Anti-Paus Novatianus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Novatianus (???-258) adalah seorang sarjana yang ditahbiskan sebagai Anti-Paus oleh tiga orang uskup. Ia menjabat sejak tahun 251 hingga 258.

Novatianus adalah seorang teolog dan penulis terkemuka, dan merupakan seorang teolog Romawi pertama yang menggunakan bahasa Latin. Pada masa itu, banyak sekali perdebatan mengenai bagaimana menangani kaum Kristen yang murtad dan ingin kembali; serta persoalan penitensi (penebusan dosa).

Novatianus bersikeras bahwa orang-orang yang murtad dari Gereja dan/atau mereka yang melakukan dosa berat setelah dibaptis, tidak dapat dimaafkan dan tidak dapat diterima kembali dalam Gereja. Dan di bawah kendali Novatianus, banyak imam-imam yang bersikap keras terhadap para pendosa itu, sekalipun mereka bertobat sungguh-sungguh dan bersedia membayar denda yang besar.

Paus Kornelius segera memanggil konsili untuk membahas ajaran dan sikap Novatianus. Para uskup yang hadir dalam konsili itu mengutuk ajaran Novatianus dan menyatakannya sebagai ajaran sesat. Novatianus pun mendapatkan hukuman ekskomunikasi.

Ajarannya dan gereja skismatik yang dipimpinnya bertahan selama beberapa abad (lihat Novatianisme). Novatianus melarikan diri selama sebuah masa penganiayaan dan kemungkinan mati sebagai martir bagi pendukungnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]