Amesha Spenta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Amesha Spenta merupakan sebuah istilah untuk suatu kelas entitas ilahi dalam Zoroastrianisme.[1] Secara umum Amesha Spenta adalah penggunaan istilah untuk merujuk pada enam percikan ilahi dari Ahura Mazda.[1] Dalam tradisi Zoroaster, ini adalah enam emanasi dari Sang Pencipta, melalui siapa semua ciptaan berikutnya dapat diciptakan.[1] Istilah Amesha Spenta diciptakan oleh Zoroastrianisme.[1] Spenta adalah kata karakteristik dari wahyu dalam tradisi zoroastrianisme.[2] Spenta berarti melanjutkan, penguatan, pemurah, suci. Dalam gatha, setiap Amesha Spenta merupakan kualitas moral yang baik bahwa manusia harus berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi.[2] Dengan demikian, doktrin dari enam percikan ilahi adalah bahwa melalui pikiran yang baik, kata-kata, dan perbuatan, setiap individu harus berusaha untuk mengasimilasi kualitas dari sebuah Amesha Spenta ke dalam diri mereka sendiri.[2] Dalam konteks pandangan Zoroaster mengenai penciptaan, Ahura Mazda Spenta Mainyu adalah instrumen atau prinsip aktif dari tindakan penciptaan.[2] Hal ini juga menjelaskan bahwa Ahura Mazda memiliki sifat yang imanen dalam diri manusia dan juga Pencipta selalu berinteraksi dengan dunia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.234.
  2. ^ a b c d e (Inggris) Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.39.