Arnaut Daniel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arnaut Danièl.

Arnaut Danièl (lahir 1150 di Ribérac Dordogne Périgord Aquitaine; meninggal 1200 atau 1210) adalah seorang komponis, penyair dan penyanyi lagu sajak bahasa Occitan (trobador), dipuja Dante sebagai "il miglior fabbro " (pandai besi terbaik) dan disebut sebagai "grand mestre d’amor" (guru besar cinta) oleh Francesco Petrarca. Pada abad ke-20, Ezra Pound dalam bukunya "The Spirit of Romance" (1910) memuji Arnaut Danièl sebagai penyair terbaik sepanjang masa.

Bersumber dari seorang Vida (seseorang yang menulis biografi prosa singkat dalam bahasa Occitan), disebutkan bahwa Arnaut Daniél lahir dari keluarga bangsawan kastil Ribérac di Périgord, sedikit sumber-sumber kontemporer mengatakan bahwa dia seorang pelawak dengan masalah-masalah ekonomi yang merusak. Dia memperoleh pendidikan di letras (yang boleh jadi maksudnya adalah tujuh humaniora liberal, bahasa Latin: Septem artes liberales) atau setidaknya di bagian-bagian Trivium-nya (grammatik, dialektik, retorik). Tetapi kemudian berhenti demi sajak dan menjadi pemain musik dengan membawa lagu sendiri dan lagu orang lain.

Raimon de Dufort yang hidup sezaman dengannya menyebutnya sebagai "murid yang hancur karena permainan dadu". Dia merupakan pencipta sestina, lagu enam bait dengan masing-masing enam baris dengan kata-kata akhir yang sama diulang di setiap bait, meski disusun dalam urutan yang berbeda dan rumit. Longfellow menyatakan bahwa dia pula lah yang mengarang roman Lancillotto, tetapi pernyataan ini tidak sepenuhnya didukung dengan fakta-fakta. Pernyataan Dante mengenai Arnaut Daniél sebagai penulis prose di romanzi (proses percintaan) masih menjadi misteri.