André Soeperman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangAndré Soeperman
Biografi
Kelahiran2 Agustus 1929
Kematian31 Desember 1977 (48 tahun)
Kegiatan
Pekerjaanpolitikus, menteri

Soejadin André Soeperman (2 Agustus 1929 – 31 Desember 1977) adalah politikus Suriname keturunan Jawa.

SA. Soeperman merupakan anak sulung dari 3 bersaudara, terlahir dari pasangan Charles Soeperman dan Djimikem alias Mbok Wirodinomo. Djimikem berasal dari Kembang, Keputran, Kemalang, Klaten[1], Hindia-Belanda (kini Indonesia), yang tiba di Suriname pada tahun 1917, dan bekerja di perkebunan Slootwijk, Commewijne. Sebelum menikah dengan Soeperman, Djimikem pernah menikah dengan Ngadin asal Ngadiluwih, Kediri, dan memiliki 1 putera.

Setamat ULO di Paramaribo, SA. Soeperman mengikuti pendidikan telegrafi di Angkatan Laut Belanda dan setelah itu ia juga bekerja di berbagai kapal perang. Sekembalinya ke Suriname, ia bekerja sebagai telegrafis kelas 1 di Dinas Telegrafi dan Telefon. Sekitar tahun 1953, ia bekerja sebagai telegrafis di Lapangan Udara Zanderij.

Di akhir tahun 1963, terjadi krisis kabinet sebagai akibat peristiwa Ormet sehingga Partai Rakyat Progresif Suriname (PSV) harus mundur dari koalisi. Tokoh PSV, Coen Ooft mundur sebagai Menteri Ekonomi dan digantikan oleh R.S. Soemodihardjo dari KTPI. Keadaan berubah di tengah tahun 1964 ketika August Riboet menggantikan Soemodihardjo. Masalah baru segera muncul ketika Riboet dijatuhi hukuman penjara selama 9 bulan. Dalam keadaan seperti itu, SA. Soeperman muncul sebagai menteri ekonomi yang baru dari KTPI. Sekali lagi, muncul masalah ketika terjadi perbedaan pendapat serius dengan direktur di departemennya yang kemudian membuat dewan menteri menginstruksikan pada sebuah komisi untuk menyelidiki hubungan kekuasaan di departemen itu. Kemudian, Soeperman melarang pegawainya memberikan keterangan pada komisi itu sehingga dewan menteri menarik kepercayaan dari tangan Soeperman pada bulan Maret 1965.

Setelah itu, Soeperman pernah bekerja sebagai pegawai teknis senior di Kementerian Pekerjaan Umum. Selama pemilihan umum tahun 1973, KTPI duduk dalam Kombinasi Partai Nasional dan memenangkan PemilU. Dalam kabinet yang dipimpin PM Henck Arron, ada 2 menteri dari KTPI: Soeperman sebagai MenSos dan William Soemita sebagai Menteri Pertanian, Peternakan, dan Perikanan. Di awal tahun 1977, ada dugaan kuat bahwa Willy Soemita telah menerima suap dan ketika parlemen menuntut Soemita, kedua menteri tersebut mengundurkan diri pada bulan Maret. Ketika KTPI kembali ke koalisi, Soeperman kembali pula ke kedudukan lamanya. Akhirnya Soemita dijatuhi hukuman sel dan kedudukannya digantikan mitra partainya Cornelis Sarjadi Hendrik Ardjosemito. Setelah PemilU 1977, kabinet baru diambil sumpah dengan Ardjosemito sebagai MenSos. Beberapa hari kemudian, Soeperman meninggal dalam usia 48 tahun.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
August Riboet
Menteri Ekonomi
1964 - 1965
Diteruskan oleh:
George Rakim
Didahului oleh:
Toyabali Ahmadali
Menteri Sosial
1973 - 1977
Diteruskan oleh:
Cornelis Ardjosemito