Arnulf dari Holland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Arnulf, Pangeran Belanda)
Langsung ke: navigasi, cari
Arnulf dari Belanda
Pangeran Frisia
[[File:Arnould de Hollande.png|frameless|alt=]]
Arnulf seperti yang digambarkan pada abad ke-16
Masa kekuasaan 988 – 993
Pemakaman Egmond
Pendahulu Dirk II
Pengganti Dirk III
Pasangan Luitgard dari Luksemburg
Anak Dirk III
Siegfried (dikenal sebagai Sicco)
Ayah Dirk II
Ibu Hildegarde dari Flandria


Arnulf, juga dikenal sebagai Aernout atau Arnold menggantikan ayahnya pada tahun 988 sebagai Pangeran Frisia. Ia dilahirkan pada tahun 951 di Ghent dan karena hal ini ia juga dikenal sebagai Arnulf dari Ghent. Arnulf adalah putra Dirk II, Pangeran Belanda dan Hildegard dari Flandria, yang diperkirakan adalah putri Arnulf dari Flandria.

Karier[sunting | sunting sumber]

Arnulf pertama kali disebutkan (bersama dengan orangtuanya) pada tahun 970. Seperti ayahnya, namanya muncul di berbagai dokumen Flandria pada masa itu. Pada tahun 983 Arnulf menemani Kaisar Otto II dan calon Kaisar Otto III dalam perjalanan mereka ke Verona dan Roma. Sebagai seorang pangeran ia mengatur untuk mengembangkan wilayah-wilayahnya menuju ke arah selatan. Arnulf mendonasikan properti kepada Biara Egmond, di antara lainnya Hillegersberg (yang sebelumnya dipanggil Bergan, namun diubah seperti nama ibu Arnulf) dan Overschie, yang kemungkinan dihadiahkan atas aktivitas pembersihan tanah para biarawan Egmond.

Arnulf adalah pangeran pertama yang memiliki konflik dengan Frisia Barat dan pada tahun 993 ia menyerang wilayah mereka, namun pada tanggal 18 September pada tahun itu ia dikalahkan dan tewas di medan perang di dekat Winkel di Friesland Barat. Putranya Dirk masih kanak-kanak pada saat itu, namun jandanya Luitgard dapat mempertahankan wilayah tersebut untuk putranya dengan dukungan pertama-tama dari Kaisar Otto III dan kemudian saudara iparnya, Kaisar Henry II.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Di bulan Mei 980 Arnulf menikahi Luitgard dari Luksemburg, putri Siegfried, Pangeran Luksemburg. Pasangan tersebut memiliki (sedikitnya) 2 orang putra; calon Pangeran Dirk III dan Siegfried (juga dikenal sebagai Sicco). Arnulf, istrinya dan anak-ananknya semuanya dimakamkan di Egmond.

Ia juga memiliki seorang putri, Adelina dari Belanda, yang menikahi Baldwin II, Pangeran Boulogne dan Enguerrand I, Pangeran Ponthieu.

Pada tanggal 20 September 993 Liutgard mendonasikan propertinya di Rugge kepada Biara Saint Peter di Ghent untuk arwah suaminya. Di bulan Juni 1005 ia berdamai dengan Frisia Barat lewat mediasi Kaisar Henry.

Referensi/Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Dirk II
Comte Frisia Vlie Barat
988–993
Diteruskan oleh:
Dirk III