Andre Massena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Andre Massena, Adipati Rivoli, Pangeran dari Essling, marsekal Perancis

Andre Massena, Adipati Rivoli, Pangeran dari Essling (6 Mei 1758–4 April 1817) adalah komandan militer tentara Perancis selama Perang Revolusi Perancis dan Perang Napoleon. Dia dianggap oleh banyak sejarawan militer sebagai salah seorang komandan besar yang pernah dilahirkan oleh Perancis dan sering mendapat peringkat tertinggi di antara jenderal-jenderal seangkatannya dan hanya kalah dari Napoleon sendiri.

Napoleon-pun mengakui hal ini dan pernah berucap mengenai Massena, yaitu : Dia adalah nama besar yang pernah ada dalam kekuatan militerku. Merujuk tulisan dari Donald D. Horward mengenai Messena: karier militer-nya hanya bisa disamai oleh sedikit komandan dalam sejarah militer Eropa.

Banyak anak buahnya yang sukses menapaki karier militer setelah menjadi bawahannya, dan memang sebagian besar marsekal Perancis pernah dibawah perintahnya, mereka menyaksikan bagaimana briliannya Massena dalam menjalankan tugas.

Massena adalah salah satu dari 18 marsekal bentukan Napoleon sendiri. Nama samarannya adalah l'Enfant chéri de la Victoire ("Putra Kemenangan")