Aristoteles Onassis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Aristotle Onassis)
Aristotle Onassis

Aristoteles Sokrates (Ari) Onassis (dalam alfabet Yunani: Αριστοτέλης Ωνάσης) (15 Januari 1906 – 15 Maret 1975) adalah raja kapal yang paling terkenal pada abad ke-20.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Onassis dilahirkan di Smyrna, Kesultanan Ottoman (sekarang Izmir, Turki) pada sebuah keluarga kelas menengah keturunan Yunani. Pada saat kelahirannya, Smyrna memiliki populasi orang Yunani berjumlah cukup besar dan berkehidupan yang lebih dari cukup. Setelah dikuasai oleh Yunani dari tahun 1919 hingga 1922 sebagai hasil dari kemenangan tentara Sekutu Perang Dunia I, kota tersebut direbut kembali oleh Turki. Akibatnya, Keluarga Onassis kehilangan harta bendanya dan memaksa mereka untuk pindah ke Yunani sebagai pengungsi.

Pada tahun 1923, Aristoteles Onassis meninggalkan Yunani untuk pergi ke Argentina dengan hanya (menurut cerita dari mulut ke mulut) membawa uang 63 dollar. Setelah melalui masa-masa yang sulit, ia mampu menghidupkan kembali bisnis tembakau keluarganya. Pada tahun 1925, ia mendapatkan kewarga-negaraan Argentina dan Yunani. Setelah terlibat dalam berbagai kegiatan wiraswasta dengan semangat dan determinasi untuk sukses, ia akhirnya berhasil menjadi pengusaha kelas dunia setelah mampu mencetak penghasilan satu juta dollar pertamanya dalam usianya ke-25, dengan memiliki kapal-kapal komersial, kapal tanker dan kapal penangkap ikan paus.

Pada tahun 1954, FBI menyelidiki Onassis dengan dugaan penipuan terhadap pemerintah Amerika Serikat. Ia dituduh telah menyalahi aturan kewarganegaraan dalam undang-undang pelayaran dimana diharuskan bahwa kapal-kapal yang mengibarkan bendera Amerika Serikat dimiliki oleh warganegara Amerika Serikat. Onassis mengaku bersalah dan membayar denda tujuh juta dollar.

Onassis mendirikan Olympic Airways (sekarang Olympic Airlines), maskapai penerbangan nasional Yunani, pada tahun 1957.

Perkawinan dan Keluarga[sunting | sunting sumber]

Onassis menikahi Athina Livanos, putri raja kapal Stavros Livanos, pada tanggal 28 Desember 1946. Putra mereka, Alexander (lahir 30 April 1948, wafat 23 Januari 1973) dan putri mereka Christina (lahir 11 Desember 1950, wafat 19 November 1988) kedua-duanya lahir di New York City. Setelah perceraian mereka, Athina menikahi suami saudara perempuannya yang meninggal (dan rival utama Onassis dalam dunia pelayaran), Stavros Niarchos.

Onassis kemudian menikahi diva opera Maria Callas dan Jacqueline Kennedy sebelum akhirnya meninggal dunia dalam usia 69 tahun pada tanggal 15 Maret 1975 di Neuilly-sur-Seine, Prancis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]