Citah amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari American Cheetah)
Langsung ke: navigasi, cari
?Citah amerika
Rentang fosil: 2.6–0.011 Jtl
Miracinonyx trumani
Miracinonyx trumani
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Felidae
Upafamili: Felinae
Genus: Miracinonyx
Adams (1979)
Species
  • M. inexpectatus Cope (1895)
  • M. trumani Orr (1969)

Citah amerika (bahasa Latin: Miracinonyx) adalah genus yang telah punah dari setidaknya dua spesies kucing morfologis yang mirip dengan citah modern yang endemik di Amerika Utara selama zaman Pleistosen (2,6 juta hingga 12.000 tahun yang lalu). Kucing ini hanya dikenal dari fragmen tengkorak.

Dua spesies yang biasa diidentifikasi adalah Miracinonyx inexpectatus dan M. trumani. Kadang-kadang spesies ketiga, M. studeri, ditambahkan ke dalam daftar, tetapi lebih sering terdaftar sebagai sinonim junior M. trumani. Kedua spesies tersebut mirip dengan citah modern, dengan wajah pendek dan rongga hidung lebih luas untuk meningkatkan kapasitas oksigen, dan kaki proporsional untuk berjalan cepat. Namun, kesamaan ini tidak dapat diwariskan dari nenek moyang yang sama, tapi hasilnya baik dari evolusi paralel atau konvergen. Ini lebih besar daripada citah modern dan ukurannya sama dengan cougar utara modern. Massa tubuh biasanya sekitar 70 kg (150 lb) dengan panjang kepala dan tubuh 170 cm (67 in), panjang ekor sekitar92 cm (36 in) dan tinggi bahu 85 cm (33 in).[1] Besar spesimen bisa memiliki berat lebih dari 95 kg (210 lb).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ San Diego Zoo Factsheet
  2. ^ Caro, T.M. (1994). Cheetahs of the Serengeti Plains: Group Living in an Asocial Species. Chicago: University of Chicago Press. hlm. 500. ISBN 0226094332. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]