Anna dari Kiev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anne dari Kiev
Anne Kiev.jpg
Ratu Perancis
Memerintah sebagai pasangan 1051–1060
Pasangan Henry I dari Perancis
Anak
Philip I dari Perancis
Hugh dari Vermandois
Wangsa Istana Capet
Ayah Yaroslav I dari Kiev
Ibu Ingegerd dari Swedia
Lahir 1024–1032
Meninggal 1075
Dikubur Biara Villiers, La-Ferte-Alais, Essonne
Foto Anne: АNА РЪНNА yang dianggap baik sebagai Ane reine di dalam bahasa Perancis Kuno atau Anna regina di dalam bahasa Latin; di antara contoh-contoh tertua naskah Cyrillic

Anne dari Kiev (atau Anna Yaroslavna) (antara tahun 1024 dan 1032 – 1075), putri Yaroslav I dari Kiev dengan istrinya Puteri Ingegerd dari Swedia, merupakan permaisuri Perancis sebagai istri Henry I, dan wali raja untuk putranya Philip I.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian istri pertamanya, Matilda, Raja Henry mencari pasangan yang ideal di istana-istana Eropa, namun ia tidak menemukan seorang puteri yang memiliki hubungan kekerabatan dengannya dalam taraf tingkatan yang tak sah. Akhirnya ia mengirimkan seorang duta besar ke Kiev, yang kembali dengan Anne (juga dipanggil Agnes atau Anna). Anne dan Henry menikah di Katedral Reims pada tanggal 19 Mei 1051. Beberapa putri Yaroslav menikah dengan para monarki yang menganut agama Katolik; Kakak tertua Anne Anastasia dari Kiev, menikah di sekitar tahun 1039 dengan Raja Andrew I dari Hongaria.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Dengan Henry I dari Perancis:

  • Philip (23 Mei 1052 – 30 Juli 1108) - Anne berjasa dengan membawa nama Philip ke Eropa Barat. Ia mengimpor nama Yunani (Philippos, dari philos (cinta) dan hippos (kuda), yang berarti "orang yang mencintai kuda") dari aliran kebudayaan Ortodoks Timur.
  • Hugh (1057 – 18 Oktober 1102) - dipanggil yang Agung atau Magnus, kemudian Bangsawan Crépi, yang menikahi wanita pewaris Vermandois dan wafat di dalam perang salib di Tarsus, Cilicia.
  • Robert (c. 1055 – c. 1060)

Jabatan wali raja[sunting | sunting sumber]

Selama 6 tahun setelah kematian Henry pada tahun 1060, ia bekerjan sebagai wali raja untuk Philip, yang hanya berusia 8 tahun pada saat itu. Ia adalah ratu pertama di Perancis yang bekerja sebagai wali raja. Wakilnya adalah Bangsawan Baldwin V dari Flandria. Anne adalah seorang wanita yang terpelajar, yang jarang pada masa itu, namun terdapat beberapa oposisi yang menentangnya sebagai wali raja dengan dalih bahwa kemahirannya akan bahasa Perancis tidak lancar.

Setahun setelah kematian raja, Anne, bertindak sebagai wali raja, membuat Bangsawan Ralph III dari Valois terpikat padanya, seorang pria yang memiliki ambisi di dalam politik mendukungnya untuk mengabaikan istrinya untuk menikahi Anne pada tahun 1062. Dituduh berselingkuh, istri Ralph mengadu kepada Paus Alexander II, yang mengucilkan pasangan tersebut. Raja muda Philip mengampuni ibunya, yang dimana juga, karena ia sendiri mengalami kejadian yang sangat mirip pada tahun 1090. Ralph wafat di bulan September 1074, pada saat Anne kembali ke istana Perancis. Ia wafat pada tahun 1075, dan dimakamkan di Biara Villiers, La-Ferte-Alais, Essonne dan kematiannya diperingati pada tanggal 5 September.

Silsilah keluarga[sunting | sunting sumber]