Anne Bonny

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anne Bonny

Anne Bonny (8 Maret 1700 - 25 April 1782) adalah seorang bajak laut wanita keturunan Irlandia dan Amerika.

Kehidupan masa kecil[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar data yang didapat tentang Anne Bonny berasal dari buku Kapten Charles Johnson "A General History of the Pyrates". Sebenarnya tanggal kelahirannya masih diragukan, tapi menurut keturunanya, Anne dilahirkan pada 1698. Sementara John Carlova menulis di bukunya "Mistress of the Seas" bahwa Anne lahir pada 8 Maret 1700.

Anne Bonny lahir di Country Cork, Irlandia. Ia adalah anak dari pengacara William Cormac dan seorang budaknya bernama Peg Brennan (beberapa sumber mengatakan namanya Mary Brennan). Namun, ketika perselingkuhan Cormac dengan Brennan diketahui massa, Cormac, Brennan dan Anne pindah dari Irlandia ke Charleston, Carolina Selatan. Di sana ia mengurus izin bekerja sebagai pengacara dan setelah beberapa tahun kemudian, Cormac menjadi kaya dan membeli perkebunan yang besar.

Pernikahannya[sunting | sunting sumber]

Yang tercatat tentang Anne adalah sifatnya yang pintar, menarik namun juga mudah marah. Ada cerita yang mengatakan bahwa saat ia berusia 13 tahun, ia membunuh seorang gadis budak dengan cara menusuk perutnya dengan pisau dapur. Lalu saat 16 tahun, ia menikahi seorang pelaut bernama James Bonny. James Bonny ingin menguasai harta keluarga Anne, sehingga Cormac tidak lagi menganggap Anne sebagai anaknya. Berdasarkan sebuah cerita, Anne membakar perkebunan ayahnya. Lalu ia dan James Bonny pindah ke New Providence, Bahama. Kemudian James bekerja sebagai informan bagi Gubernur Woodes Rogers.

Ketika di Bahama, Anne mulai berhubungan dengan bajak laut di bar lokal. Ia bertemu dengan John "Calico Jack" Rackham, pasangan selingkuhnya. Ketika Rackham dan bajak laut lainnya sedang di sebuah pub, James Bonny menarik Anne ke hadapan Gubernur untuk dihukum cambuk karena telah selingkuh, James juga menawarkan pilihan lain pada Anne, yaitu Rackham harus membeli Anne. Anne jelas menolak diperjual-belikan seperti hewan, ia memilih untuk dihukum cambuk. Setelah itu, ia dan Rackham pergi dari New Providence dan memulai hidup baru sebagai bajak laut.

Kehidupan sebagai bajak laut[sunting | sunting sumber]

Agar bisa bergabung dalam perjalanan Rackham, Anne menyamar menjadi pria. Walaupun seorang wanita, tapi Anne juga mengikuti peperangan dan melakukan kegiatan lainnya selayaknya pria. Bahkan kru-kru Rackham "The Revenge" menghormati Anne Bonny.

Beberapa tahun kemudian, Anne dan Rackham menyadari bahwa mereka tergolong sukses sebagai bajak laut, karena mereka telah menangkap kapal-kapal, mendapat banyak harta. Berdasarkan sebuah cerita, ia menusuk seorang kawannya di jantung ketika kawannya itu mengetahui identitas Anne sebagai wanita. Walaupun Anne merupakan salah satu bajak laut hebat yang terkemuka namun ia tak pernah berlayar dengan kapalnya sendiri.

Pertemuan dengan Mary Read[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya, Anne bukanlah satu-satunya seorang bajak laut wanita di kapal Rackham. Mary Read, seorang kru wanita juga menyamar sebagai pria, setelah kapalnya disita ketika razia. Kemudian Anne dan Mary menjadi kawan dekat karena keduanya sedang hamil. Mereka saling bertemu ketika Anne melihat Mary tanpa busana sekaligus mengetahui rahasia Mary. Lalu mereka saling berjanji tidak akan mengumbar rahasia masing-masing.

Namun, identitas Mary sebenarnya segera terbongkar akibat kecurigaan Rackham akan kedekatan Anne dengan Mary yang tiba-tiba lalu ia meminta penjelasan dari Mary. Mary menceritakan hal yang sebenarnya. Beruntung, Rackham memperbolehkannya untuk tinggal sebagai kru. Kejadian ini tidak mengakibatkan perubahan pada diri Mary. Ia tetap bekerja seperti sebelum identitasnya terbongkar.

Penangkapannya[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober tahun 1720, Rackham dan krunya diserang oleh pasukan Kapten Jonathan Barnet, yang bekerja untuk Gubernur Jamaika. Sebagian besar kru Rackham tidak siap untuk berperang karena sedang mabuk. Kemudian, Anne dan Mary-lah yang melawan mereka. Namun Rackham kalah sehingga Rackham dan krunya dihukum gantung oleh Gubernur Jamaika. Kemudian, Anne mengunjungi Rackham dan berkata, "Aku menyesal melihatmu di sini Jack, tapi jika saat itu kamu bertarung seperti pria, sekarang kamu tak perlu digantung seperti seekor anjing."

Setelah mereka ditangkap, Mary dan Anne mengatakan kehamilan mereka. Sesuai hukum Inggris, mereka dipenjarakan dan ditunda eksekusinya hingga mereka melahirkan. Ada cerita yang mengatakan Mary Read meninggal dalam penjara karena demam. Ada juga yang berkata bahwa ia meninggal setelah melahirkan.

Sayangnya tidak ada catatan apakah Anne dibebaskan atau dieksekusi. Ada kemungkinan ayahnya menebus Anne dan ia kembali pada James Bonny atau ada kemungkinan ia kabur dan hidup sebagai bajak laut dengan identitas baru.Namun ada sebuah sumber menyatakan bahwa keturunan Anne mengatakan bahwa William Cormac (ayahnya) menebus Anne dan membawanya kembali ke Charleston, di mana ia melahirkan anak Rackham yang kedua. Lalu pada 21 Desember 1721, Anne menikah lagi dengan Joseph Burleigh dan memiliki 8 anak. Anne meninggal di Carolina Selatan sebagai wanita terhormat di usia 82 dan dikuburkan pada 25 April 1782.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]