Andy Murray

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Andy Murray

Andrew "Andy" Murray (lahir di Glasgow, Skotlandia, 15 Mei 1987; umur 27 tahun) adalah seorang petenis Skotlandia. Sekarang ini, Murray adalah petenis Britania Raya dengan ranking tunggal tertinggi. Sampai 18 Agustus 2013, Murray menempati ranking 2 dunia. Murray mempunyai seorang kakak laki-laki, Jamie Murray, yang merupakan petenis Britania Raya dengan ranking ganda tertinggi.

Sekarang, Murray memiliki tinggi badan 190 cm, tingginya telah bertambah 3 cm selama tahun 2006.

Murray dilatih oleh Brad Gilbert, yang juga pernah melatih petenis Amerika Serikat Andy Roddick. Murray berteman baik dengan pemain muda lainnya dari Serbia, Novak Djokovic.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Antara umur 11 dan 13, Murray merupakan anggota tim junior tennis di Klub Next Generation di Newhaven, Edinburgh, di mana dia sering bermain. Umur 14, dia pindah ke Barcelona, di Spanyol, di mana dia sekolah di Schiller International School dan dilatih di lapangan tanah liat di Sanchez-Casal Academy, di mana dia diberi julukan 'Lazy English'. Dia memenangkan gelar Boys Singles di AS Terbuka 2004, dan memenangkan BBC Young Sports Personality of the Year. Dia menyelesaikan sekolah pada 2005.

Bulan Maret 2005, dia diajak untuk bermain ganda untuk Tim Piala Davis Britania Raya untuk melawan Israel. Murray dan David Sherwood menciptakan kemenangan tak terduga melawan tim ganda Israel, yang pada waktu itu berada pada peringkat 8 dunia dan mencapai semifinal Wimbledon 2003. Ini membantu Britania Raya untuk menang 3-2.

Pada tahun 2013, Murray menciptakan sejarah dengan memenangi Grand Slam Wimbledon atas unggulan pertama saat itu Novak Djokovic sekaligus menjadi juara Wimbledon asal Britania pertama sejak terakhir kali Fred Perry pada tahun 1936.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]