Anne d'Alençon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anne d'Alençon
Marquise de Montferrat
Foto Anne d'Alençon oleh Macrino d'Alba
PendahuluGuglielmo IX
Kelahiran30 Oktober 1492
Kematian18 Oktober 1562
Casale Monferrato, Italia
WangsaWangsa Valois-Alençon
AyahRené d'Alençon
IbuMarguerite dari Lorraine-Vaudémont
PasanganGuglielmo IX dari Montferrat, Marquis de Montferrat
AnakMaria (1509)
Margherita (1510-1566)
Bonifasius IV dari Montferrat (1512-1530)

Anne dari Alençon (disebut juga sebagai Nyonya La Guerche; bahasa Italia: Anna d'Alençon; 30 Oktober 1492 – 18 Oktober 1562) adalah seorang bangsawati dan marquise Montferrat setelah menjabat sebagai wali penguasa putranya Bonifasius pada 1518 hingga kematiannya pada 1530.

Anak bungsu dari tiga bersaudara René d'Alençon dan Marguerite dari Lorraine-Vaudémont, ia lahir dua hari sebelum kematian ayahandanya.

Bertunangan pada 1501 dengan Guglielmo IX Palaiologos, marquis Montferrat, Anne menikah dengannya sehari setelah ulang tahunnya yang keenam belas, pada 31 Oktober 1508 di Gereja Saint-Sauveur de Blois[1]. Mereka memiliki dua putri dan seorang putra :

  1. Marie, pada 1509,
  2. Marguerite, pada 1510
  3. Bonifasius IV, pada 1512, pewaris.

Pada 1517, putri sulungnya Marie, dijodohkan dengan Federico II dari Mantova, putra Isabella d'Este, calon marquis dan adipati Mantova, tetapi kontrak pernikahan dibatalkan, setelah Federico menuduh Marie berusaha meracuni majikannya Isabelle Boschetti, istri comte Calvisano.

Saat suaminya meninggal pada 1518, putranya Bonifasius, yang berusia 6 tahun menjadi pewaris wilayahnya. Anne menjabat sebagai wali penguasa hingga kematian tak terduga putranya pada Juni 1530. Dia terus memerintah di Montferrat, sementara kematian Bonifasius juga menghidupkan kembali minat Federico dari Mantova untuk menikahi Marie. Kematian tak terduga Marie pada September 1530 mengalihkan perhatiannya ke saudara perempuannya, Marguerite. Setelah mempertimbangkan berbagai tawaran lamaran untuk Marguerite, Anne memilih untuk bersatu dengan wangsa Gonzaga dan pernikahan itu disimpulkan pada Oktober 1531[2].

Saat kematian tanpa pewaris, pada 1533, marquis Giovanni Giorgio, yang menggantikan keponakannya Bonifasius, sebuah krisis suksesi muncul. Wangsa Gonzaga dan wangsa Savoia menyajikan argumen terkuat, tetapi marquis Saluzzo dan raja Prancis juga menggugat gelar tersebut. Selama masa ini, Montferrat diasingkan oleh rajanya, Kaisar Karl V. Pada 1536, kaisar melantik Marguerite Paleologa dan suaminya Federico dari Mantova. Yang terpenting bagi penguasa untuk memberi penghargaan kepada salah satu pendukungnya yang paling setia di Italia Utara. Anne mempertahankan realitas kekuasaan. Ketika Federico meninggal pada 1540, putranya yang berusia tujuh tahun, François menggantikannya sebagai marquis Montferrat dan adipati Mantova. Kepemimpinan wilayah kemudian diserahkan pada Marguerite Paleologa, dibantu oleh saudara iparnya, kardinal Ercole Gonzaga.

Anne d’Alençon kemudian mengundurkan diri dari kehidupan publik, memasuki biara Santa Katarina di Siena, yang berdampingan dengan istananya Casale Monferrato, dan di mana ia meninggal menjelang ulang tahunnya yang ketujuh puluh.

Pada 1525, tak lama setelah pertempuran Pavia, Anne dan saudara perempuannya Françoise d'Alençon menerima wasiat patrimonial saudara mereka, Charles IV d'Alençon, yang meninggal tanpa ahli waris. Di sisi lain, hak prerogatif adipati Alençon kembali ke mahkota Prancis. Marguerite dari Valois-Angoulême, janda Charles, dan saudara perempuan François I menentang wasiat tersebut. Oleh karena itu, sebagian dari wilayah kadipaten Alençon diteruskan ke Gonzaga. Anne d'Alençon melantik cucunya Isabelle, putri sulung Federico dari Mantova dan Marguerite Paleologa. Akan tetapi Isabelle menolak warisan Prancis ini, Marguerite Paleologa kemudian menyerahkan wilayah ini kepada putra ketiganya Ludovic. Dengan warisan istrinya, Henriette dari Kleve, bekas kadipaten Alençon membentuk basis kekuatan wilayah Gonzaga-Nevers di Prancis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Potter 1995, hlm. 375.
  2. ^ Hickson 2016, hlm. 101.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Hickson, Sally Anne (2016). Women, Art and Architectural Patronage in Renaissance Mantua: Matrons, Mystics, and Monasteries. Routledge. 
  • Potter, David (1995). Keen, Maurice, ed. A History of France, 1460–1560: The Emergence of a Nation State. Macmillan. 

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Piano, Pierluigi, Anne d'Alençon (dalam bahasa Italia), Circolo culturale "I Marchesi del Monferrato", diakses tanggal 2008-07-07