Anastasia dari Kiev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anastasia dari Kiev
Ratu Hongaria
Anastasia of Kiev .jpg
Memerintah 1046–1060
Koronasi 1046
Pengganti Adelaide/Rixa dari Polandia
Pasangan András yang Putih
Anak
Adelaide
Salamon
David
Nama lengkap
Anastasia Yaroslavovna
Wangsa Rurik
Ayah Yaroslav yang Bijaksana
Ibu Santa Anna
Lahir ~1023
Meninggal 1074/1096 [usia ~51/73]
Biara Admont, Stiria
Dikubur Biara Admont, Stiria

Anastasia dari Kiev (sekitar tahun 1023 – 1074/1096) merupakan seorang Ratu Hongaria sebagai istri Raja András yang Putih. Ia merupakan putri sulung Pangeran Agung Yaroslav I yang Bijaksana dari Kiev dan Santa Anna, dan kakak perempuan Anne dari Kiev, Permaisuri Henry I dari Perancis.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Fresco abad ke-11 Katedral Santa Sophia di Kiev menampilkan putri-putri Yaroslav I, dengan Anna kemungkinan sebagai anak bungsu. Putri-putri lainnya adalah Anastasia istri András I dari Hongaria, Elizabeth istri Harald III dari Norwegia, dan mungkin Agatha, istri Edward yang Diasingkan.

Pada sekitar tahun 1039, Anastasia menikah dengan Adipati András I dari Hongaria, yang telah menetap di Kiev setelah ayahnya Vazul ambil bagian di dalam usaha pembunuhan Raja István I dari Hongaria.

Pada tahun 1046, suaminya kembali ke Hongaria dan naik tahta sebagai Raja András I setelah mengalahkan Raja Peter I. Anastasia mengikuti suaminya ke kerajaan tersebut. Kemungkinan ia yang membujuk suaminya untuk mendirikan sebuah lavra di Tihany untuk Hermit yang datang ke Hongaria dari Rus Kiev. Pasangan kerajaan tersebut tidak memiliki seorang putra sampai tahun 1053, ketika Anastasia melahirkan Salamon. Akan tetapi, kelahiran dan koronasi Solomon menyebabkan suatu konflik yang menyakitkan hati di antara Raja András I dan adiknya Adipati Béla, yang adalah pewaris tahta sampai kelahiran anak itu.

Ketika Adipati Béla memberontak melawan Raja András pada tahun 1060, raja mengirim istri dan anak-anaknya ke istana Adalbert, Margrave Austria. Raja András dikalahkan dan meninggal tak lama kemudian, dan saudaranya dimahkotai Raja Hongaria pada tanggal 6 Desember 1060.

Anastasia mencari bantuan Raja Heinrich IV dari Jerman, yang saudarinya, Judith dijodohkan dengan bocah Salamon pada tahun 1058. Pada saat tentara Jerman memasuki Hongaria untuk membantu Salamon melawan pamannya, Raja Béla I meninggal pada tanggal 11 September 1063 meninggal dan putra-putranya, Géza, Ladislaus dan Lampert melarikan diri ke Polandia.

Bocah Solomon dimahkotai pada sekitar tanggal 27 September 1063. Pada saat koronasi putranya, Anastasia memperlihatkan sebilah pedang yang diduga adalah milik Attila kepada Adipati Otto II dari Bayern yang merupakan pemimpin tentara Jerman. Diantara tahun 1060 dan 1073 Raja Solomon memerintah kerajaannya berkolaborasi dengan sepupu-sepupunya, Adipati-adipati Géza, Ladislaus dan Lampert yang kembali ke Hongaria dan mengakui pemerintahannya. Namun, pada tahun 1074 ketiga bersaudara itu memberontak melawan sepupu mereka, dan mengalahkannya pada tanggal 14 Maret 1074. Raja Salamon melarikan diri ke perbatasan Barat Hongaria dimana ia hanya dapat menjaga pemerintahannya hanya beberapa propinsi Moson dan Pozsony (bahasa Slowakia: Bratislava).

Anastasia mengikuti putranya, namun ibu dan anak itu kerap berselisih dan ia pindah ke Biara Admont dimana ia tinggal sebagai seorang biarawati sampai kematiannya. Ia dimakamkan di dalam Biara.

Pernikahan & Keturunan[sunting | sunting sumber]

# sekitar tahun 1039: Raja András I dari Hongaria (sekitar tahun 1015 – sebelum tanggal 6 Desember 1060)

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Anastasia of Kiev

  • Kristó, Gyula - Makk, Ferenc: Az Árpád-ház uralkodói (IPC Könyvek, 1996)
  • Korai Magyar Történeti Lexikon (9-14. század), főszerkesztő: Kristó, Gyula, szerkesztők: Engel, Pál és Makk, Ferenc (Akadémiai Kiadó, Budapest, 1994)
  • Magyarország Történeti Kronológiája I. – A kezdetektől 1526-ig, főszerkesztő: Benda, Kálmán (Akadémiai Kiadó, Budapest, 1981)
Anastasia dari Kiev
Lahir: sekitar 1023 Wafat: sekitar 1074/1096
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Putri Pangeran Géza?
Permaisuri Hongaria
1046–1060
Diteruskan oleh:
Richeza dari Polandia