Anthony de Mello

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Salah satu buku yang ditulis oleh Anthony de Mello.

Anthony de Mello (lahir di Bombay, India, 4 September 1931 – meninggal di New York, Amerika Serikat, 2 Juni 1987 pada umur 55 tahun) adalah seorang imam Yesuit dan psikoterapis yang terkenal luas karena buku-bukunya mengenai spiritualitas. Ia mengadakan banyak retret rohani dan dianggap bagi sebagian pihak sebagai seorang pembicara publik yang piawai. Ia mengunjungi banyak negara untuk belajar dan kemudian mengajar, terutama di Spanyol dan Amerika Serikat.

De Mello mendirikan sebuah pusat doa di India. Ia meninggal secara mendadak pada tahun 1987. Karya-karyanya masih dicetak hingga hari ini dan tulisan-tulisan lainnya diterbitkan setelah kematiannya.

Pada tahun 1998, beberapa opininya dianggap bertentangan dengan iman Kristen oleh Kongregasi Doktrin Iman. Kardinal Joseph Ratzinger, yang nantinya menjadi Paus Benediktus XVI, menulis bagi kongregasi ini:

"Namun telah terlihat di kalimat-kalimat tertentu dalam karya-karya awalnya dan, dalam jumlah yang lebih besar, dalam terbitan-terbitan selanjutnya, orang bisa memperhatikan sebuah sikap yang menjauhi secara progresif dari isi-isi penting iman Kristiani ... Berdasarkan laporan saat ini, dengan tujuan untuk melindungi kebaikan umat Kristiani, kongregasi ini menyatakan bahwa posisi-posisi yang disebutkan di atas sebagai hal-hal yang tidak sejalan dengan iman Katolik dan bisa menyebabkan kerusakan (iman) yang parah."[1]

Paradigmanya yang cukup kontroversial bagi dogma Katolik sebagian besar karena kebanyakan idenya terpengaruh oleh Ajahn Chah - yang, banyak orang menyebutkan, seperti guru baginya. Terlepas dari kutukan pihak Gereja, karya-karyanya tetap sangat terkenal terutama bagi mereka yang tertarik pada Spiritualitas Ignasian.

Beberapa edisi dari buku-bukunya semenjak itu telah diselipkan peringatan: 'Buku-buku Romo Anthony de Mello ditulis dalam sebuah konteks multi-religius untuk membantu pengikut agama lainnya, kaum agnostik dan ateis dalam usaha pencarian spiritual mereka, dan buku-buku ini tidak dimaksudkan oleh penulis sebagai buku panduan umat Katolik dalam doktrin maupun dogma Kristen.'[2]

Walaupun demikian, tulisan-tulisannya tetap tersedia di beberapa toko-toko buku Katolik.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "EWTN Global Catholic Network". Diakses 2006-11-24. 
  2. ^ T.K. Thomas (April 1999). "The Prayer of the Frog Called into Question at Findarticles.com". The Ecumenical Review. Diakses 2006-11-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]