Art Attack

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Art Attack
PembuatNeil Buchanan
Tim Edmunds
SutradaraTim Edmunds
Jeremy Cross
Nick Bigsby
Peter Eyre
Clare Michel
Richard Bradley
Jeremy Swan
PresenterNeil Buchanan
Lagu pembukaMr Miller & Mr Porter
Lagu penutupMr Miller & Mr Porter (Reprise)
Negara asal Britania Raya
Produksi
Produser eksekutifJ Nigel Pickard
Sandy Ross
Elizabeth Partyka
Adrian Edwards
Neil Buchanan
Tim Edmunds
ProduserTim Edmunds
Helen Dawson
Nic Ayling
Helen Evans
Driana Jones
Louise Lamb
Durasi20 menit
Rilis asli
JaringanITV
Rilis1989 –
2007
Qi Razali, pembawa acara Art Attack Asia musim 1-3
Marco, pembawa acara Art Attack Asia musim 4

Art Attack merupakan sebuah seri televisi anak dari Britania mengenai seni. Merupakan salah satu program anak ITV yang paling lama berjalan, dari 1989 hingga 2007. Pembawa acaranya ialah Neil Buchanan. Acara ini melibatkan Buchanan membuat tiga atau empat karya seni, membawa penonton kepada tahap-tahap pembuatan. Aslinya mengudara selama lima belas menit tetapi diperpanjang menjadi dua puluh menit pada seri 11.

Ia sering memperlihatkan sebuah bagian acara dengan menampilkan karya seni yang sudah jadi, sambil mengatakan "Come have a look at this!!". Kemudian sebuah bagian melibatkan pengecatan atau perekatan atau apapun yang membutuhkan waktu untuk mengering atau jadi, ia meletakkan bagian itu — dengan beberapa sentuhan cat atau sebagian — di sisi lain dan mengatakan, "and then you'll have something that looks like this". Pekerjaannya dirancang agar anak dapat mengikuti teknik dan membuat sendiri, dan memasukkan beberapa tambahan, contohnya 'Lolly Lettering' (suatu tipe kaligrafi menggunakan tangkai permen loli) dan menggunakan kardus sebagai palet lukis untuk membuat lukisan sebuah kapal laut. Di beberapa episode, ia membuat sesuatu yang memerlukan banyak koran yang digulung dan papier-mâché (gabungan lem PVA dan air), seperti 'Dinosaur Banks'.

Setelah ia selesai menjelaskan karyanya, ia mengatakan kalimat "Try it yourself" yang terkenal kepada pemirsa.

Salah satu karya Art Attack yang paling terkenal adalah Big Art Attack. Merupakan karya seni yang dibuat Buchanan dengan ukuran besar, seringnya pada lapangan, tanah beraspal dan sejenisnya. Salah satu karya terkenalnya adalah 'gambar' Ratu Elizabeth II yang dibuat dari uang pecahan £10 senilai £250.000. Pada episode khusus Natal Art Attack, Buchanan merancang big art attack berbentuk pemandangan New York, dengan apartemen yang sebagian menyalakan lampu untuk membuat suasana Natal. Juga 'The Head', sebuah batu animasi tertawa dan . Meskipun ia mengikuti instruksi Neil, ia sering membuatnya menjadi salah. Pada seri 1, The Head dimainkan oleh Steve Sweeney, di seri 2, Andrew O'Connor dan yang ke-3 oleh Francis Wright. Tidak muncul lagi di seri 13 dan mulai seri ke-17 hingga seterusnya.

Program itu merupakan produksi asli TVS, dijalankan oleh dua karyawan TVS, Neil Buchanan dan Tim Edmunds. Buchanan dan Edmunds bertemu di Southern Television pada tahun 1978, dan kerja bersama di No.73 dan Do It. Plot Art Attack direkam di lokasi pada kolam renang tak terpakai di Gillingham, Kent pada tahun 1988, dan serinya dimulai pada tahun berikutnya. Ketika TVS kehilangan waralabanya, Edmunds dan Bucahanan membuat program tersebut melalui perusahaan mereka, The Media Merchants. The Media Merchants membuat acara untuk SMG Productions (Televisi Skotlandia). Pada waktu itu (1992), karyawan bekas TVS lainnya, Peter Urie membentuk sebuah perusahaan manajemen produksi, Television Support Services. Television Support Services mengelola semua produksi Media Merchants. Acara tersebut direkam di The Maidstone Studios, Maidstone, Kent. ITV mengumumkan pembatalan seri acara pada bulan Juli 2007.[1]

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Art Attack Buchanan menghabiskan biaya senilai £700 untuk membuatnya seperti terbuat dari material khusus. Ini dikarenakan kamera TV mulai bertingkah ketika mereka mengambil bahan dasar berwarna merah.[2]
  • Di Amerika Latin, judulnya menjadi "Disney's Art Attack" dan disiarkan di "Disney Channel Latin", pertama oleh Rui Torres kemudian Jordi Cruz dan Buchanan hanya muncul pada bagian kedua acara, pada segmen ketika ia membuat "Big Art Attack" di lantai.
  • Di Taiwan, dialih suara ke bahasa Mandarin. Buchanan membawakan acara sampai habis.
  • Art Attack diulang di Disney Channel hingga 2005.
  • Di Jerman, Art Attack dibawakan oleh Benedikt Weber dan mengudara di Toggo dari penyiar Super RTL Jerman. Ketika tangan Neil Buchanan sedang menggambar atau mewarnai, suara Weber terdengar untuk membuat pemirsa seolah-olah Weber yang mengerjakan. Di setiap episode, terdapat sebuah bagian di mana Neil Buchanan membuat karya besar di luar. Weber digunakan untuk mengumumkan karya baru oleh Buchanan, dikatakan "Neil, unser großer Künstler" (Neil, peseni hebat kita) di seluruh seri Jerman, dan merujuk kepadanya. Acara tersebut memunculkan fakta bahwa Buchanan berada di belakang seluruh bagian acara dan ia adalah orang yang membuat karya besar di luar.
  • Di Brasil/Portugal, Art Attack dibawakan oleh Daniel Warren (Brazil), kemudian Pedro Penim (Portugal). Ketika tangan Neil Buchanan sedang menggambar atau mewarnai, suara Daniel/Pedro terdengar untuk membuat pemirsa seolah-olah Daniel/Pedro yang mengerjakan. Pad versi Portugal (dengan Pedro), segmen di mana Neil membuat "Art Attack" di lantai disebut "Max Art Attack" dan di Portugal, Neil disebut "Mãozinhas" (Tangan Kecil).
  • Pada tahun 2011, Disney Channel Asia menayangkan Art Attack versi Asia dibawakan oleh Qi Razali sampai musim ketiga[3] di musim keempat, yang akan mulai ditayangkan bulan Mei tahun 2015, digantikan oleh Marco Borromeo.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Art Attack axed after 18 years". Digital Spy. (2007-07-13). Diakses tanggal 2007-07-13. 
  2. ^ "Bertemu dengan Neil". HitEntertainment.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-26. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  3. ^ Dong, Elaine (14 September 2011). "The Qi of Art Attack" (dalam bahasa Inggris). The Star Online. Diakses tanggal 27 April 2015. 
  4. ^ Lee, Mei Li (8 Mei 2015). "Art Attack is back with a new season" (dalam bahasa Inggris). Star2.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-09. Diakses tanggal 9 Mei 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]