American Airlines Penerbangan 11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
American Airlines Flight 11

Jalur penerbangan AA 11 dari Boston ke New York City
Ringkasan Pembajakan
Tanggal 11 September 2001
Jenis Pembajakan bunuh diri
Lokasi World Trade Center
Penumpang 81 (termasuk 5 pembajak)
Awak 11
Korban tewas Seluruh 92 orang di pesawat, dan sekitar 1.600 orang (termasuk pelompat dan pekerja darurat) di Menara Utara World Trade Center.
Selamat 0
Jenis pesawat Boeing 767-223ER
Operator American Airlines
Nomor ekor N334AA
Asal Bandar Udara Internasional Logan
Tujuan Bandar Udara Internasional Los Angeles
N334AA

American Airlines Penerbangan 11 adalah sebuah penerbangan lintas benua terjadwal setiap pagi oleh maskapai penerbangan American Airlines dari Bandar Udara Internasional Logan di Boston, Massachusetts, ke Bandar Udara Internasional Los Angeles, di Los Angeles, California. Pada Selasa, 11 September 2001, pesawat yang terbang di rute ini—sebuah Boeing 767-223ERdibajak oleh lima teroris al-Qaeda, dan ditabrakkan dengan sengaja ke Menara Utara World Trade Center di New York City, sebagai bagian dari serangan 11 September.

Lima belas menit setelah terbang, para pembajak melukai sedikitnya tiga orang, memaksa masuk kokpit, mengambil alih tugas pilot dan first officer. Mohamed Atta, seorang anggota al-Qaeda dan pilot terlatih, mengambil alih kontrol pesawat. Pengawas lalu lintas udara mengetahui pesawat ini mengalami masalah ketika awaknya berhenti merespon kepada mereka. Mereka menyadari pesawat ini dibajak ketika Atta salah mengirim pengumuman untuk penumpang kepada pihak pengawas lalu lintas udara. Di pesawat, Amy Sweeney dan Betty Ong menghubungi American Airlines, dan memberikan informasi mengenai pembajak dan luka-luka yang dialami penumpang dan awak pesawat.

Pesawat menabrak Menara Utara World Trade Center pukul 08:46 waktu setempat; tabrakan ini menewaskan ke-92 orang di pesawat, termasuk para pembajaknya, ditambah jumlah orang yang tidak diketahui di zona tabrakan gedung. Banyak orang di jalanan menyaksikan tabrakan tersebut, dan Naudet bersaudara merekam tabrakan tersebut, sebagaimana Pavel Hlava, bersama reporter berita Fox 8 Mark Burnback. Wolfgang Staehle memiliki webcam yang merekam tabrakan melalui serangkaian foto. Sebelum pembajakan ini dikonfirmasi kebenarannya, berbagai kantor berita mulai melaporkan insiden ini dan menduga tabrakan ini hanya kecelakaan. Dampak dan kebakaran yang tidak berhenti mengakibatkan Menara Utara runtuh, yang menewaskan dan melukai ribuan orang. Selama upaya pencarian di lahan World Trade Center, para pekerja menemukan dan mengidentifikasi lusinan sisa-sisa tubuh korban Penerbangan 11, namun banyak bagian tubuh lainnya yang tidak dapat diidentifikasi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gambar luar
Picture of aircraft Pre 9/11

Templat:Sept11