Andi Meriem Mattalatta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Andi Meriem Mattalata)

Andi Meriem Mattalatta
Foto diri Andi Meriem Mattalatta dalam sampul album kasetnya "Pop Indonesia Vol. 2: Andi Meriem Mattalatta"
LahirAndi Siti Meriem Nurul Kusumawardhani Mattalatta
(1957-08-31)31 Agustus 1957
Makassar, Sulawesi, Indonesia
Meninggal4 Juni 2010(2010-06-04) (umur 52)
Zoetermeer, Belanda
MakamPemakaman di Kabupaten Barru
AlmamaterUniversitas Hasanuddin
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif1976–2010
Suami/istriBambang Irawan Tasning Daeng Irate
Anak1
Orang tuaAndi Mattalatta (ayah)
KeluargaHaeruddin Tasning Daeng Toro (Mertua)
Karier musik
GenrePop
InstrumenVokal
Label
Artis terkait

Andi Siti Meriem Nurul Kusumawardhani Mattalatta (31 Agustus 1957 – 4 Juni 2010) adalah seorang penyanyi Indonesia keturunan Bugis, Sulawesi Selatan. Ia dijuluki "Mutiara dari Selatan" oleh seorang komposer bernama Iskandar yang juga menciptakan lagu dengan nama yang sama untuknya. Ia telah menjalani karier yang sukses secara komersial sebagai artis solo sejak tahun 1970-an, setelah merilis 17 album studio dan 12 album kompilasi dari tahun 1976 hingga 2001.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Sebagai seorang yang sukses meniti karier sebagai penyanyi pop di tingkat nasional, Andi Meriem Mattalatta dikenal sebagai seorang yang merakyat. Semasa kuliah pada program sarjana muda Sastra Inggris awal tahun 70-an, dia lebih senang naik becak ke kampusnya di Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang, yang kontras dengan kedudukan orangtuanya yang cukup berada dan terhormat. Di kampus dan dalam pergaulan sehari-harinya, Andi Meriem juga dikenal sebagai gadis sederhana dalam berpakaian dan bergaul.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ayahnya adalah Mayor Jenderal (purn.) Andi Mattalatta, adalah orang yang terpandang di Sulawesi Selatan. Ia memiliki andil besar dalam pembangunan Stadion Mattoanging Makassar dan pengembangan dunia olahraga di Sulawesi Selatan. Dia juga merupakan mantan Ketua KONI Sulsel yang namanya kemudian diabadikan sebagai bagian nama stadion Sulsel tersebut, yaitu Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Andi Meriem Mattalatta bersama ayah dan saudara-saudaranya adalah penggemar olahraga, khususnya olahraga ski air. Andi Meriem adalah anak kelima dari enam bersaudara, mulai dari Hermien, Ilhamsyah (satu-satunya laki-laki), Radlia, Faridha, Meriem, dan kemudian Soraya.

Andi Meriem menikah dengan Bambang Irawan Tasning, memiliki seorang anak bernama Dhania.

Karier[sunting | sunting sumber]

Meriem dan Farida pernah beberapa kali mendapat juara ski di Ujung Pandang. Meriem mulai menyanyi ketika masih duduk di kelas V Sekolah Dasar tahun 1970 berhasil mendapatkan posisi juara I lomba menyanyi pop se-Ujung Pandang. Ia termasuk 10 finalis dalam lomba nyanyi pop se-Indonesia pada tahun 1973.

Andi Meriem terorbit ke permukaan dunia musik nasional setelah tampil dalam rekaman pertamanya Mutiara dari Selatan ciptaan Iskandar. Dari Iskandarlah Meriem banyak berguru dalam seni suara. Guru lainnya dalam soal menyanyi ialah Arifin yang pernah bekerja di KRI Ujungpandang (sekarang Makassar).

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]