Arfa Karim Randhawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arfa Karim Randhawa
Lahir Arfa Karim Randhawa
02 Februari 1995
Bendera Pakistan Faisalabad, Pakistan
Meninggal 14 Januari 2012 (umur 16)
Bendera Pakistan Lahore, Pakistan
Tempat tinggal Lahore
Kebangsaan Bangsa Pakistan
Pendidikan Lahore Grammar School
Pekerjaan Pelajar
Dikenal karena Peraih Sertifikat Profesional Mircosoft pertama dan termuda di dunia 2004 - 2008
Agama Islam

Arfa Karim Randhawa (Bahasa Urdu: ارفع کریم رندهاوا‎) (Lahir di Lahore Pakistan pada tanggal 2 Februari 1995 dan meninggal pada tanggal 14 Januari 2012) adalah seorang pelajar kelahiran Pakistan yang memiliki bakat yang luar biasa dalam bidang komputer. Arfa Karim menjadi orang pertama termuda di dunia yang mendapatkan Microsoft Certified Professional. Gelar itu dia sandang sampai pada tahun 2008. Dia pernah diundang oleh Bill Gates untuk mengunjungi Kantor Pusat Microsoft di Amerika Serikat. Sekembalinya dari Amerika Serikat, pemerintah Pakistan mengganti Pusat IPTEK di Lahore dengan menggunakan nama Arfa Software Technology Park.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Arfa dilahirkan dari keluarga terpandang di wilayah Chak No. 4JB Ram Dewali Kota Faisalabad Provinsi Punjab. Sekembalinya dari Kantor Pusat Microsoft di Amerika Serikat, Arfa banyak diwawancarai oleh koran dan televisi lokal Pakistan. S. Somasegar, seorang wakil presiden dari bagian pengembangan perangkat lunak terkenal menulis secara khusus untuknya di halaman blog pribadi. Pada tanggal 2 Agustus 2005, Arfa dianugrahi pengghargaan Fatimah Jinnah Gold Medal dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diberikan langsung oleh perdana menteri Pakistan pada acara 113 tahun kelahiran Fatimah Jinnah. Arfa mendapat penghargaan Salaam Pakistan Youth Award pada tahun 2005 yang diberikan langsung oleh Presiden Pakistan. Penghargaan tersebut diberikan bagi warga yang memiliki kontribusi bagi negara dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Arfa merupakan orang termuda pertama yang mendapatkan penghargaan ini.

Pembicara di Forum Internasional dan Kesuksesanya[sunting | sunting sumber]

Arfa pernah menjadi pembicara pada beragam forum internasional, dia diundang oleh Forum Pakar Teknologi Informasi Pakistan selama dua minggu di Kota Dubai. Selama perjalananya, dia mendapat banyak penghargaan dan hadiah. Pada perjalanan itu pula dia pernah menerbangkan pesawat dengan bergabung pada sebuah klub penerbang pada usia 10 tahun dan mendapat sertifikat penerbangan. Pada tahun 2006, Arfa menghadiri konferensi Pengembang Teknologi Pendidikan yang diadakan di Kota Barcelona atas prakarsa dari Microsoft. Dia merupakan pengembang software satu-satunya yang mewakili negara Pakistan pada konferensi yang dihadiri oleh lebih dari 5000 pengembang software di seluruh dunia.

Penyakit Epilepsi dan Kematianya[sunting | sunting sumber]

Di tahun 2011 tepatnya pada usia 16 tahun, Arfa Karim menempuh pendidikan di Lahore Grammar School, pada tahun ke-2 masa pendidikanya dia menderita serangan jantung yang sebelumnya mengalami kejang-kejang akibat penyakit epilepsi yang juga menyerang organ otak. Pada saat itu tepatnya 22 Desember 2011 Arfa Karim di bawah ke Rumah Sakit Militer Terpadu di Kota Lahore dalam keadaan kritis.

Pada 9 Januari 2012 pemilik Micorosoft Bill Gates memberi perhatian khusus dengan menunjuk langsung dokter pribadinya untuk mengambil langkah apapun demi kesembuhan Arfa Karim. Bill Gates mengadakan pembicaraan langsung jarak jauh dengan dokter-dokter internasional dan dokter lokal Pakistan. Dalam pembicaraan tersebut diungkapkan penyakit serta upaya penyembuhanya. Dokter-dokter internasional tersebut menganjurkan untuk pindah rumah sakit, tapi dokter lokal menolak dengan alasan karena Arfa dalam ventilator serta dalam kondisi yang kritis. Keluarga dan kerabat Arfa sangat memuji upaya Bill Gates yang memberikan perhatian dan juga bantuan untuk pengobatan Arfa.

Pada tanggal 13 Januari 2012, Arfa Karim menunjukkan tanda membaik. Beberapa bagian organ otaknya menunjukkan perkembangan yang lebih baik. Ayahnya Amjad Karim Randhawa mengatakan bahwa Perusahaan Microsoft kemungkinan akan membawa Arfa ke Amerika Serikat untuk pengobatan.

Pada Januari 2012, Arfa yang berusia 16 tahun meninggal pada jam 9:50 Malam Waktu Pakistan di Rumah Sakit Militer Terpadu di Lahore Pakistan.

Kutipan Arfa Karim[sunting | sunting sumber]

Walaupun usia yang masih sangat muda Arfa Karim memiliki pandangan yang luas dalam pengembangan teknologi juga dalam cara pandangnya. Sebuah ungkapan yang pernah dia sampaikan di depan media. Salah satu unngkapan yang paling terkenal yaitu "Jika Anda ingin membuat sesuatu yang yang besar di dalam kehidupanmu, Anda harus ingat bahwa rasa malu hanya ada di dalam pikiran. Jika Anda berfikir malu, tindakanpun akan mengikuti, jika Ada percaya diri maka Anda akan mampu untuk percaya diri".

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Biography of Arfa Karim Randhawa
Youngest Microsoft Certified Engineer Passes Away