disebut Aruh Madihin.

Tata Cara:[sunting | sunting sumber]

Aruh Madihin dilakukan pada setiap bulan Rabiul Awal atau Zulhijah. Menurut Saleh dkk (1978:131), Datu Madihin diundang dengan cara membakar dupa dan memberinya sesajen berupa nasi ketan, gula kelapa, 3 biji telur ayam kampung, dan minyak likat baboreh. Pamadihinan yang melakukan Aruh Madihin adalah orang yang secara genetika masih mempunyai hubungan darah dengan Datu Madihin. Datu Madihin yang menjadi sumber asal usul Pulung diyakini sebagai seorang tokoh mistis yang bersemayam di Alam Banjuran Purwa Sari, alam pantheon yang tidak kasat mata, tempat tinggal para dewa kesenian rakyat dalam konsep kosmologi tradisional etnis Banjar di Kalsel. Jika Datu Madihin berkenan memenuhi undangan, maka Pamadihinan yang mengundangnya akan kesurupan selama beberapa saat.[1]

Pada saat kesurupan, Pamadihinan yang bersangkutan akan menuturkan syair-syair Madihin yang diajarkan secara gaib oleh Datu Madihin yang menyurupinya ketika itu. Sebaliknya, jika Pamadihinan yang bersangkutan tidak kunjung kesurupan sampai dupa yang dibakarnya habis semua, maka hal itu merupakan pertanda mandatnya sebagai Pamadihinan telah dicabut oleh Datu Madihin. Tidak ada pilihan bagi Pamadihinan yang bersangkutan, kecuali mundur teratur secara sukarela dari panggung pertunjukan Madihin.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Studio, Aldiskatel (2019-03-16). "Madihin, Diantara Panggung Hiburan dan Kekuatan Supranatural Pulung". Kanal Kalimantan. Diakses tanggal 2023-02-12. 

Sumber Rujukan: Tajuddin Noor Ganie, 2006. Jatidiri Puisi Rakyat Etnis Banjar Berbentuk Madihin dalam buku Jatidiri Puisi Rakyat Etnis Banjar di Kalsel, Penerbit Rumah Pustaka Folklor Banjar, Jalan Mayjen Soetoyo S, Gang Sepakat RT 13 Nomor 30, Banjarmasin, 70119).Suku Banjar