Antonín Dvořák

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Antonín Dvořák

Antonín Leopold Dvořák (diucapkan:ˈantɔɲi:n ˈlɛɔpɔlt ˈdvɔr̝a:k) (lahir di Nelahozeves, dekat Praha (saat itu wilayah Kekaisaran Austria, 8 September 1841 – meninggal 1 Mei 1904 pada umur 62 tahun) adalah seorang komponis Ceko dari aliran musik romantik. Ia berhasil menggabungkan nada-nada musik rakyat dengan musik simfoni dan musik kamar.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Dvořák dilahirkan pada 8 September 1841 di Nelahozeves, dekat Praha (saat itu wilayah Kekaisaran Austria, kini wilayah Republik Ceko), dan di sana ia melewati sebagian besar masa hidupnya. Ayahnya adalah seorang jagal, pemilik rumah penginapan, dan pemain zither profesional. Sejak awal orangtua Antonín menyadari bakat musiknya, dan ia mendapatkan pendidikan musiknya yang paling pertama di sekolah desa yang mulai ia masuki pada 1847. Ia belajar musik di satu-satunya Sekolah Orgel Praha pada akhir tahun 1850-an, dan pelan-pelan berkembang menjadi seorang pemain biola dan viola yang sukses. Sepanjang tahun 1860-an ia memainkan viola di Orkestra Teater Daerah Bohemia, yang sejak 1866 dipimpin oleh Bedřich Smetana. Karena kebutuhan menambah penghasilannya dengan mengajar, Dvořák hanya punya awktu yang terbatas, dan pada 1871 ia meninggalkan permainannya di orkestra agar ia mempunyai waktu untuk membuat komposisi. Pada saat itu, Dvořák jatuh cinta dengan salah seorang muridnya dan menulis sebuah siklus lagu Cypress Trees, yang mengungkapkan kekecewaannya karena ia telah menikah dengan lelaki lain. Namun ia segera mengatasi kemurungannya, dan pada 1873 ia menikahi adik perempuan itu, Anna Cermakova.

Sekitar masa ini, Dvořák mulai terkenal sebagai seorang komponis penting. Ia menjadi pemain orgel di Gereja St. Adalbert, Praha, dan mulai menghasilkan banyak komposisi. Pada 1877, kritikus Eduard Hanslick menyampaikan kepadanya bahwa musiknya telah menarik perhatian Johannes Brahms. Brahms menghubungi penerbit musik Simrock, yang kemudian menugasi Dvořák membuat Slavonic Dances. Komposisi yang dibuat pada 1878 ini segera memperoleh sukses. Karya Dvořák Stabat Mater (1880) dipertunjukkan di luar negeri, dan setelah sukses di London pada 1883, Dvořák diundang untuk berkunjung ke Inggris dan di sana ia mendapatkan pujian luas pada 1884. Simfoni no. 7nya dibuat berdasarkan pesanan untuk London. Komposisi ini pertama kali ditampilkan pada 1885. Pada 1891 Dvořák mendapatkan gelar kehormatan dari Universitas Cambridge, dan karyanya Requiem Mass ditampilkan belakangan tahun itu di Birmingham.


Seperti yang ditulis Dvořák: "Saya lihat saya tidak mampu menggubah sebuah Concerto untuk seseorang yang pandai; saya harus memikirkan hal-hal lain." Sebaliknya, apa yang dipikirkan Dvořák dan diciptakannya adalah sebuah concerto dengan nilai-nilai simfonis yang luar biasa; di sini piano memainkan peranan utama di dalam orkestra dan bukan sebagai tandingannya.

Concerto untuk Biola dan Orkestra dalam A minor, Op. 53 adalah yang kedua dari tiga concerto yang digubah Dvořák. Ia telah berjumpa dengan pemain biola besar, Joseph Joachim pada 1878 dan memutuskan untuk menggubah sebuah concerto untuknya. Ia menyelesaikannya pada 1879, tetapi Joachim merasa skeptis tentang karya itu. Ia adalah seorang pemain musik klasik yang murni, dan ia keberatan dengan karya inter alia Dvořák atau pemotongannya yang mendadak pada movement pertama keseluruhan orkestranya. Ia juga tidak menyukai kenyataan bahwa rekapitulasinya juga dipotong pendek dan bahwa bagian itu langsung diikuti oleh movement yang lamban. Ia tidak pernah benar-benar memainkan gubahan itu. Concerto itu pertama kali dimainkan pada 1883 oleh pemain biola František Ondříček di Praha, yang kemudian memainkannya dalam debutnya di Wina dan London.

Concerto ini digubah dalam tiga movement yang klasik. Movement yang kedua (lambat) khususnya dipuji karena lirisismenya.

Concerto untuk Cello dan Orchestra dalam B minor, Op. 104 adalah gubahan terakhir dari tiga concerto Dvořák. Ia menggubahnya pada 1894-1895 untuk temannya, cellis Hanuš Wihan. Wihan dan lain-lainnya telah lama memintanya menggubah sebuah cello concerto, namun Dvořák selalu menolak, dan mengatakan bahwa cello adalah sebuah alat musik orkestra yang indah namun sama sekali tidak memadai untuk sebuah concerto tunggal.

Dvořák menggubah concerto ini di New York sementara ia menjadi Direktur Konservatorium Nasional. Pada 1894 Victor Herbert, yang saat itu juga mengajar di Konservatorium itu, telah menggubah sebuah cello concerto dan menyajikannya dalam serangkaian konser. Dvořák menghadiri sekurang-kurangya dua pertunjukan cello concerto Victor Herbert dan terilhamkan untuk memenuhi permintaan Wihan akan sebuah cello concerto.

Cello concerto Dvořák pertama kali dipertunjukkan di London pada 16 Maret 1896 dengan cellis Inggris, Leo Stern. Concerto ini mendapatkan sambutan hangat. Brahms berkata tentang karya ini: "Andaikan saya tahu bahwa orang dapat menggubah cello concerto seperti ini, tentu saya sudah mengarangnya sejak dulu-dulu!"

Opera[sunting | sunting sumber]

Sambutan terhadap Dvořák sebagai komponis simfoni dan konserto memberikan kepadanya keinginan yang kuat untuk mengarang opera. Dari semua operanya, hanya Rusalka dan, hingga batas tertentu, Kate and the Devil, yang banyak dimainkan di panggung-panggung opera masa kini di luar Republik Ceko. Ini sebagian disebabkan karena perhatian mereka yang tidak merata, sebagian karena librettinya yang tidak memadai, dan barangkali juga sebagian karena tuntutan-tuntutan pementasannya - The Jacobin, Armida,, Wanda dan Dimitrij membutuhkan panggung-panggung yang cukup besar untuk menggambarkan pasukan-pasukan yang menyerbu.

Dirigen kelahiran Jerman, Gerd Albrecht, telah memimpin banyak opera Dvořák dengan label Orfeo dan Supraphon. Hanya opera Dvořák King Alfred yang kini tidak tersedia.

Aneka rupa[sunting | sunting sumber]

Dvořák mempunyai hubungan sanak keluarga yang jauh dengan August Dvorak (5 Mei 1894 – 10 Oktober 1975), seorang perwira angkatan laut Amerika, yang menciptakan susunan alternatif untuk tuts mesin tik pada tahun 1930-an.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • John Clapham (1979), Dvořák, ISBN 0-7153-7790-6
  • New Grove Dictionary of Music and Musicians: Dvořák,Antonín

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]