Andrea Gail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Andrea Gail

Andrea Gail adalah kapal nelayan yang hilang pada saat mencari ikan di laut dan diabadikan kisahnya dalam film Perfect Storm produksi tahun 1991. Andrea Gail mempunyai panjang 72 kaki yang dibuat di Panama City, Florida, Amerika pada tahun 1978 dan bernama asli "Miss Penny".

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Andrea Gail mengarungi perjalanan terakhirnya dari Gloucester pada 20 September 1991 menuju Grand Banks. Setelah mengalami hasil tangkapan yang kurang begitu baik di Grand Banks, Kapten Billy Tyne berencana akan mengarungi lautan menuju wilayah yang kaya ikan di Flemish Cap.

Kapal nelayan itu kembali menjelajah lautan untuk mencari ikan pada tanggal 26 Oktober 1991. Laporan kontak terakhir dari Andrea Gail sekitar jam 18:00 sore waktu setempat pada 28 Oktober 1991.

Kapten Tyne melaporkan kordinatnya terakhirnya pada 44 derajat lintang utara dan 56,4 derajat bujur barat atau sekitar 180 mil (330 km) timurlaut dari Pulau Sable.

Dia juga melaporkan keadaan tinggi gelombang laut 30 kaki (9 m) dan kecepatan angin diatas 80 knots (148 km/jam). Pada saat itu memang tengah terjadi badai di tengah laut dekat mereka berlayar mencari ikan. Kapten Tyne pada kontak terakhirnya sempat yang terekam adalah, "She's comin' on boys, and she's comin' on strong!"

Badai saat itu dapat menghasilkan gelombang laut setinggi hingga 100 kaki (hampir 30 meter), dan ombak tersebut menghempaskan Andrea Gail dan keenam awak kapalnya di tengah laut sekitar Pulau Sable.

Tidak ada laporan dan pesan lebih lanjut mengenai suara terakhir sang kapten dan tidak ada kapal lain yang melaporkan mendengar panggilan kemalangan lainnya dari kapten kapal Andrea Gail. Pada 30 Oktober 1991, kapal nelayan Andrea Gail dinyatakan hilang dan karam. Sebuah pencarian besar-besaran segera diadakan oleh 106th Rescue Wing dari New York Air National Guard, States Coast Guard dan Canadian Coast Guard. Luas kawasan pencarian oleh ketiga tim mencakup wilayah seluas 400.000 km²

Pada tanggal 8 November 1991, Andrea Gail emergency position-indicating radio beacon (EPIRB) ditemukan terhanyut dan mendarat dipantai Pulau Sable.

Awak Kapal[sunting | sunting sumber]

Seluruh awak kapal Andrea Gail pada saat perjalanan terakhir dan hilang di tengah laut oleh badai pada saat itu dinyatakan tewas. Mereka adalah: Captain Billy Tyne, Robert "Bobby" Shatford, Dale "Murph" Murphy, David "Sully" Sullivan, Michael "Bugsy" Moran, dan Alfred Pierre.

Hingga kini kapal nelayan Andrea Gail beserta semua awak kapalnya tidak pernah atau belum ditemukan. Beberapa drum bahan bakar, alat posisi EPIRB, jaket pelampung dan beberapa peralatan kapal yang tercecer dipermukaan laut saja yang hingga kini dapat ditemukan.