An-Nu'man bin Muqarrin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari An-Numan bin Muqarrin)

An-Nu'man bin Muqarrin al-Muzani (Arab: النعمان بن مقرن المزني, w. 641) adalah Sahabat Nabi Muhammad, yang termasuk kaum Anshar.

Biografi[sunting | sunting sumber]

An-Nu'man bin Muqarrin berasal dari Bani Muzainah yang tinggal antara Madinah dan Mekkah. Ia dan kesembilan saudaranya menyatakan keislamannya setelah mendengar kebenaran ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad. Ia tidak mengikuti pertempuran Badar dan Pertempuran Uhud, karena pada saat itu belum memeluk Islam.

Setelah memeluk Islam, ia mengikuti setiap pertempuran untuk membela kebenaran Islam. Setelah Nabi Muhammad wafat, Ia ikut dalam pertempuran-pertempuran untuk memberantas nabi-nabi palsu setelah wafatnya Nabi Muhammad. Selanjutnya ia ikut dalam penaklukan Islam ke Persia.

Sebagai gubernur Kaskar[sunting | sunting sumber]

Setelah kota Kaskar ditaklukkan, An-Nu'man diangkat menjadi gubernur wilayah tersebut. Lalu An-Nu'man mengirim surat kepada Khalifah Umar bin Khattab yang isinya agar ia dipecat dan meminta agar dirinya diikutsertakan dalam pasukan Islam yang lain. Umar kemudian menerima permintaannya dan mengangkatnya sebagai panglima di Pertempuran Nahawand.[1]

Dia kemudian terbunuh selama fase kedua Pertempuran Nahawand pada minggu ketiga bulan Desember 641.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ash-Shallabi, Prof. Dr. Ali Muhammad. Biografi Umar bin Al-Khathab. Pustaka Al-Kautsar. hlm. 681. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-18. Diakses tanggal 2021-08-08. 
  2. ^ Hadrat 'Umar Faroooq, Prof. Masudul Hasan, Islamic Publications Lahore