Antonio Maria Valsalva

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Antonio Maria Valsalva
Untuk teknik uji sistem sirkulasi, merujuk pada artikel Manuver Valsava.

Antonio Maria Valsalva (Imola, 17 Januari 1666Bologna, 2 Februari 1723) adalah seorang ahli anatomi berkebangsaan Italia. Karyanya banyak berfokus pada anatomi telinga. Ia yang memberi nama saluran eustachi dan menjabarkan sinus aorta Valsava dalam karya tulisnya yang diterbitkan pada tahun 1740. Namanya diabadikan untuk antrum Valsava dan manuver Valsava, yang digunakan sebagai uji fungsi sistem sirkulasi. Struktur anatomi yang menggunakan namanya seperti otot Valsava dan taeniae Valsavae.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Valsava hidup di masa barok dan merupakan tokoh kontemporer seperti Isaac Newton, komposer Johann Sebastian Bach, dan Molière.

Valsava mempelajari ilmu kemanusiaan, matematika, dan berbagai cabang ilmu alam. Setelah seelsai belajar seni liberal, ia mulai mendalami ilmu kedokteran dan filsafat di Bologna. Ia diajar oleh Marcello Malphigi, yang dikenal sebagai pendiri ilmu anatomi mikroskopik. Valsava lulus dari sekolah kedokteran pada tahun 1687. Tahun 1705, ia ditunjuk sebagai profesor anatomi di Bologna. Ia kemudian dipilih sebagai presiden Akademi Ilmu Alam (Academy of the Sciences). Valsava merupakan guru dari Giovanni Battista Morgagni yang kemudian menyelesaikan karya tulis Valsava dan menerbitkan buku biografi Valsava pada tahun 1740.

Pada 1709, ia memperistri Elena Lisi. Ia kemudian mengalami kemunduran kesehatan, ia kehilangan indera penghidunya. Kemudian ia meninggal karena apopleksi pada 1723.

Valsava dikemubikan pada Gereja San Giovanni di Monte, Bologna. Beberapa barang peninggalan Valsava seperti preparat anatomi disumbangkan ke Institut Ilmu Alam (Institute of Sciences) yang didirikan pada 1711.

Penelitian[sunting | sunting sumber]

Valsava memepelajari dan mengajarkan ilmu alam, ilmu bedah, ilmu anatomi, fisiologi, dan psikiatri atau ilmu kedokteran jiwa. Pada masa mudanya, Valsava berhasil membedah ginjal dari anjing. Ia memberikan saran dan komentar pada pengobatan pasien yang terkan sakit jiwa agar lebih manusiawi.

De aure humana tractatus diterbitkan pada tahun 1704 yang berisi gambaran manuver Valsava dan tes paten pada saluran pendengaran.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]