Angry Birds

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angry Birds
Logo resmi Angry Birds sejak bulan Juli 2015
Tipewaralaba media
GenrePuzzle
Latar tempatAngry Birds universe (en)
Informasi tambahan
Situs webangrybirds.com (Inggris)
Id. Subredditangrybirds
Facebook: angrybirds Twitter: AngryBirds Instagram: angrybirds Youtube: UCYC2wjLop-S6Ld4raeoUVNA
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Angry Birds adalah permainan video yang pada awalnya tersedia untuk aplikasi iPad dan iPhone, namun kini telah dirilis di berbagai media. Permainan ini membuat ketagihan penggunanya sehingga telah diunduh lebih dari 1 miliar pengguna.[1] Bahkan pejabat Inggris pun tertarik dengan permainan ini.[2]


[3]


Platform yang mendukung[sunting | sunting sumber]

Logo Angry Birds sejak bulan April 2010

Rovio merilis Angry Birds di berbagai platform mulai dari iOS, Maemo, MeeGo, HP webOS, Android, Symbian^3, Series 40, PSP, PlayStation 3, Mac OS X, Windows, WebGL, Windows Phone 7, Google Plus, Google Chrome (Chrome Web Store), BlackBerry Tablet OS, Bada,[4] Java untuk mobile,[5] Facebook pada 14 Februari 2012,[6] Samsung SmartTV,[7] Xbox 360, Nintendo 3DS

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Dalam Angry Birds, pemain mengendalikan sekawanan burung warna-warni yang berusaha untuk mengambil telur yang dicuri oleh sekelompok babi hijau nakal. Pada setiap tingkat, babi-babi yang dilindungi oleh struktur yang terbuat dari berbagai bahan seperti es, kayu, batu, dan besi. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menghilangkan semua babi di tiap tingkat permainan. Menggunakan katapel, pemain meluncurkan burung dengan maksud untuk memukul babi secara langsung atau merusak struktur yang melindunginya, runtuhnya strutkur dapat membunuh babi. Dalam berbagai tahap permainan, benda tambahan seperti bahan peledak dan krat batu ditemukan di beberapa tingkat, dan dapat digunakan bersama dengan burung-burung untuk menghancurkan babi yang sulit dijangkau.

Ada beberapa jenis burung yang digunakan dalam permainan. Pada tingkat awal, burung merah adalah satu-satunya yang tersedia. Setiap tahap permainan, jenis burung akan bertambah, beberapa jenis burung lebih efektif terhadap bahan tertentu atau memiliki kemampuan khusus yang diaktifkan setelah burung diluncurkan. Sebagai contoh, seekor burung biru kecil dapat memisah menjadi tiga burung kecil, burung biru es dapat membuat sasarannya membeku, burung kuning yang dapat menambah kecepatan dan daya rusak, burung hitam yang bisa meledak, dan burung putih yang bisa menjatuhkan bom telur, burung hijau yang bisa menjadi bumerang, burung merah atau hijau berukuran besar yang bisa menghancurkan lebih banyak struktur, burung jingga yang bisa memperbesar diri, dan burung ungu bisa menembak tepat sasaran. Babi juga muncul dalam ukuran yang berbeda. Babi kecil relatif lemah dan mudah dihancurkan baik oleh tembakan langsung atau dengan puing-puing dari bangunan yang rusak, babi lebih besar mampu mempertahankan diri dari banyak kerusakan. Juga, beberapa babi mengenakan helm baja, membuat mereka lebih tahan terhadap kerusakan struktur, sedangkan babi dengan mahkota paling banyak bisa menahan kerusakan.

Setiap tingkat dimulai dengan jumlah, jenis, dan keterlibatan burung yang telah ditentukan. Jika semua babi bisa dikalahkan pada saat burung terakhir digunakan, tingkat selesai dan tingkat berikutnya terbuka. Poin diperoleh untuk setiap babi yang dikalahkan serta dari setiap kerusakan atau kehancuran struktur, serta poin bonus yang akan diberikan untuk setiap burung yang tidak dipakai. Setelah menyelesaikan setiap tingkat, pemain menerima satu, dua, atau tiga bintang, tergantung pada nilai yang diterima. Pemain dapat kembali berusaha membuka tingkat sebanyak yang mereka inginkan agar berhasil menyelesaikan atau untuk mendapatkan poin tambahan dan / atau bintang-bintang tambahan.

Dalam game ini bercerita tentang kawanan babi yang mencuri telur burung burung tersebut karena raja babi ingin memakanya.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini pun selalu menyediakan update untuk penambahan episode, yaitu Poached Eggs, Mighty Hoax, Danger Above, The Big Setup, Ham 'Em High, Mine and Dine, Birdday Party (episode memperingati ulang tahun Angry Birds ke-2), Surf and Turf, Bad Piggies, Red Mighty Feathers, dan Short Fuse.

Edisi Spesial[sunting | sunting sumber]

Angry Birds Seasons[sunting | sunting sumber]

Berkas:AngryBirdsSeason.PNG
Angry Birds Season St.Patrick level 3 pada iPad

Angry Birds Seasons dirilis pada 21 Oktober 2010 dengan episode spesial hari Halloween yang berjudul Trick or Treat. Setelah episode tersebut, episode spesial hari Natal dirilis dengan judul Season's Greedings. Kemudian, episode spesial untuk menyambut hari Valentine berjudul Hogs and Kisses dirilis, selanjutnya spesial hari Santo Patrick berjudul Go Green, Get Lucky, spesial hari Paskah bejudul Easter Eggs, spesial liburan, Summer Pignic, spesial festival kue bulan cina Mooncake Festival, Halloween tahun 2011, Ham'o'ween, natal 2011, Wreck the Halls, Spesial Imlek 2012, Year Of the Dragon, Cherry Blossom, untuk memperingati musim semi di Jepang, dan episode Piglantis, yang mengambil tema Atlantis.

Angry Birds Rio[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 2011, Rovio pun merilis Angry Birds Rio bersama 20th Century Fox, selaku produser film Rio. Game ini merupakan perpaduan antara Angry Birds dengan film Rio. Di sana, burung-burung pemarah tersebut bertemu dengan teman barunya - yang juga tokoh utama film tersebut, Blu dan kekasihnya, Jewel. Musuh dalam game tersebut bukanlah babi jahat, melainkan monyet-monyet yang nakal dan jahil, serta tokoh antagonis film tersebut, Nigel. Lokasi tersebut sangatlah persis yang ada di dalam film tersebut dan mengambil tempat di Rio de Janeiro, Brasil.

Angry Birds Magic[sunting | sunting sumber]

Rovio merilis Angry Birds Magic, yang dikhususkan untuk perangkat NFC-aktif Symbian untuk Nokia C7.

Angry Birds Space[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2012, Rovio mengumumkan permainan baru Angry Birds dengan nama Angry Birds Space. Permainan ini telah di rilis pada 22 Maret 2012 untuk perangkat Android dan IOS melalui Google play dan App Store. Untuk perangkat Samsung (terutama Galaxy Note) akan diberi bonus level. Yaitu level eksklusif dan 30 level penantang (Danger Zone).

Angry Birds Heikki[sunting | sunting sumber]

Rovio merilis Angry Birds Heikki yang berbasis Web. Penggunaan nama Heikki diambil dari nama salah satu pembalap Formula One bernama Heikki Kovalainen.

Angry Birds Star Wars[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2012 Rovio mengumumkan permainan baru Angry Birds yang berdasarkan trilogi film Star Wars. Beberapa Level berdasarkan 2 tipe permainan dengan cara normal atau cara "Gravity Force".

Angry Birds Star Wars 2[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Juli 2013 Rovio mengumumkan sebuah Angry Birds baru yang berdasarkan prequel trilogi dari film Star Wars. Angry Birds Star Wars 2 akan mengunakan sebuah gameplay baru yang disebut "TELEPOD", sebuah benda mirip tabung yang akan mengirimkan karakter berupa mainan masuk ke game tersebut. TELEPOD dibuat oleh Hasbro.

Angry Birds GO![sunting | sunting sumber]

Rovio merilis Angry Birds GO! Desember 2013. Angry Birds GO! menjadi game "Balapan Kart" dan game 3D Angry Birds yang pertama.

Karakter utama (The Flock)[sunting | sunting sumber]

Red (Red Bird, bahasa Indonesia: Burung Merah) (karakter pertama)

Burung ini adalah karakter utama dalam game ini burung ini adalah burung paling pemarah dan tidak mempunyai kekuatan spesial, namun di Red's Mighty Feathers burung ini mempunyai kekuatan spesial yaitu menghancurkan kendaraan babi.

The Blues (Blue Bird, bahasa Indonesia: Burung Biru)

Burung ini adalah burung yang terdiri dari tiga burung (Jay , Jake dan Jim) kekuatan spesial burung ini adalah membunuh babi secara berkelompok dan suka menghancurkan es.

Chuck (Yellow Bird, bahasa Indonesia: Burung Kuning)

Burung yang berbentuk segitiga ini sangat cepat dan gesit sehingga dapat menghancurkan kayu hingga berkeping-keping kekuatan spesial burung ini adalah membuat dirinya lebih cepat dibanding sebelumnya

Bomb (Black Bird, bahasa Indonesia: Burung Hitam)

Burung ini dapat meledak sehingga dapat membunuh banyak babi dan struktur. Kekuatannya adalah meledak sehingga dapat menghancurkan batu.

Matilda (White Bird, bahasa Indonesia: Burung Putih)

Burung ini berbentuk seperti telur ini menyukai Bomb dan berkekuatan melempar telur secara menurun ke babi atau struktur.

Hal (Boomerang Bird, bahasa Indonesia: Burung Bumerang)

Burung ini mempunyai paruh yang panjang dan berkekuatan seperti bumerang.

Terence (Big Brother Bird, bahasa Indonesia: Burung Jantan Besar)

Burung ini berkekuatan besar untuk menghancurkan semua yang ada di depannya karena berbadan besar.

Bubbles (Orange Bird, bahasa Indonesia: Burung Jingga)

Burung ini mempunyai kekuatan menjadi besar, tetapi burung ini berukuran sangat kecil.

Stella (Pink Bird, bahasa Indonesia: Burung Pink)

Burung ini mempunyai kekuatan mengangkat struktur dan babi dengan balon.

Mighty Eagle

Burung ini adalah burung yang menyukai sarden dan kekuatannya menghancurkan semuannya sampai kosong yang didorong oleh sarden.

Pigs (bahasa Indonesia: Babi)

Gerombolan babi yang merupakan musuh utama di permainan video ini yang suka mencuri telur para burung. Jenisnya adalah King Pig, Corporal Pig, Foreman Pig, Minion Pig (nama diambil dari Minion yang ada di film Despicable Me, terdiri dari 3 jenis babi), Chef Pig, Chronicler Pig, Mechanic Pig dan Freckled Pig.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rovio : Angry Birds Hit 1 Billion downloads". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-31. Diakses tanggal 2012-08-15. 
  2. ^ detikinet:PM Inggris pun Tergila-gila Angry Birds
  3. ^ "Petsmartgo.com". Diakses tanggal 2014-02-16. 
  4. ^ "Angry Birds making its way to to bada OS for free – only for Wave III for now". GSMArena.com. January 4, 2012. Diakses tanggal January 5, 2012. 
  5. ^ "Angry Birds for Java mobile". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-11. Diakses tanggal 2012-01-26. 
  6. ^ "Dailysocial.net". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-16. Diakses tanggal 2012-02-16. 
  7. ^ Angry birds arrives on Samsung smart tvs uses motion control

Pranala luar[sunting | sunting sumber]