Angkutan umum di Istanbul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jaringan rel transitIstanbul.

Angkutan umum di Istanbul adalah sebuah jaringan bus besar, berbagai sistem rel, digerakkan dan servis bahari untuk lebih dari 11 juta orang penduduk kota menjalar tentang bidang sebanyak 5712 km².

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Angkutan jalan umum di perjanjian Istanbul kembali ke 30 Agustus, 1869, waktu sehelai kontrak untuk membuat sistem trem di ibu kota Kesultanan Utsmaniyah, ditandatangani. Dengan persetujuan ini, Konstantin Krepano Efendi mendapatkan konsesi untuk menjalankan transportasi umum selama empat puluh tahun. Pelantikan sebanyak empat garis trem yang dikemudikan oleh kuda pada 1871. Pada tahun pertama, horsecars mengangkut 4,5 juta orang di garis Azapkapı-Galata, Aksaray-Yedikule, Aksaray-Topkapı dan Eminönü-Aksaray. Lebih banyak garis ditambahkan di pengikut-pengikut tahun-tahun. 430 ekor kuda dipergunakan untuk menggambar ke-45 gerbong, termasuk 15 musim panas-macam dan beberapa bis bertingkat, di meteran mengukur jalan setapak. Pada 1912, trem ditarik kuda paksa berhenti untuk menjalankan selama satu tahun karena Kementerian Penjagaan menyuruh semua kuda ke muka selama Perang Balkan. Jaringan trem digemparkan oleh kawat kontak diatas pada 2 Februari, 1914. Trem mulai mengenai bagian Anatolian Istanbul pada 8 Juni, 1928 antara Üsküdar dan Kısıklı. Oleh 1950, panjang garis trem mencapai 130 km. Trem atas industri jawa atas bagian Eropa sampai 12 Agustus, 1961 dan atas bagian Anatolian sampai 14 November, 1966.

Baru dihidupkan lagi bersejarah trem garis di Kadıköy

Waktu sama sebagai horsecar mulai berlangsung, pembuatan Tünel, film pendek digerakkan dengan kabel di antara Pera dan Galata, mulai mengerjakan 30 Juli, 1871. Yang dibuka yang digerakkan dengan kabel untuk melayani pada 5 Desember, 1874, kereta-api bawah tanah kedua yang paling tua di dunia setelah bawah tanah London. Pada mulanya, hanya barang-barang dan binatang diangkut. Pada 17 Januari, 1875, sesudah menyelesaikan percobaan jalan, yang digerakkan dengan kabel dilepaskan sampai angkutan umum, yang masih beroperasi.

Transportasi hari ini[sunting | sunting sumber]

Bus sistem[sunting | sunting sumber]

Armada bus menyebabkan 2.858 kendaraan dibangun oleh MAN (448), Ikarus (1,291), Mercedes-Benz (988), DAF/Optare (39) dan Berkhof (6).

Digerakkan[sunting | sunting sumber]

Istanbul dilayani di samping dua jalan kereta api digerakkan dengan kabel yang bawah tanah, umur yang sangat berbeda dan gaya.

Yang lebih tua ini garis adalah Tünel. Garis ini adalah bawah tanah yang paling tua metro garis di Eropa kontinental, dan detik pada dunia setelah London. Tünel sepanjang 573 m oleh perbedaan ketinggian sebanyak 60 m dengan tidak stasiun yang di antaranya yang mana pun di antara Karaköy dan Tünel Square. Sudah berfungsi secara terus-menerus sejak 1875. Dua kereta api mengenai satu rel tiap 3,5 menit dan, perjalanan mengambil 1,5 menit. 15.000 orang sedang diangkut tiap hari.

Digerakkan dan Kabataş-Taksim

Digerakkan dengan kabel, Kabataş-Taksim Digerakkan, yang dibuka pada Juni 2006, menghubungkan Kabataş dan Taksim. Sistem ini menyambung stasiun bis laut dan perhentian trem di Kabatas ke metro stasiun di Taksim.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]