Arthur Hastings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kapten Arthur Hastings adalah seorang tokoh fiksi. Dia adalah rekan kerja dan sahabat kental Hercule Poirot, detektif Belgia ciptaan Agatha Christie. Dia diperkenalkan pertama kali pada novel berjudul The Mysterious Affair at Styles (Pembunuhan di Styles) dan muncul di banyak novel berikutnya yang menampilkan cerita Poirot, seringkali sebagai narator.

Poirot bertemu Hastings hampir sesaat setelah kedatangannya di Inggris, dan keduanya kemudian menjadi sahabat sejati. Hastings, yang tidak memiliki bakat detektif, melayani Poirot sepenuh hati. Sebagai seorang mantan perwira Angkatan Bersenjata Inggris di Perang Dunia I, dia berani luar biasa dan sering dimanfaatkan oleh Poirot untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan fisik seperti menangkap dan mengatasi kriminal. Meskipun sering kali mengejek Hastings yang kadang-kadang kurang cepat berpikir, sangat kentara bahwa Poirot senang ditemani oleh sang Kapten. Sebelum Hastings menikah, kedua orang ini bahkan tinggal di flat yang sama.

Sosok Hastings menggambarkan pria Inggris tradisional—tidak terlalu cerdas tetapi tidak lekas puas, sebuah gambaran di era Victoria yang selalu peduli akan "fair play". Dia bersifat ksatria, seperti biasanya, dan gampang tergagap saat menghadapi wanita dengan rambut cokelat kemerahan (sesuatu yang sering menjadi bahan pertengkaran dengan Poirot). Dia akhirnya menikahi gadis cantik berambut cokelat kemerahan, Dulcie Duveen. Mereka bertemu dalam cerita Murder on the LinksLapangan Golf Maut. Dia kemudian pindah ke sebuah peternakan di Argentina, dan mengunjungi Poirot secara teratur.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]