Bandar Udara Internasional Schiphol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandar Udara Schiphol Amsterdam

Koninklijke Luchthaven Schiphol
Informasi
JenisPublik
Pemilik/PengelolaRoyal Schiphol Group
MelayaniAmsterdam Raya
LokasiHaarlemmermeer, Belanda
Maskapai penghubung
Maskapai utama
Ketinggian dpl−3 mdpl
Koordinat52°18′29″N 004°45′51″E / 52.30806°N 4.76417°E / 52.30806; 4.76417
Situs webwww.schiphol.nl
Peta
AMS/EHAM di Belanda
AMS/EHAM
AMS/EHAM
Lokasi di Belanda
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
m kaki
18R/36L "Polderbaan" 3.800 12.467 Aspal
06/24 "Kaagbaan" 3.500 11.483 Aspal
09/27 "Buitenveldertbaan" 3.453 11.329 Aspal
18L/36R "Aalsmeerbaan" 3.400 11.155 Aspal
18C/36C "Zwanenburgbaan" 3.300 10.827 Aspal
04/22 "Oostbaan" 2.014 6.608 Aspal
Statistik (2022)
Penumpang52.472.188
Pergerakan pesawat266.967
Kargo (ton)1.667.304
Dampak ekonomi (2016)$27,3 miliyar[1]
Area landasan2.787 ha[2]

Bandar Udara Schiphol Amsterdam (IATA: AMSICAO: EHAM), dikenal informasi sebagai Bandar Udara Schiphol (Belanda: Luchthaven Schiphol, pelafalan [ˌlʏxtɦaːvə(n) ˈsxɪp(ɦ)ɔl]),[a] adalah bandara utama di Belanda yang terletak di selatan Amsterdam, persisnya di gemeente Haarlemmermeer. Schiphol adalah salah satu dari bandara-bandara di Eropa yang bersaing menjadi pintu masuk utama ke benua tersebut bersama Bandara London Heathrow di London, Britania Raya; Bandara Internasional Frankfurt di Frankfurt am Main, Jerman; dan Bandara Internasional Charles de Gaulle di Paris (Roissy), Prancis. Schiphol adalah bandara tersibuk ketiga di dunia menurut lalu lintas penumpang internasional pada tahun 2021. Dengan hampir 72 juta penumpang pada tahun 2019, Schiphol adalah bandara tersibuk ketiga di Eropa menurut volume penumpang dan tersibuk di Eropa menurut pergerakan pesawat. Dengan tonase kargo tahunan sebesar 1,74 juta, Schiphol adalah yang tersibuk ke-4 di Eropa. Bandara ini mencakup lahan seluas 2.787 hektar (10.761 sq mi; 6.887 acre).[7] Bandara ini dibangun dengan konsep terminal tunggal: satu terminal besar yang dibagi menjadi tiga aula keberangkatan.

Schiphol dibangun sebagai sebuah terminal besar yang kemudian dibagi menjadi tiga bagian, yang terakhir selesai pada 1994. Rencana untuk ekspansi selanjutnya juga sudah muncul. Bandara ini memiliki lima landasan pacu utama dan sebuah lagi untuk penerbangan lain. Landasan pacu "kelima", yang sebenarnya keenam, selesai pada tahun 2003 dan rencana untuk landasan ketujuh sudah ada.

Bandara Schiphol merupakan pusat operasi maskapai KLM, Martinair, dan Transavia. Karena padatnya lalu lintas dan biaya yang tinggi, beberapa maskapai pindah ke bandara lain yang lebih kecil seperti di Groningen, Rotterdam, Eindhoven dan Maastricht.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Terminal[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk Bandar Udara Schiphol
Area check-in Bandar Udara Schiphol
Aula Schiphol Plaza

Schiphol menerapkan konsep terminal tunggal, dimana semua fasilitas berada di bawah satu atap, terpancar dari pusat plaza, Schiphol Plaza. Terminal ini dibagi menjadi tiga area atau aula masing-masing yang dinomori 1, 2 dan 3. Pier dan concourse masing-masing aula ini terhubung sehingga memungkinkan petugas keamanan atau inspeksi perbatasan untuk berjalan di antara ketiga aula dan pier, meskipun pos kontrol perbatasan memisahkan wilayah Schengen dari wilayah non-Schengen. Pengecualian untuk Pier M khusus maskapai berbiaya rendah: setelah melewati area keamanan, penumpang tidak dapat mengakses area lain.

Bandara Schiphol memiliki sekitar 223[8] pintu keberangkatan, termasuk 18 pintu garbarata ganda yang digunakan untuk memasuki pesawat berbadan lebar. Bandara ini memiliki desain yang khas, dengan garbarata kedua memanjang di atas sayap pesawat yang digantung dari struktur kantilever baja. Pemugaran baru-baru ini membuat sebagian besar garbarata ini diganti dengan tata letak yang lebih konvensional. Dua pintu keberangkatan memiliki garbarata ketiga untuk pesawat Airbus A380. Emirates adalah maskapai pertama yang menerbangkan A380 ke Schiphol pada Agustus 2012, menggunakan pesawat tersebut pada layanan harian ganda Dubai–Amsterdam.[9] Selama musim panas, China Southern Airlines juga menggunakan A380 pada rute Beijing–Amsterdam.

Schiphol juga memiliki area perbelanjaan yang luas sebagai sumber pendapatan dan juga sebagai daya tarik tambahan bagi penumpang. Schiphol Plaza tidak hanya menghubungkan tiga ruang terminal tetapi juga memiliki fasilitas lainnya. Ini adalah pusat perbelanjaan pra-keamanan besar dan stasiun kereta Bandara Schiphol. Fasilitas ini juga menarik pengunjung umum.

Aula Keberangkatan 1[sunting | sunting sumber]

Aula Keberangkatan 1

Aula Keberangkatan 1 terdiri dari Pier B dan C, keduanya merupakan area khusus Schengen dan Pier D-nya berbagi tempat dengan Aula Keberangkatan 2. Pier B memiliki 14 pintu keberangkatan dan Pier C memiliki 21 pintu keberangkatan.

Aula Keberangkatan 2[sunting | sunting sumber]

Aula Keberangkatan 2

Aula Keberangkatan 2 terdiri dari Pier D dan E.

Pier D merupakan pier terbesar dan memiliki dua tingkat. Lantai bawah menampung penerbangan non-Schengen dan lantai atas digunakan untuk penerbangan Schengen. Dengan menggunakan tangga, garbarata yang sama digunakan untuk mengakses pesawat. Pintu keberangkatan Schengen diberi nomor dimulai dengan D-59; pintu keberangkatan non-Schengen diberi nomor dari D-1 hingga D-57.

Pier E adalah area khusus non-Schengen dan memiliki 14 pintu keberangkatan. Pier ini adalah rumah bagi maskapai hub SkyTeam yakni Delta Air Lines dan KLM, bersama dengan anggota lainnya seperti China Airlines dan China Southern Airlines. Maskapai Asia dan Timur Tengah lainnya seperti Air Astana, EVA Air, Etihad Airways, dan Iran Air juga biasanya beroperasi dari Pier E.

Aula Keberangkatan 3[sunting | sunting sumber]

Aula Keberangkatan 3

Aula Keberangkatan 3 terdiri dari tiga pier: F, G, dan H/M. Pier F memiliki 8 pintu keberangkatan dan biasanya didominasi oleh anggota SkyTeam seperti maskapai utama KLM, Kenya Airways, China Airlines, China Southern Airlines, dan anggota lainnya. Pier G memiliki 13 pintu keberangkatan. Pintu keberangkatan F dan G ini khusus untuk area non-Schengen.

Pier H dan M secara fisik merupakan satu concourse yang terdiri dari 7 pintu keberangkatan bersama dan merupakan rumah bagi maskapai berbiaya rendah. Beroperasi sepenuhnya secara terpisah, Pier H menangani penerbangan non-Schengen sementara Pier M didedikasikan khusus penerbangan di wilayah Schengen.

A380[sunting | sunting sumber]

Pintu keberangkatan G9, E18 dan E24 (E24 diperbarui pada tahun 2019) dilengkapi untuk menangani layanan harian Airbus A380 oleh Emirates dan China Southern Airlines.[10]

Terminal penerbangan umum[sunting | sunting sumber]

Schiphol Tower

Terminal penerbangan umum terbaru dibuka pada tahun 2011 di sisi timur bandara, dioperasikan sebagai KLM Jet Center. Gedung terminal baru ini memiliki luas lantai 6.000 m2; dengan 1.000 m2 untuk terminal dan lounge sebenarnya, 4.000 m2 untuk ruang kantor, dan 1.000 m2 untuk area parkir.[11]

Fasilitas lainnya[sunting | sunting sumber]

Rijksmuseum mengoperasikan paviliun di bandara ini, menawarkan ikhtisar singkat tentang seni klasik dan kontemporer.[12] Memasuki area pameran ini adalah gratis.

Untuk para penggemar penerbangan, Bandar Udara Schiphol Amsterdam memiliki area pemandangan luas di area atap yang disebut "Panoramaterras". Tempat ini tidak dapat diakses oleh penumpang lanjutan kecuali mereka harus keluar dari bandara. Peminat dan masyarakat umum bisa masuk, gratis, dari lantai dasar bandara. Sejak Juni 2011, tempat ini menjadi lokasi yang diubah menjadi pameran tontonan untuk KLM Cityhopper Fokker 100.[13] Selain Panoramaterras, Schiphol memiliki lokasi spotting lainnya, terutama di sepanjang landasan terbaru Polderbaan dan di restoran McDonald's di sisi utara bandara.

Schiphol juga memiliki Hilton Amsterdam Airport Schiphol berbentuk kubus yang canggih dengan 433 kamar, sudut membulat, dan jendela berbentuk berlian. Atrium yang luas memiliki langit-langit setinggi 41 m yang terbuat dari kaca dan berada di jantung bangunan. Sebuah jalan tertutup menghubungkan hotel langsung ke terminal bandara. Hotel ini selesai dibangun pada tahun 2015.[14]

Maskapai[sunting | sunting sumber]

MaskapaiTujuan
Aegean AirlinesAthena
Aer LingusCork, Dublin
AeroflotMoskwa-Sheremetyevo (ditangguhkan)
AeroméxicoKota Meksiko
Air ArabiaFez, Nador, Tangier
Air AstanaAtyrau
Air CairoCharter Musiman: Hurghada
Air CanadaToronto-Pearson
Air EuropaMadrid
Air FranceNantes, Paris-Charles de Gaulle, Rennes, Strasbourg
Musiman: Marseille
Air MaltaMalta
Air SerbiaBeograd
Air TransatMusiman: Montréal-Trudeau, Toronto-Pearson
American AirlinesPhiladelphia
Musiman: Dallas/Fort Worth
AnadoluJetIstanbul-Sabiha Gökçen
ArkiaTel Aviv
AtlasGlobalIstanbul
Austrian AirlinesWina
Blue AirBukares, Cluj-Napoca
British AirwaysLondon-Kota, London-Gatwick, London-Heathrow
Bulgaria AirSofia
Cathay PacificHong Kong
China AirlinesTaipei-Taoyuan
China Southern AirlinesBeijing-Daxing, Guangzhou
Corendon AirlinesMusiman: Heraklion
Corendon Dutch AirlinesAntalya, Fuerteventura, Funchal, Gran Canaria, Hurghada, Lanzarote, Tenerife-Selatan
Musiman: Alghero, Alicante, Banjul, Bodrum, Burgas, Catania, Corfu, Dalaman, Enfidha, Ercan, Faro, Heraklion, Ibiza, İzmir, Kos, Málaga, Mytilene, Natal, Ohrid, Palma de Mallorca, Preveza, Rhodes, Sal, Trapani, Zakynthos
Croatia AirlinesZagreb
Czech AirlinesPraha
Delta Air LinesAtlanta, Boston, Detroit, Kota Salt Lake, Minneapolis/St. Paul, New York-JFK, Orlando, Portland (OR), Seattle/Tacoma
easyJetAlicante, Basel/Mulhouse, Belfast-Internasional, Bergamo, Berlin, Bristol, Budapest, Kopenhagen, Edinburgh, Faro, Fuereteventura, Jenewa, Glasgow, Gran Canaria, Lisboa, Liverpool, London-Gatwick, London-Luton, London-Stansted, Málaga, Manchester, Milan-Linate, Milan-Malpensa, Napoli, Nice, Praha, Roma-Fiumicino, Tel Aviv, Venesia, Wina
Musiman: Birmingham, Catania, Corfu, Dubrovnik, Hurghada, Ibiza, Innsbruck, Lanzarote, Marrakech, Olbia, Palermo, Palma de Mallorca, Pula, Rhodes, Salzburg, Sharm El Sheikh, Split, Tenerife-South, Verona, Zadar
EgyptAirKairo
El AlTel Aviv
EmiratesDubai-Internasional
Etihad AirwaysAbu Dhabi
EurowingsHamburg, Stuttgart
EVA AirBangkok-Suvarnabhumi, Taipei-Taoyuan
FinnairHelsinki
FlyOneMusiman: Chișinău
Garuda IndonesiaJakarta-Soekarno-Hatta
Georgian AirwaysTbilisi
Iberia ExpressMadrid
IcelandairReykjavik-Keflavík
Iran AirTeheran-Imam Khomeini
ITA AirwaysMilan-Linate, Roma-Fiumicino
Jet2.comBirmingham, Leeds/Bradford
Kenya AirwaysNairobi-Jomo Kenyatta
KLMAalborg, Aberdeen, Abu Dhabi, Accra, Ålesund, Alicante, Aruba, Athena, Atlanta, Austin, Bahrain, Bengaluru, Bangkok-Suvarnabhumi, Barcelona, Basel/Mulhouse, Beijing-Ibu Kota, Belfast-Kota, Bergen, Berlin-Tegel, Bilbao, Billund, Birmingham, Bogotá, Bologna, Bonaire, Bordeaux, Boston, Bremen, Bristol, Brussel, Budapest, Buenos Aires-Ezeiza, Bukares, Cagliari, Calgary, Cape Town, Cardiff, Cartagena, Catania, Chengdu, Chicago-O'Hare, Cork, Curaçao, Dammam, Dar Es Salaam, Delhi, Denpasar/Bali, Dresden, Dubai-International, Dublin, Durham/Teesside, Düsseldorf, Edinburgh, Edmonton, Entebbe, Firenze, Fortaleza, Frankfurt, Gdańsk, Genoa, Glasgow, Göteborg, Graz, Guayaquil, Hamburg, Hangzhou, Hannover, Helsinki, Hong Kong, Houston-Intercontinental, Humberside, Inverness, Istanbul, Jakarta-Soekarno-Hatta, Jenewa, Johannesburg-O.R. Tambo, Kairo, Kigali, Kilimanjaro, Kopenhagen, Kota Meksiko, Kota Panama, Kraków, Kristiansand, Kuala Lumpur, Kuwait, Kyiv-Boryspil, Lagos, Las Vegas, Leeds/Bradford, Lima, Linköping, Lisbon, London-Heathrow, London-Kota, Los Angeles, Luanda, Luksemburg, Lyon, Madrid, Málaga, Manchester, Manila, Marseille, Miami, Milan-Linate, Milan-Malpensa, Minneapolis/St. Paul, Montpellier, Montréal-Trudeau, Moskwa-Sheremetyevo, Mumbai, München, Muscat, Nairobi-Jomo Kenyatta, Nantes, Napoli, Newcastle upon Tyne, New York-JFK, Nice, Norwich, Nuremberg, Osaka-Kansai, Oslo, Tocumen, Paramaribo, Paris-Charles de Gaulle, Porto, Poznań, Praha, Quito, Rio de Janeiro-Galeão, Riyadh, Roma-Fiumicino, Sandefjord, San Francisco, Santiago de Chile, São Paulo-Guarulhos, Seoul-Incheon, Shanghai-Pudong, Singapura, Sint Maarten, Stavanger, Stockholm-Arlanda, Stuttgart, Taipei-Taoyuan, Teesside, Tel Aviv (ditangguhkan), Tokyo-Narita, Toronto-Pearson, Toulouse, Trondheim, Turin, Valencia, Vancouver, Venesia, Warsawa-Chopin, Washington-Dulles, Wina, Windhoek-Hosea Kutako, Wrocław, Xiamen, Zagreb, Zanzibar, Zürich
Musiman: Barbados, Cancún, Dubrovnik, Havana, Ibiza, Kota Salt Lake, Liberia (CR), Palma de Mallorca, Port of Spain, San José (CR), Split, Verona
Korean AirSeoul-Incheon
Kuwait AirwaysKuwait
LOT Polish AirlinesWarsawa-Chopin
LufthansaFrankfurt, München
Norwegian Air ShuttleKopenhagen, Oslo, Stockholm-Arlanda
Onur AirAntalya
Pegasus AirlinesAntalya, Istanbul-Sabiha Gökçen
Musiman: Bodrum, İzmir, Kayseri, Konya
PLAYReykjavik-Keflavik
Qatar AirwaysDoha
Red Wings AirlinesSankt-Peterburg
Royal Air MarocCasablanca, Nador, Tangier
Musiman: Al Hoceima, Oujda
Royal JordanianAmman-Queen Alia
RyanairDublin, Málaga
SaudiaJeddah
Musiman: Riyadh
Scandinavian AirlinesKopenhagen, Oslo, Stockholm-Arlanda
Singapore AirlinesSingapura
Sun d'OrMusiman: Tel Aviv
SunExpressIzmir
Musiman: Ankara, Antalya, Kayseri, Konya
Surinam AirwaysParamaribo
Swiss International Air LinesZürich
TAP Air PortugalLisboa, Porto
TAROMBukares
TransaviaAgadir, Alicante, Almería, Amman-Queen Alia, Athena, Barcelona, Bari, Beirut, Casablanca, Catania, Dubai-Internasional, Faro, Fuerteventura, Funchal, Gran Canaria, Ibiza, Innsbruck, Katowice, Lanzarote, La Palma, Larnaca, Lisboa, Ljubljana, Málaga, Marrakesh, Napoli, Nice, Paris-Orly, Pisa, Porto, Reykjavik-Keflavík, Riga, Salzburg, Sevilla, Tel Aviv, Tenerife-Selatan, Thessaloniki, Valencia
Musiman: Ajaccio, Antalya, Bodrum, Chambéry, Chania, Chios, Corfu, Dalaman, Dubrovnik, Eilat, Girona, İzmir, Kalamata, Kefalonia, Kos, Menorca, Mykonos, Olbia, Palermo, Palma de Mallorca, Paphos, Ponta Delgada, Preveza, Rhodes, Sal, Samos, Santorini, Varna, Verona, Zakynthos
Charter Musiman: Akuryeri, Ivalo, Kittilä, Kuusamo, Rovaniemi, Skellefteå
TUI fly BelgiumMusiman: Pristina, Tirana
TUI fly NetherlandsAlicante, Aruba, Banjul, Boa Vista, Bonaire, Cancún, Curaçao, Fuerteventura, Gran Canaria, Holguín, Hurghada, Lanzarote, Málaga, Montego Bay, Paramaribo, Praia, Punta Cana, Sal, São Vicente, Tenerife-South, Varadero
Musiman: Antalya, Bodrum, Burgas, Catania, Corfu, Dakar-Diass, Dalaman, Djebra, Enfidha, Faro, Funchal, Heraklion, Ibiza, Ivalo, İzmir, Karpathos, Kavala, Kefalonia, Kittilä, Kos, La Palma, Marsa Alam, Mombasa, Mytilene, Ohrid, Olbia, Palma de Mallorca, Ponta Delgada, Preveza, Rhodes, Rovaniemi, Samos, Skiathos, Terceira, Thessaloniki, Zakynthos, Zanzibar
TunisairTunis
Turkish AirlinesIstanbul
Musiman: Adana, Ankara, Elazig, İzmir, Kayseri, Konya, Trabzon
Ukraine International AirlinesKyiv-Boryspil
United AirlinesChicago-O'Hare, Houston-Intercontinental, Newark, Washington-Dulles
Musiman: San Francisco
Ural AirlinesMoskwa-Zhukovsky
VuelingAlicante, Barcelona, Bilbao, Firenze, Lisboa, Málaga, Praha, Roma-Fiumicino, Santiago de Compostela, Valencia
Musiman: Gran Canaria, Ibiza, Lanzarote, Palma de Mallorca, Tenerife-Selatan
WestJetMusiman: Calgary
Xiamen AirlinesXiamen

Kargo[sunting | sunting sumber]

MaskapaiTujuan
Air China Cargo Chongqing, Shanghai-Pudong, Tianjin, Zaragoza
AirBridgeCargo Airlines Atlanta, Chicago-O'Hare, Frankfurt, Krasnoyarsk, Leipzig/Halle, Milan-Malpensa, Moscow-Domodedovo, Moscow-Sheremetyevo, Oslo, Yekaterinburg, Zaragoza
Atlas Air Chicago-O'Hare, Miami, Seoul-Incheon
Avianca Cargo Miami, Zaragoza
Cargolux Luxembourg
Cathay Pacific Cargo Hong Kong
China Airlines Cargo Bangkok-Suvarnabhumi, Delhi, Dubai-Al Maktoum, Taipei-Taoyuan
China Cargo Airlines Copenhagen, Ningbo, Shanghai-Pudong, Shenzhen, Tianjin, Xi'an, Zaragoza
China Southern Airlines Cargo Guangzhou, Shanghai-Pudong
DHL Aviation East Midlands, Leipzig/Halle, London-Heathrow, Madrid
Emirates SkyCargo Aguadilla, Chicago O'Hare, Dubai-International, Frankfurt, Houston-Intercontinental, Madrid, Oslo, Zaragoza
Etihad Cargo Abu Dhabi, Nairobi-Jomo Kenyatta
FedEx Express Oslo, Paris-Charles de Gaulle
Garuda Cargo Jakarta-Soekarno-Hatta
Kalitta Air New York-JFK
Korean Air Cargo Seoul-Incheon, Stockholm-Arlanda
LATAM Cargo Chile Buenos Aires-Ezeiza, Campinas-Viracopos, Miami, Santiago de Chile
Martinair Bogotá, Buenos Aires-Ezeiza, Campinas-Viracopos, Guatemala City, Harare, Johannesburg-O.R. Tambo, Lima, Miami, Nairobi-Jomo Kenyatta, Quito, Santiago de Chile
MASkargo Dubai-Al Maktoum, Kuala Lumpur
MNG Airlines Istanbul-Atatürk, London-Luton
Nippon Cargo Airlines Milan-Malpensa, Tokyo-Narita
Qatar Airways Cargo Doha
Saudia Cargo Dammam, Jeddah, Riyadh
Silk Way Airlines Baku
Singapore Airlines Cargo Bangalore, Chennai, Johannesburg-O.R. Tambo, London-Heathrow, Nairobi-Jomo Kenyatta, Singapore
Suparna Airlines Nanjing
Turkish Cargo Istanbul-Atatürk

Akses transportasi[sunting | sunting sumber]

Rel[sunting | sunting sumber]

Kereta cepat Thalys di Stasiun Bandara Schiphol

Nederlandse Spoorwegen (NS), perusahaan kereta api nasional Belanda, memiliki stasiun kereta api yang terletak tepat di bawah kompleks terminal bandara. Stasiun ini menawarkan transportasi 24 jam sehari ke empat kota besar di Belanda, yakni Amsterdam, Utrecht, Den Haag, dan Rotterdam. Terdapat layanan yang efisien dan seringkali langsung ke kota-kota lain di Belanda.[15]

Terdapat koneksi antarkota (Intercity) ke stasiun Almere, Lelystad, Amsterdam Centraal, Utrecht Centraal, Den Haag Centraal dan Den Haag HS, Rotterdam Centraal, Eindhoven, Den Bosch, Leeuwarden, Groningen, Amersfoort Centraal, Apeldoorn, Deventer, Enschede, Arnhem Centraal, Nijmegen, dan Venlo. Schiphol juga merupakan perhentian kereta kecepatan tinggi internasional Thalys, yang menghubungkan bandara Schiphol langsung ke Antwerpen, Brussel, dan Paris-Nord, serta ke Bourg St Maurice (di musim dingin) dan Marseille (di musim panas). Intercity-Brussel (juga bernama "beneluxtrein") ke Antwerpen dan Brussel juga berhenti di bandara Schiphol.

Bus[sunting | sunting sumber]

Bus di bandara Schiphol

Bandara Schiphol Amsterdam juga mudah diakses dengan bus, karena banyaknya layanan yang terhubung atau berhenti di terminal bus yang terletak di luar depan gedung terminal.[16]

EVA Air Taiwan juga menyediakan layanan bus personal dari Schiphol ke Belgia untuk penumpangnya yang berbasis di Belgia. Layanan ini, yang berangkat dari dan tiba di halte bus C11, menuju ke Saint-Gilles, Brussel (dekat stasiun kereta api Brussel-Selatan (Midi)) dan Berchem, Antwerpen (dekat stasiun bus Antwerp-Berchem). Layanan ini bekerja sama dengan Reizen Lauwers NV.[17]

Jalan[sunting | sunting sumber]

Bandara Schiphol dapat dengan mudah dicapai dengan mobil melalui jalan raya A4 dan A9.[18]

Meskipun sebagian besar jalan menuju bandara tidak boleh dilalui sepeda, Anda dapat mencapai bandara dengan sepeda melalui jalur khusus sepeda.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Amsterdam airport – Economic and social impact". Ecquants. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 October 2013. Diakses tanggal 7 September 2013. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama landArea
  3. ^ "CBS StatLine – Luchtvaart; maandcijfers Nederlandse luchthavens van nationaal belang". Diakses tanggal 26 December 2014. 
  4. ^ https://www.schipholannualtrafficreview.nl/2022/. Diakses tanggal 2023-04-13.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  5. ^ EHAM – Amsterdam / Schiphol. AIP from AIS the Netherlands, effective 22 Feb 2024
  6. ^ "Year in review - 2017". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-11 – via www.youtube.com. 
  7. ^ "Schiphol | All the major facts on Amsterdam Airport Schiphol". Schiphol (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-29. 
  8. ^ "Infrastructure | Traffic review 2019". web.archive.org. 2020-03-26. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-26. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  9. ^ "Amsterdam joins Emirates' A380 network | News | About Emirates | Emirates Netherlands". web.archive.org. 2013-11-10. Archived from the original on 2013-11-10. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  10. ^ "Schiphol schept extra ruimte voor Airbus A380 | Luchtvaartnieuws". web.archive.org. 2019-08-07. Archived from the original on 2019-08-07. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  11. ^ "New General Aviation Terminal at Schiphol-East opened for use". web.archive.org. 2014-07-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-04. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  12. ^ "What's on - Rijksmuseum". Rijksmuseum.nl (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-29. 
  13. ^ "Schiphol - Fokker 100 van KLM op Panoramaterras Schiphol". web.archive.org. 2011-06-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-29. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  14. ^ "Hilton Amsterdam Airport Schiphol". web.archive.org. 2015-09-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  15. ^ "Welkom op de website van NS | NS". Nederlandse Spoorwegen (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2023-05-29. 
  16. ^ "Schiphol - Busdiensten". web.archive.org. 2012-03-01. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-01. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  17. ^ "Shuttle bus service between Belgium and Amsterdam Airport - EVA Air | America". web.archive.org. 2016-03-19. Archived from the original on 2016-03-19. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  18. ^ "Parking Schiphol | Official parking | Safe & Secure". Schiphol (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan