Hia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Artemisia vulgaris)
Hia
Artemisia vulgaris

Tumbuhan
Jenis buahBuah kurung
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladcampanulids
OrdoAsterales
FamiliAsteraceae
SubfamiliAsteroideae
TribusAnthemideae
SubtribusArtemisiinae
GenusArtemisia
SpesiesArtemisia vulgaris
Linnaeus, 1753

Hia, baru cina, atau rumput gajah (Artemisia vulgaris) adalah suatu spesies dalam genus Artemisia. Dalam bahasa Inggris, sebagian besar tanaman dalam genus tersebut, terutama tumbuhan hia ini disebut mugwort. Tumbuhan ini telah digunakan sebagai tumbuhan obat dan bahan masakan.

Hia merupakan tumbuhan asli pada daerah iklim sedang di Eropa, Asia, Afrika Utara dan Alaska serta bernaturalisasi di Amerika Utara,[1] di mana kadang dianggap sebagai hama invasif. Umumnya tumbuh pada tanah nitrogenous (mengandung banyak nitrogen), seperti pada area berhama dan tidak diolah, seperti tempat-tempat penimbunan sampah atau pinggir jalan.

Sejumlah spesies Lepidoptera (kupu-kupu dan ngengat) hidup dengan memakan daun dan bunga tumbuhan ini.

Nama[sunting | sunting sumber]

Bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

Nama umum : Hia,[2] baru cina[3]
Nama daerah : Baru cina, daun sundamala, daun manis (Melayu); beunghar kucicing, lokatmala (Sunda); suket gajahan, rumput gajah (Jawa Tengah); Kolo (Halmahera); Goro-goro cina (Ternate);[3] Hia[4][5][6][7]

Bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

Nama umum : Mugwort[8]
Panggilan : Felon herb, chrysanthemum weed, wild wormwood, old Uncle Henry, sailor's tobacco, naughty man, old man atau St. John's plant (tidak sama dengan St John's wort).[9]

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Habitus berupa semak menahun, berambut halus, tegak dengan tinggi di atas 2 m dan berbau tajam.[3] Jarang mencapai ketinggian 2,5 m.

Batang berkayu, bulat, bercabang, putih susu.[3] Seringkali ada warna ungu kemerahan.

Daun tunggal, tersebar, berbagi menyirip, berbulu, panjang 8-12 cm, lebar 6-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan daun atas hijau, permukaan bawah keputih-putihan.[3], karena bagian bawah daun berbulu lebat (tomentose) putih.

Bunga merupakan bunga majemuk, kecil-kecil (lebar 5 mm), warna kuning muda berbentuk bonggol tersusun dalam rangkaian berbentuk malai (radially symmetrical) yang tumbuh menunduk, keluar dari ketiak daun. Ujung tangkai benang sari berwarna kuning, kepala putik bercabang dua, berwarna ungu kecoklatan.[3] "Capitula" (kepala bunga) sempit dan banyak jumlahnya, mencuat dalam "racemose panicles". Biasa berbunga dari bulan Juli sampai September.

Buah kecil-kecil, berbentuk jarum, berwarna coklat.[3]

Akar tunggang berwarna kuning kecoklatan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ USDA PLANTS Database, "Profile for Artemisia vulgaris," http://plants.usda.gov/java/profile?symbol=ARVU .
  2. ^ (Indonesia) Arti kata hia dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. ^ a b c d e f g h Badan POM RI - Direktorat Obat Asli Indonesia 200811 - Artemisia vulgaris L.
  4. ^ KBBI - hia
  5. ^ Ulangan 29:18
  6. ^ Ratapan 3:15
  7. ^ Ratapan 3:19
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BSBI07
  9. ^ "Ohio Perennial and Biennial Weed Guide: Mugwort Artemisia vulgaris". Ohio Agricultural Research and Development Center, Ohio State University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-19. Diakses tanggal 2015-02-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]