Anie Carera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anie Carera
Anie Carera
Latar belakang
Nama lahir Tri Nuryani
Lahir 1 Juni 1969 (umur 44)
Bendera Indonesia Madiun, Indonesia
Jenis Musik pop, rock
Pekerjaan penyanyi, aktris
Tahun aktif 19882003
Perusahaan rekaman MSC Records, Metrotama Records, Blackboard, Universal Music Indonesia, Atlantic Records
Terkait dengan Deddy Dores, Saykoji

Anie Carera (juga biasa ditulis Annie Carera, lahir dengan nama Tri Nuryani di Madiun, Jawa Timur, Indonesia, 1 Juni 1969; umur 44 tahun) adalah seorang penyanyi pop Indonesia yang terkenal pada dekade '90-an.

Anie adalah anak ketiga dari pasangan Santosa dan Suwarti. Sejak Sekolah Dasar Anie telah belajar vokal di tempat kelahirannya. Pada tahun 1982, Anie meraih Juara Pertama Festival Musik Anak Tingkat Kabupaten Madiun, kemudian berlanjut menjadi Juara II Festival Musik Anak Tingkat Jawa Timur dan Nasional. Dia menyatakan bahwa apa yang diperolehnya itu adalah sebuah keajaiban. Pada tahun 1996, Anie Carera meluncurkan album "Cintaku Tak Terbatas Waktu" yang merupakan "The Biggest Album of Anie Carera". Album tersebut terjual lebih dari 1 juta keping di Indonesia dan Malaysia, serta menjadi Anie Carera Signature Song sampai saat ini.

Karier[sunting | sunting sumber]

Saat pertama kali Anie tampil di TVRI Surabaya, almarhum Gombloh berkata bahwa dia adalah seorang penyanyi berbakat selain juga cantik. Dan akhirnya mereka mengadakan kerjasama dalam proyek album perdana Anie berjudul "Janji Itu Manis". Lagu "Janji Itu Manis" diciptakan oleh Gombloh dan meraih sukses pada tahun 1988. Pada tahun yang sama Anie membintangi film layar lebar pertamanya dengan judul Kamus Cinta Sang Primadona, sekaligus menyanyikan salah satu soundtrack-nya yang berjudul "Satukan Cinta Kami"1.

Album keduanya "Walau Seribu Janji" ciptaan Pompi dan album ketiga "Sebaris Kalimat" ciptaan Yadi Sukma tidak terlalu beruntung di pasaran. Setelah itu Anie memutuskan untuk vakum dulu dari dunia musik sebab dia ingin konsentrasi dengan kuliah serta pekerjaannya di BRI Surabaya. Tapi dia masih punya keinginan untuk menyanyi yang sudah jadi hobinya selain hiking dan touring.

Disela-sela kesibukannya sebagai karyawati BRI, Anie Carera kembali meluncurkan album untuk penggemarnya dengan judul "Terperangkap Dalam Duka" ciptaan Yadi Sukma. Anehnya album ini lebih terkenal di negeri jiran Malaysia daripada di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh album-album Nike Ardilla yang pada saat itu sedang merajai blantika musik Indonesia.

Anie harus rela bolak-balik antara Jakarta - Surabaya dalam setiap pembuatan album barunya. Tahun 1994 ia bekerjasama dengan Deddy Dores dalam album "Cintaku Takkan Berubah" di bawah label Metrotama Records. Album inilah yang kembali melambungkan nama Anie di dunia musik sejajar dengan Poppy Mercury, Inka Christie, Nicky Astria, Lady Avisha dan penyanyi rock wanita lainnya. Meskipun penjualannya masih dibawah album "Biarkan Cintamu Berlalu" milik Nike Ardilla, tetapi album ini meraih sambutan baik pecinta musik Indonesia dan Malaysia. Lagu "Cintaku Takkan Berubah" menjadi radio hits sampai tahun 1995.

Kuartal kedua tahun 1996 Anie kembali dengan album "Cintaku Tak Terbatas Waktu" ciptaan Deddy Dores yang merupakan "The Biggest Album Of Anie Carera". Album ini terjual lebih dari 1 juta keping di Indonesia dan Malaysia serta menjadi Anie Carera Signature Song sampai seaat ini. Lagu tersebut menjadi Top Air Play di radio-radio nasional sampai akhir dekade '90-an dan telah dibuat berbagai macam versi serta arransemen ulang. Di negeri jiran lagu "Harapan Cinta" dari album tersebut juga sering diputar sebagai radio hits dan diedarkan dalam album kompilasi "20 Lagu Terbaik Anie Carera".

Tahun 1997 Anie berpindah label dari Metrotama Records ke Blackboard dan merilis album "Aku Benci" ciptaan Wahyu WHL(komposer yang melejitkan nama Desy Ratnasari dengan lagu "Tenda Biru"). Album ini juga dirilis di Malaysia dan kembali meraih sukses. Diikuti hits-single Cintaku Terbang Di Langit Biru ciptaan Deddy Dores. Tahun 1998 single "Cintaku Tak Terbatas Waktu (House Music Version)" dirilis Blackboard dan meraih hasil yang tidak mengecewakan. Selain itu pihak Metrotama Records juga merilis kembali album ketiga Anie yang berjudul "Sebaris Kalimat".

Album "Bagai Ikan Dalam Kaca" duet dengan Deddy Dores diluncurkan di penghujung tahun 1998. Duet manis ini kembali meraih sukses seperti album-album Anie sebelumnya. Tahun 1999 Anie meluncurkan album kompilasi bertitle "Air Mata Rindu" dari lagu-lagunya yang hits. Album ini menampilkan single hits terbaru Air Mata Rindu, 2 lagu baru dan selebihnya adalah lagu-lagu hits lama seperti "Aku Benci", "Cintaku Takkan Berubah", "Cintaku Tak Terbatas Waktu", dan lain-lain.

Masih pada tahun yang sama Anie meluncurkan lagu daur-ulang milik Elisa yang berjudul "Cintaku Tak Sebatas Rindu". Untuk versi Anie terdapat sedikit perubahan pada lirik, arransemen dan judul. "Hatiku Bagai Emas Permata" dipilih Deddy Dores untuk judul album Anie ini. Di samping itu Anie juga merilis CD dan VCD "Best Of The Best" pada tahun 2000. Pada tahun 2001 Anie merilis album kesepuluh berjudul "Cintaku Masih Seperti Yang Dulu". Karena minimnya promosi, album yang diedarkan oleh Atlantic Records ini kurang berhasil di pasaran.

Pada dekade 2000-an, Anie sudah jarang muncul di dunia musik. Tapi Anie Carera masih bertahan dan sempat mengeluarkan single "Air Mata Kesepian", dan terakhir berkolaborasi dengan penyanyi hip-hop Saykoji pada single "Cintaku Tak Kan Berubah" yang cukup sukses. Anie Carera terkenal dengan vokalnya yang lembut dan lagu-lagu cinta yang easy listening. Namanya tetap ada di hati fans-nya baik di Indonesia maupun di Malaysia meskipun sekarang dia lebih konsen ke keluarga.

Album Rekaman[sunting | sunting sumber]

Anie Carera adalah penyanyi wanita Indonesia yang aktif merilis album di dekade '90-an baik album solo, album kompilasi maupun single. Anie Carera telah menjual lebih dari 5 juta album dan single di Indonesia - Malaysia sejak awal kariernya di dunia musik hingga dekade 2000an.

Studio Album[sunting | sunting sumber]

  1. 1988: Janji Itu Manis
  2. 1989: Walau Seribu Janji
  3. 1989: Sebaris Kalimat
  4. 1992: Terperangkap Dalam Duka
  5. 1994: Cintaku Takkan Berubah
  6. 1996: Cintaku Tak Terbatas Waktu
  7. 1997: Aku Benci
  8. 1998: Bagai Ikan Dalam Kaca
  9. 1999: Hatimu Bagai Emas Permata
  10. 2001: Cintaku Masih Seperti Yang Dulu

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

  1. 20 Lagu Terbaik Anie Carera (1997)
  2. Best Of The Best Anie Carera (1999)
  3. Best Hits
  4. The Best Of Anie Carera (2007)

Singles dan Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]