Appianos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Appianus)
Infobox orangAppianos

Nama dalam bahasa asli(grc) Ἀππιανός Ἀλεξανδρεύς
Biografi
Kelahirank. 95 M
Aleksandria
Kematiank. 165 (69/70 tahun)
Roma
Prokurator
Kegiatan
SpesialisasiSejarah, pelayanan publik dan literary activity (en)
Pekerjaansejarawan, pengacara, penulis, pegawai negeri sipil
PeriodeHigh Roman Empire (en)
Karya kreatif
Karya terkenal

Appianos dari Aleksandria (bahasa Yunani Kuno: Ἀππιανός Ἀλεξανδρεύς, Appianós Alexandreús; bahasa Latin: Appianus Alexandrinus; sek. 95 Msek. 165 M) adalah sejarawan Romawi dari etnis Yunani yang hidup pada masa kaisar Trajanus, Hadrianus, dan Antoninus Pius.

Dia lahir sekitar tahun 95 di Aleksandria. Setelah menjadi pejabat di provinsi Aegyptus (Mesir), dia pergi ke Roma sekitar tahun 120, di sana dia menjadi advokat, membela kasus di hadapan kaisar Romawi (kemungkinan sebagai advocatus fisci),[1] dan setidaknya pada thun 147 dia ditunjuk sebagai procurator, kemungkinan di Mesir, atas rekomendasi kawannya Marcus Cornelius Fronto, seorang cendekiawan terkenal.

Karya utamanya yang masih ada adalah Ῥωμαϊκά, dalam bahasa Latin dikenal sebagai Historia Romana, yang ditulis dalam bahasa Yunani dan terdiri atas 24 buku, yang mengisahkan berbagai tokoh penting dalam sejarah Romawi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b White, Horace (1912). "Introduction". Appian's Roman History. Cambridge, Mass: The Loeb Classical Library. hlm. vii–xii. ISBN 0-674-99002-1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]