American Airlines Penerbangan 965

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
American Airlines Flight 965
Ringkasan Accident
Tanggal December 20, 1995
Jenis Kesalahan pilot
(Menabrak gunung)
Lokasi Palmira, Colombia
Penumpang 155
Terluka 4
Korban tewas 159
Selamat 4 (ditambah 1 anjing)
Jenis pesawat Boeing 757-223
Operator American Airlines
Nomor ekor N651AA
Asal Miami International Airport
Tujuan Alfonso Bonilla Aragón International Airport
American Airlines Boeing 757-200

American Airlines Penerbangan 965 adalah sebuah pesawat Boeing 757 yang terbang dengan rute Bandara Internasional Miami, menuju ke Bandara Internasional Alfonso Bonilla Aragon, Kolombia. Pesawat ini jatuh di gunung di Buga, Kolombia, disebabkan kesalahan pilot.


Sebelum Menabrak Gunung[sunting | sunting sumber]

Pesawat ini dimiliki oleh maskapai penerbangan American Airlines, dengan nomor registrasi N651AA. American 965 membawa 155 penumpang dan 8 orang kru. Pesawat dengan nomor penerbangan AA 965 ini terjatuh karena kru mengarahkan pesawat menuju sebuah gunung di Kolombia, dan tindakan salah yang diperbuat oleh kru. Padahal, kru pesawat American 965 sangatlah berpengalaman. Namun, tidak dengan Boeing 757. Saat pesawat AA 965 hendak mendarat di Cali, Kolombia, Air Traffic Controller Cali meminta pada pilot jika mereka ingin terbang langsung di pendekatan ke landasan pacu 19 daripada menuju landasan pacu 01. Pada saat bersamaan, angin berhembus dengan tenang. Kemudian, pilot menyetujuinya. Saat melakukan pendekatan, kru salah melakukan tindakan (menghapus data navigasi, sehingga salah mengambil arah), karena pengalaman kurang kru pesawat dengan Boeing 757.


Menabrak Gunung di Buga[sunting | sunting sumber]

Dua belas detik sebelum hancur di gunung, TCAS memberi peringatan bahwa pesawat mendekati wilayah berbahaya. Kapten dan First Officer pesawat berusaha menanjak sebelum menabrak gunung. Tapi, rem pesawat yang mengurangi kecepatan tanjak pesawat, dan terbang menuju ke puncak gunung. Dan akhirnya, pesawat hancur di gunung di Buga itu. Dari 155 penumpang dan 8 orang kru, hanya 4 orang yang selamat. Lebih tepatnya dianggap luka-luka.


Penyebab Kecelakaan (Menurut Aeronautica Civil)[sunting | sunting sumber]

Menurut Aeronautica Civil, penyebab kecelakaan Boeing 757-200 ini adalah sebagai berikut : 1. Kegagalan kru yang cukup untuk merencanakan dan melakukan pendekatan ke landasan pacu 19 di SKCL yang memadai dan penggunaan otomatisasi; 2. Kegagalan kru untuk menghentikan pendekatan ke Cali; 3. Kesadaran kru yang kurang mengenai navigasi vertikal, kedekatan menuju suatu daerah, dan lokasi yang relatif penting dari radio bantuan; 4. Kegagalan kru untuk kembali ke dasar radio navigasi.

Dramatisasi[sunting | sunting sumber]

Kecelakaan ini disiarkan dalam Air Crash Investigation dengan judul Lost (Hilang). Sementara itu, dramatisasi lainnya berjudul Crash In The Mountain (Hancur di Pegunungan).