Anugerah Cinta

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anugerah Cinta
Genre
SkenarioSerena Luna
CeritaAshveri Kumar
SutradaraSridhar Jetty
Pemeran
Penggubah lagu temaIndah Dewi Pertiwi
Lagu pembuka"Mengapa Cinta" oleh Indah Dewi Pertiwi
Lagu penutup"Mengapa Cinta" oleh Indah Dewi Pertiwi
Penata musikPurwacaraka
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode244
Produksi
Produser eksekutifElly Yanti Noor
ProduserLeo Sutanto
SinematografiWelli Juanda
Penyunting
  • Rosario
  • Satria
Pengaturan kameraMulti-kamera
Durasi60—150 menit
Rumah produksiSinemArt
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis asli
JaringanRCTI
Rilis15 Agustus 2016 (2016-08-15) –
22 Januari 2017 (2017-01-22)

Anugerah Cinta adalah serial televisi Indonesia produksi SinemArt yang ditayangkan perdana 15 Agustus 2016 pukul 21.30 WIB di RCTI. Serial ini disutradarai oleh Sridhar Jetty dan dibintangi oleh Irish Bella, Giorgino Abraham, dan Omar Danial.[1][2]

Sinopsis

Naura, gadis sederhana yang tinggal bersama ayah dan adik angkatnya, Suhari dan Oki di sebuah desa yang jauh dari hingar bingar kota. Sehari-hari, Naura membantu ayahnya bertani. Di usianya yang beranjak dewasa, kecantikan Naura menarik perhatian Bang Jaja, rentenir di desanya. Hutang Suhari yang besar kepada Jaja membuat Jaja hendak menikahi Naura segera. Jaja pun mengiming-imingi Suhari jika Naura telah menjadi istrinya hutang Suhari akan dianggap lunas.

Namun, Suhari dan Naura menolak lamaran tersebut. Jaja pun marah besar. Suhari pun menelpon kawan lamanya, Hutomo, untuk mau menolongnya menampung Naura dan Oki selama di Jakarta. Hutomo yang berhutang budi banyak pada Suhari langsung mengiyakan dan berjanji akan mengirimkan SMS alamat rumahnya di Jakarta. Ia bahkan berjanji akan memperlakukan Naura seperti anaknya sendiri. Suhari merasa lega, karena putrinya akan aman.

Ternyata anak buah Jaja ada yang mendengarkan pembicaraan tersebut dan segera melaporkan ke Jaja. Jaja marah besar. Ia pun langsung berusaha mencelakakan Suhari. Awalnya hanya sekadar menggertak, tetapi ternyata berakibat fatal yang mengakibatkan Suhari meninggal dunia, tanpa sempat memberi tahu nama dan alamat temannya di Jakarta. Naura dan Oki sangat kehilangan. Momen itu dimanfaatkan Jaja untuk memaksa Naura menikahinya esok hari.

Naura dan Oki memutar otak bagaimana cara melarikan diri dari kesewenang-wenangan Jaja yang selama ini menghantui kehidupan mereka. Naura dan Oki berhasil kabur dari pengejaran anak Buah Jaja dan melarikan diri ke Jakarta. Di Jakarta, Naura dan Oki tidak tahu harus tinggal di mana. mereka hanya bermodal keyakinan bahwa mereka akan mencari teman ayah mereka yang sebelumnya telah berjanji akan mau membantu mereka. Mereka pun lalu mendatangi sebuah stasiun radio untuk mencoba memberi pengumuman mencari teman ayahnya walaupun dengan informasi seadanya.

Pemeran

Penghargaan dan nominasi

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref.
2016 Silet Awards 2016 Sinetron Tersilet Anugerah Cinta Nominasi
Peran Pembantu Sinetron Tersilet Kiyem (Elly Sugigi)
Theme Song Sinetron Tersilet "Mengapa Cinta" oleh Indah Dewi Pertiwi
Pasangan Sinetron Tersilet Arka & Naura (Giorgino Abraham & Irish Bella) Menang

Kontroversi

Warganet berikan protes dan kecaman

Pada saat penayangan, sinetron Anugerah Cinta sempat diprotes keras oleh beberapa pengguna media sosial dan kecaman warganet tersebut akhirnya membawa sinetron Anugerah Cinta berujung pada pelaporan KPI terkait adegan kekerasan terhadap perempuan yang dilontarkan oleh pemeran antagonis Kinta (Angela Gilsha), Aruni (Natasha Dewanti), Vina (Ria Probo), dan Samsul (Umar Lubis) pada Naura (Irish Bella) yang menjadi pembantu. Pihak KPI pun mengeluarkan surat teguran tertulis untuk sinetron tersebut karena tidak sesuai dengan konten pendidikan usia 6—18 tahun serta buruk untuk mental usia tersebut dan pihak KPI memberikan sanksi tegas sinetron tersebut dengan memotong durasi.

Referensi

  1. ^ "Irish Bella Siap Beradu Akting Dengan Giorgino Abraham di Sinetron Anugerah Cinta". Szaktudas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Agustus 2016. Diakses tanggal 14 Agustus 2016. 
  2. ^ "RCTI Rilis Jadwal Tayang Serial Anugerah Cinta Giorgino Abraham, ART 2 Celine Evangelista Gantikan Descendants of The Sun?". Newsth. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Agustus 2016. Diakses tanggal 14 Agustus 2016. 

Pranala luar